Beranda > PETERNAKAN > TERNAK IKAN GURAME

TERNAK IKAN GURAME


 

SENTRA PERIKANAN

Daerah di Indonesia yang menjadi sentra perikanan yaitu: Sumatera, NTB dan Jawa. Sedangkan di luar negeri yaitu: Thailand, Jepang dan Filipina.

 

JENIS

Klasifikasi ikan gurame adalah sebagai berikut:

Klas     : Pisces

Jenis gurami yang sudah dikenal masyarakat diantaranya: gurami angsa, gurami jepun, blausafir, paris, bastar dan porselen. Empat terakhir banyak dikembangkan di Jawa Barat, khususnya Bogor. Dibanding gurame jenis lain, porselen lebih unggul dalam menghasilkan telur. Jika induk bastar dalam tiap sarangnya hanya mampu menghasilkan 2000-3000 butir telur, porselen mampu 10.000 butir. Karena itu masyarakat menyebutnya sebagai top of the pop, dan paling banyak diunggulkan.

 

MANFAAT

Sebagai sumber penyediaan protein hewani.

 

PERSYARATAN LOKASI

Tanah yang baik untuk kolam pemeliharaan adalah jenis tanah liat/lempung, tidak berporos dan cukup mengandung humus. Jenis tanah tersebut dapat menahan massa air yang besar dan tidak bocor sehingga dapat dibuat pematang/dinding kolam.

 

PEDOMAN TEKNIS BUDIDAYA

Penyiapan Sarana dan Peralatan

Kolam

Jenis kolam yang umum dipergunakan dalam budidaya ikan gurame antara lain:

a).Kolam penyimpanan induk

Kolam ini berfungsi untuk menyimpan induk dalam mempersiapkan kematangan telur dan memelihara kesehatan induk, kolam berupa kolam tanah yang luasnya sekitar 10 meter persegi, kedalamam minimal 50 cm dan kepadatan kolam induk 20 ekor betina dan 10 ekor jantan.

b)Peralatan

Alat-alat yang biasa digunakan dalam usaha pembenihan ikan gurame diantaranya adalah: jala, waring (anco), hapa (kotak dari jaring/kelambu untuk menampung sementara induk maupun benih), seser, ember-ember, baskom berbagai ukuran, timbangan skala kecil (gram) dan besar (Kg), cangkul, arit, pisau serta piring secchi (secchi disc) untuk mengukur kadar kekeruhan.Sedangkan peralatan lain yang digunakan untuk memanen/menangkap ikan gurame antara lain adalah warring/scoopnet yang halus, ayakan panglembangan diameter 100 cm, ayakan penandean diameter 5 cm, tempat menyimpan ikan, keramba kemplung, keramba kupyak, fish bus (untuk mengangkut ikan jarak dekat), kekaban (untuk tempat penempelan telur yang bersifat melekat), hapa dari kain tricote (untuk penetasan telur secara terkontrol) atau kadang-kadang untuk penangkapan benih, ayakan penyabetan dari alumunium/bambu, oblok/delok (untuk pengangkut benih), sirib (untuk menangkap benih ukuran 10 cm keatas), anco/hanco (untuk menangkap ikan), lambit dari jaring nilon (untuk menangkap ikan konsumsi), scoopnet (untuk menangkap benih ikan yang berumur satu minggu keatas),

seser (gunanya= scoopnet, tetapi ukurannya lebih besar), jaring berbentuk segiempat (untuk menangkap induk ikan atau ikan konsumsi).

 

1.Pemilihan IndukCiri-ciri induk ikan gurame yang baik adalah sebagai berikut:

Usahakan Memiliki sifat pertumbuhan yang cepat.

ciri-ciri untuk membedakan induk jantan dan induk betina adalah sebagai berikut:

  • Betina Dahi meninjol.

2.Pemeliharaan Induk

Induk-induk terpilih (20-30 ekor untuk kolam seluas 10 m2) disimpan dalam kolam penyimpanan induk. Beri makanan selama dalam penampungan. Untuk setiap induk dengan berat antara 2-3 kg diberi makanan daun-daunan sebanyak 1/3 kg setiap hari pada sore hari. Makanan tambahan berupa dedak halus yang diseduh air panas diberikan 2 kali seminggu dengan takaran 1/2 blekminyak tanah setiap kali pemberian.

