Beranda > PETERNAKAN > TERNAK IKAN LELE

TERNAK IKAN LELE


JENIS IKAN LELE

Setidaknya terdapat enam jenis keluarga ikan berkumis ini, sebagian spesies pribumi dan sebagian lagi spesies asing, yang dapat dikembangkan di Indonesia.

1. Clarias batrachus dikenal sebagai ikan lele (Jawa),

· ikan kalang (Sumatera Barat),

· ikan maut (Sumatera Utara), dan

· ikan pintet (Kalimantan Selatan).

2. Clarias teysmani dikenal sebagai lele kembang (Jawa Barat),

· kalang putih (Padang).

3. Clarias melanoderma dikenal sebagai ikan duri (Sumatera Selatan),

· wais (Jawa Tengah),

· wiru (Jawa Barat).

4. Clarias nieuhofi dikenal sebagai ikan lindi (Jawa),

· limbat (Sumatera Barat),

· kaleh (Kalimantan Selatan).

5. Clarias loiacanthus dikenal sebagai ikan keli (Sumatera Barat),

· ikan penang (Kalimantan Timur).

6. Clarias gariepinus, yang dikenal sebagai lele dumbo atau King Cat Fish, spesies asing yang berasal Afrika.

PEMIJAHAN

Memijahkan ikan lele/mengawinkan lele tidak sulit. Berikut