3.Pembenihan

Bila proses pematangan gonada (kandung telur dan sperma) di kolam penampungan sudah mencapai puncaknya, induk segera dimasukkan dalam kolam pemijahan. Adapun cara pemijjahan ikan gurame adalah sebagai berikut:

  • Kolam dikeringkan terlebih dahulu selama 5 hari, perbaiki tanggul dan dasar kolam.

4.Pemeliharaan Bibit

Benih-benih yang telah berumur 1-2 bulan sejak menetas dapat dibesarkan pada kolam pendederan atau disawah sebagai penyelang. Dalam pelaksanaan pendederan adalah melakukan pengeringan kolam atau sawah, pemupukan, perbaikan pematang dan pemasangan saringan atau perbaikan pipa-pipa pada pintu pemasukan atau pengeluaran air.

Setelah persiapan selesai, benih ditebarkan dengan kepadatan 30 ekor/meter persegi dengan ukuran benih 5-10 cm pada kolam pendederan. Makanan yang dapat diberikan selama pemeliharaan adalah rayap atau daun-daunan yang telah dilunakkan dengan dosis 20-30% berat badan ratarata. Makanan tambahan berupa dedak halus yang diseduh air panas diberikan 1 kali seminggu dengan takaran 1 blek minyak tanah untuk 100 ekor benih. Lamanya pendederan sekitar 1-2 bulan.

1.         Pemeliharaan pembesaran dapat dilakukan secara polikultur maupun monokultur.

a)         Polikultur

Ikan gurame dipeliharan bersama ikan tawes, ikan mas, nilem, mujair atau lele. Cara ini lebih menguntungkan karena pertumbuhan ikan gurame yang cukup lambat.

 

1.Pemupukan

Pemupukan dapat dilakukan dengan bahan kimia dan pupuk kandang. Pada umumnya pemupukan hanya dilakukan 1 kali dalam setiap pemeliharaan, dengan maksud untuk meningkatkan makanan alami bagi hewan peliharaan.

Tahap pertama pemupukan dilakukan pada waktu kolam dikeringkan. Pada saat ini pupuk yang diberikan adalah pupuk kandang sebanyak 7,5 kg untuk tiap 100 m2 kolam, air disisakan sedikit demi sedikit sampai mencapai ketinggian 10 cm dan dibiarkan selama 3 hari.

Pada tahap berikutnya pemupukan dilakukan dengan menggunakan pupuk buatan seperti TSP atau pupuk Urea sebanyak 500 gram untuk setiap 100 m2 kolam. Pemberian kedua pupuk tersebut ditebarkan merata ke setiap dasar dan sudut kolam.

2.Pemberian Pakan

Makanan pokok ikan gurame berupa pelet yang dapat diatur gizinya, namun di daerah yang agak sulit memperoleh pelet, daun-daunan merupakan alternatif yang sangat baik untuk dijadikan makanan ikan, diantaranya: daun pepaya, keladi, ketela pohon, genjer, kimpul, kangkung, ubi jalar, ketimun, labu dan dadap.

Pemberian makanan yang teratur dengan kualitas dan kuantitas yang tinggi dapat meningkatkan pertumbuhan tubuh ikan lebih cepat. Induk-induk gurame yang sehat dan terjamin makanannya dapat dipijahkan dua kali setahun berturut-turut selama 5 tahun.

3.Pemeliharaan Kolam/Tambak

Setiap habis panen, kolam dibersihkan/kuras. setelah itu dilakukan pemupukan agar mempengaruhi kesuburan kolam, sehingga bila benih disebarkan, kesuburan ikan akan terjamin dan pertumbuhan ikan akan cepat.

 

HAMA DAN PENYAKIT

Penyakit

Gangguan yang dapat menyebabkan matinya ikan adalah penyakit yang disebut penyakit non parasiter dan penyakit yang disebabkan parasit. Gangguan-gangguan non parasiter bisa berupa pencemaran air seperti adanya gas-gas beracun berupa asam belerang atau amoniak; kerusakan akibat penangkapan atau kelainan tubuh karena keturunan. Penanggulangannya adalah dengan mendeteksi keadaan kolam dan perilaku ikan-ikan tersebut.

Memang diperlukan pengetahuan dan pengalaman yang cukup untuk mengetahuinya. ikan-ikan yang sakit biasanya menjadi kurus dan lamban gerakannya.

Gangguan lain yang berupa penyakit parasiter, yang diakibatkan oleh bakteri, virus, jamur dan berbagai mikroorganisme lainnya. Bila ikan terkena penyakit yang disebabkan parasit, dapat dikenali sebagai berikut:

1)         Penyakit pada kulit; pada bagian-bagian tertentu berwarna merah terutama di bagian dada, perut dan pangkal sirip.

Pencegahan timbulnya penyakit ini dapat dilakukan dengan mengangkat ikan dan melakukan penjemuran kolam beberapa hari agar parasit pada segala stadium mati. Parasit yang menempel pada tubuh ikan dapat disiangi dengan pinset.

Pengobatan bagi ikan-ikan yang sudah cukup memprihatikan keadaannya, dapat dilakukan dengan menggunakan bahan kimia diantaranya:

Pengobatan dengan Kalium Permanganat (PK)

Sediakan air sumur atau sumber air lainnya yang bersih dalam bak penampungan sesuai dengan berat ikan yang akan diobati.

 

P A N E N

Penangkapan

Pemanenan benih dapat dilakukan setelah benih berumur 1 bulan. Caranya dengan menyurutkan air sedikit demi sedikit sementara saluran air masuk diperkecil. Pasanglah jaring lembut di pintu pengeluaran untuk menampung benih atau bisa juga dengan membuat parit di tengah kolam menuju ke lubang pengeluaran. Bibit yang terawat baik bisa mencapai bobot 0,3 gram/ekor pada saat dipanen.

Pemanenan hasil pembesaran ikan gurame sangat tersantung dari ukuran yang diminta konsumen. Umumnya pemanenan dilakukan setelah ikan berumur 2-3 tahun, ikan yang berumur 2 tahun mempunyai panjang sekitar 25 cm dan berat 0,3 kg/ekor, sedangkan untuk ikan yang berumur 3 tahun panjangnya sekitar 35 cm dan berat badan 0,7 kg/ekor. Untuk ikan berumur 4 tahun panjangnya dapat mencapai 40 cm dan berat 1.5 kg/ekor.

Adapun cara penangkapan: air disurutkan sedikit demi sedikit, penangkapan dilakukan pada pagi hari. Hindari cara penangkapan yang dapat menyebabkan ikan terluka.

 

Penanganan ikan hidup

Adakalanya ikan konsumsi ini akan lebih mahal harganya bila dijual dalam keadaan hidup. Hal yang perlu diperhatikan agar ikan tersebut sampai ke konsumen dalam keadaan hidup, segar dan sehat antara lain:

  • Dalam pengangkutan gunakan air yang bersuhu rendah sekitar 20 derajat C.

 

 

Sedangkan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pananganan pascapanen benih adalah sebagai berikut:

            Benih ikan harus dipilih yang sehat yaitu bebas dari penyakit, parasit dan tidak cacat. Setelah itu, benih ikan baru dimasukkan ke dalam kantong plastik (sistem tertutup) atau keramba (sistem terbuka).

                                   

 

DAFTAR PUSTAKA

 

RUSDI, Taufiq. Usaha budidaya Ikan Gurame. Jakarta : CV. simplek, 1987

 

 

About these ads
Kategori:PETERNAKAN
  1. santi
    Januari 2, 2008 pukul 11:07 am

    perilaku ada?

  2. Januari 7, 2008 pukul 12:48 pm

    untuk perilaku ikan gurame,kami belum memiliki data yang cukup.

  3. juraganindoor
    Januari 8, 2008 pukul 2:43 pm
  4. Januari 8, 2008 pukul 3:28 pm

    terima kasih infonya,semoga bermanfaat buat semua.

  5. teguh indra gunawan
    Januari 9, 2008 pukul 11:28 am

    minta analisa finansialnya dong.klo bisa yg update ya.

  6. Januari 14, 2008 pukul 7:33 am

    trimakasih infonya arahan arahan untuk perternak ikan gurami semoga bisaa man faat bagi semua …yang mau mnernak trimakasih

  7. Agustus 25, 2008 pukul 1:19 pm

    trima kasih atas informasinya.

  8. September 1, 2008 pukul 8:34 am

    kalo bisa dipanjang lebarkan donk keterangannya,yang komplit

  9. Januari 25, 2009 pukul 5:06 pm

    saya sedang menjajaki peternakan ikan ini ..saat ini sih sedang coba membesarkan ikan nila, namun dalam 2 minggu sudah sudah mati 20 ekor… kira kira daya tahan terhadap penyakit untuk ikan gurame gimana ??

  10. Februari 16, 2009 pukul 3:41 pm

    Kalau kolam udah abis panen, pertumbuhan ikan lambat. Bahkan persentase ketahanan hidup amat rendah. gimana tuh?

    parman
    80159091053

  11. Februari 20, 2009 pukul 12:14 pm

    berapa ukuran kolam gurami? brapa bulan skali panen? ciri gurami yang sehat?

  12. cssd
    Maret 5, 2009 pukul 9:41 pm

    dimana kalau mau beli ikan nila d wilayah gresik atau sekitarnya yah.. utk keb rumah makan

  13. rio
    April 6, 2009 pukul 9:04 pm

    halo, kalo ada yang pengen cari bibit belut…
    knjungi http//www.ternakikan.blogspot.com

    terimakasih

  14. Sulaeman
    Mei 20, 2009 pukul 6:22 pm

    saya sudah buat kolom terapung dg jaring ukuran 7×10 di air rawa.bisa tdk di gunakan utk ikan mas

  15. Juli 11, 2009 pukul 10:23 am

    gmn klw Gurami di pelihara bareng dgn Ikan Nila?

  16. jame sitio
    September 4, 2009 pukul 5:41 pm

    gimana dengan ph air…..? berapa yang baik…?

  17. satria
    September 22, 2009 pukul 7:24 pm

    untuk pemula,butuh biaya berapa?trus pemasaran’y gmn?
    thanks buat info’y..

  18. ilhamdi
    September 24, 2009 pukul 11:36 am

    thanks info nya ya untuk semua, maklum masih pemula dan ingin belajar.

    thanks
    ilhamdi

  19. Oktober 29, 2009 pukul 10:38 am

    kami menyediakan berbagai bibit gurami
    info :081227527333

    • candra
      Oktober 24, 2010 pukul 3:05 pm

      kalo mau beli bibit gurame per ekornya brp? trus bibit itu umurnya brp hari?

      • adji
        April 28, 2011 pukul 4:50 pm

        mas candra lokasi ada dimana? saya menyediakan telur gurmeh

  20. November 3, 2009 pukul 1:16 pm

    saya baru memulai ternak ikan gurame, nila dan mas. Baiknya saya memulai dari mana?

  21. Ary Purwanto
    Desember 8, 2009 pukul 8:16 pm

    Kalo saya mau beli bibit gurame yang murah & kesehatannya bagus utk daerah Jabotabek dimana ya?

  22. tika
    Januari 14, 2010 pukul 8:12 am

    pelihara gurame di kolam semen bs?

  23. Februari 19, 2010 pukul 8:04 am

    saya jual CD cara budidaya ikan gurame yg benar, hanya dgn harga 50 ribu/CD. jika berminat silahkan hub.saya di 081-911857815 atau email rozi679@gmail.com.

    terima kasih

  24. heri
    Maret 1, 2010 pukul 1:22 pm

    untuk daerah ngraho, beli bibitnya dimana? trs prospek penjualan panen gimana, suwun

  25. ASEP
    April 19, 2010 pukul 12:30 pm

    bagai mana kalo posisi nya di lokasi saguling????

  26. April 21, 2010 pukul 11:31 am

    kalo diwilayah malang beli bibit dimana ya?????
    cara awal memulai gmn ya untuk ternak/memelihara?????

  27. April 21, 2010 pukul 11:34 am

    gmn cara awal memulai membudayakan ikan ya????
    trus kalo dimalang bibit paling murah beli dimana????
    kira2 brp biaya y7g akan keluar utk memulai semua???

  28. oghe
    April 25, 2010 pukul 7:32 am

    gimana ya cara mengembang biakan ikan gurame n ph untuk airnya berapa?

  29. sholeh
    Mei 6, 2010 pukul 11:50 am

    ada gak orang indo yang mau bantu orang seperti kami…….

  30. arsyad
    Mei 19, 2010 pukul 2:24 am

    sy sih masih di luar negri tp rencananya ingin pulang dan buka ternak ikan tapi ikan apa ya yg harus sy dulukan

  31. arsyad
    Mei 19, 2010 pukul 2:26 am

    rencana sy mau buka lahan di daerah ku madura, apa bisa ya?

  32. Mei 25, 2010 pukul 10:56 pm

    makasih infonya

  33. dadang
    Mei 29, 2010 pukul 4:00 am

    saya mau beli bibit ikan nila dimana yah,
    daerah cianjur

  34. pungki
    Juni 2, 2010 pukul 11:34 pm

    saya kenal dengan seorang ahli dari peternakanntapos yang bisa membudidayakan pembesaran gurameh dengan hasil maximal 1 tahun panen dengan di beri obat vitamin BIOTECH

    • syarif
      November 19, 2010 pukul 10:57 pm

      salam mas pungki, saya juga tertarik kalo memang bisa bawa ke perternakan gurame………

  35. pungki
    Juni 2, 2010 pukul 11:36 pm

    1 kg isi 6 ekor dalam satu tahun bisa beukuran 1 kg per ekor, BIOTECH Kuncinya jika berminat bisa hub email saya saya kasih langsung lembaga yang memproduksi biotech organik pakan ternak non kimiawi

  36. entang
    Juli 10, 2010 pukul 8:18 am

    Askum mas Agusss,,,gmn kabarnya,,,

    kalo cara ternak ikan selain gurame bagaimana caranya,,,ternaknya di danau,,,

    ok trims

  37. gun
    Juli 21, 2010 pukul 5:29 pm

    situs ini bagus sekali

  38. indra
    Agustus 20, 2010 pukul 1:47 am

    saya memelihara guramai ko banyak yg mati yach,, ap musti di air yg mengalir at bg mana??? bagi kisi” na dunk

  39. siswandi
    September 2, 2010 pukul 3:13 pm

    bagus mana penempatan ikan gurami di kolam apa di air yg ngalir kyk di sungai??

    tolong bagi resepny donk!!

    thank’s,,,

  40. Pay supardy
    September 7, 2010 pukul 12:26 pm

    Sy posisi di cileungsi bogor, lg cari bibit gurame, yg berminat sms ke nmr 08121025194

  41. apung brother
    September 13, 2010 pukul 2:47 am

    boz ane baru mw bisnis gurame ne,tolong pnjelasan’nya yg detail donk…
    thank’s…

  42. franky
    September 25, 2010 pukul 12:57 pm

    wah ..ikanku pada matek semuanya ..belakangnya kayak ada putih (kata orang jamuran ) obatnya apa ..
    thanx

  43. irenk
    Desember 17, 2010 pukul 4:17 pm

    saya mao nanya klo maen bibit gurame menguntungkan apa tidak trima kasih dan brikan kokulasinya hasil pemeliharaan bibit dan penjualan nya

  44. Hamdan
    Maret 24, 2011 pukul 2:43 pm

    terima kasih atas informasinya…tapi gambarnya manaaaa???

  45. April 20, 2011 pukul 12:52 pm

    OBAT PENYAKIT IKAN GURAMI HIDROPHILA

    HIDROPHILA adalah obat siap pakai yang sangat ampuh digunakan untuk mengatasi penyakit ikan gurami .. sudah teruji dan terbukti sejak tahun 2002 .. hingga saat ini masih kontinyu digunakan oleh para petani ikan gurami di Jawa Timur

    SWARA NIAGA
    Kedungturi Permai S-15
    Sidoarjo – Jawa Timur
    081216179270
    Email: swaraniaga@yahoo.com

  46. adji
    April 28, 2011 pukul 4:47 pm

    mas aku mau jual telur gurameh, kapasitas 50000 butir/minggu. bisa hubungi saya 0856 934 66259.khusus untuk wilayah bogor barang siap antar di tempat. Salam kenal

  47. ferdi
    Mei 4, 2011 pukul 3:23 pm

    bila anda ternak ikan Gurame, saya bisa bantu pasarkan, ferdi 085649842128

  48. achmad mudzakir
    Mei 27, 2011 pukul 1:44 pm

    mas daerah di kendal budidaya gurame gmn perkembangannya?

  49. Juni 9, 2011 pukul 9:11 am

    HIDROPHILA adalah obat khusus untuk mengatasi penyakit ikan gurami seperti cacar, berenang tak berarah, timbul kepermukaan, cacar, berdaran dan bernanah, bintik kuning kecoklatan serta mata menonjol putih .. telah teruji dan terbukti sejak tahun 2002 dan tetap digunakan hingga sekarang oleh peternak gurami di Jawa Timur

    SWARA NIAGA
    Kedungturi Permai S-15
    Sidoarjo – Jawa Timur
    081216179270
    Email: swaraniaga@yahoo.com

  50. djoko
    Juni 24, 2011 pukul 2:57 pm

    saya melihara gurame, klo nangkepnya di jala/jaring, ikan rusak apa gak?

    • Juni 27, 2011 pukul 1:13 am

      kalau mau panen ikan / nangkap,hars hati2,dijaring jg gpp,tp nangkepnya hrs pake bokor/ember biar ga luka,itu kalau ukuan bibit bukan komsumsi..thanks. GURAMI BEJI PURWOKERTO 082136478567

  51. pak tua
    Juli 19, 2011 pukul 6:39 pm

    kalo di sepanjang sidoarjo bagaimana prospeknya???????

    • guramehku
      Juli 9, 2014 pukul 6:13 am

      klo ditannya disini sama admin susah dijawab soalnya admin mungkin ga ngikutin perkembangan tiap daerah. mending cari info sama petani gurameh daerah setempat.

  52. Juli 25, 2011 pukul 11:16 am

    nice artikel bro, ternak ikan memang akhir2 ini jadi semakin populer, dan bisa dijadikan salah satu peluang bisnis

  53. jdf
    September 14, 2011 pukul 9:11 pm

    luar biasa….

  54. PT. BIO ECO LESTARI
    Oktober 29, 2011 pukul 12:30 pm

    TREATMENT AIR KOLAM & IKAN

    Ikan anda bau tanah ? Kolam banyak lumut ? Sering ganti air ? Angka kematian tinggi ?

    Untuk menjaga kebersihan air dan kesehatan ikan, produk kami mengurai ammonia (zat yang beracun untuk ikan), kotoran ikan/hewan laut dan kotoran dari sisa pakan sehingga air kolam lebih bersih, pengurasan kolam jauh berkurang.
    Air kolam yang kotor dan banyak lumut menyebabkan ikan terutama ikan konsumsi jadi bau tanah dan angka kematian jadi tinggi.
    Dengan lingkungan air yang sehat, pertumbuhan dan tingkat imunitas ikan akan menjadi lebih baik, sehingga bisa menekan jumlah kematian ikan dan menekan pertumbuhan lumut.

    Produk NATURAL, AMAN DAN RAMAH LINGKUNGAN dari BioSystems – USA, B704HV (powder)

    Segera hubungi kami untuk mengatasi masalah kebersihan kolam air anda dan kesehatan ikan :

    PT. BIO ECO LESTARI
    Jln. Kembang Kencana Blok B2 No. 7B-C
    Kembangan – Jakarta Barat
    Contact Person : Kris / Nevi
    Office : 021-5869669
    Fax. : 021-5869661 / 5869731
    Email : anthony@bio.co.id

  55. fadli
    Desember 6, 2012 pukul 2:32 pm

    BIBIT IKAN GURAMI

    Kami petani ikan gurami dari Sleman-Yogyakarta yang sudah berpengalaman. Kami menjual telur dan bibit gurame berbagai ukuran. Melayani pengiriman keluar kota dan luar pulau. Alamat : Jl. Kaliurang Km 13,5 Sleman-Yogyakarta.
    Bibit gurame yang kami hasilkan adalah benih gurame berkualitas, telah terbukti dengan penanganan yang baik telor dan benih gurami hasil dari produksi kami dapat berkembang dengan baik dan cepat pertumbuhannya. Berikut kami informasikan data dari tempat usaha pembibitan kami :
    Komoditas : Gurami Soang, Jepun dan Angsa
    Sistem : Intensif.
    Pemijahan : Alami.
    Sumber air : Air tenang / sumur.
    Kolam : Terpal/Tembok (kedalaman air 20-60cm)
    Pakan : Cacing sutra, pellet D0, 781-1
    Pengangkutan : Dikemas dalam kotak styrofoam penahan panas, tahan sampai 17 jam.
    Kota tujuan : Seluruh Indonesia.
    Kapasitas pengiriman :
    UKURAN : KAPASITAS / BOX
    Telur : 50.000
    2-3 : 6.000
    3-4 : 5.000
    3-5 : 4.000
    4-6 : 3.000
    5-7 : 2.000
    Jempol : 1.200
    Untuk informasi harga murah berkualitas dan konsultasi pembudidayaan silahkan contak person Fadli 085753563403 / 081227354545, atau kunjungi blog kami di http://www.guraminabila.blogspot.com atau datang langsung ke lokasi pembibitan kami UD.Nabila Farm di Jl.Kaliurang Km 13,5 Sleman (10 meter selatan Honda AHASS). Kami memberikan garansi bibit sampai ke tujuan.
    Datang….Lihat dan tentukan keputusan yang terbaik bagi anda…..

  56. Februari 15, 2013 pukul 9:23 am

    Many thanks for spending some time to compose “TERNAK IKAN GURAME ”.
    Thank you so much once more ,Marshall

  57. Mei 7, 2013 pukul 1:30 pm

    I’ll immediately seize your rss feed as I can not to find your email subscription hyperlink or e-newsletter service. Do you have any? Kindly permit me realize so that I may just subscribe. Thanks.

  58. Mei 9, 2013 pukul 8:27 pm

    naturally like your website but you have to check the spelling on quite
    a few of your posts. A number of them are rife with spelling issues and I find it very troublesome to inform the truth however I’ll certainly come back again.

  59. Mei 21, 2013 pukul 1:58 am

    Pretty! This has been an incredibly wonderful post.
    Thank you for providing this information.

  60. Mei 31, 2013 pukul 11:34 am

    First off I would like to say wonderful blog!
    I had a quick question which I’d like to ask if you don’t mind.
    I was curious to know how you center yourself and clear your thoughts prior to writing.
    I’ve had trouble clearing my thoughts in getting my ideas out. I truly do take pleasure in writing however it just seems like the first 10 to 15 minutes are generally wasted simply just trying to figure out how to begin. Any ideas or tips? Kudos!

  61. Juni 7, 2013 pukul 5:29 pm

    All Inclusive Hawaii Vacations for the Island of
    Maui. If this is a distraction you prefer, then
    pick up your clubs and hit the Aloha State with all inclusive Hawaii vacations.

    the abutment, abutment screw, impression coping, healing cap and temporary
    coping, are supplied in a single package.

  62. Juni 24, 2013 pukul 7:29 am

    Excellent way of explaining, and fastidious post to take information about my
    presentation topic, which i am going to deliver in college.

  63. Juli 10, 2013 pukul 11:36 pm

    I go to see daily some web pages and sites to read
    content, however this webpage provides feature based articles.

  64. Juli 20, 2013 pukul 11:27 pm

    I really like your blog.. very nice colors & theme.
    Did you make this website yourself or did you
    hire someone to do it for you? Plz respond as I’m looking to construct my own blog and would like to find out where u got this from. thank you

  65. Juli 23, 2013 pukul 1:47 pm

    Today, I went to the beach with my children. I found a sea shell and gave it
    to my 4 year old daughter and said “You can hear the ocean if you put this to your ear.” She put the shell to her ear and screamed.
    There was a hermit crab inside and it pinched her ear. She never wants to go back!

    LoL I know this is totally off topic but I had to tell someone!

  66. hadi
    Februari 8, 2014 pukul 12:39 am

    Saya tinggal.. dibatam. Dimanskah Saya bisa beli bibit ikan gurami ukuran 5 – 8 cm? Dan harga ya berapa? Tlg balas. Terimakasih

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: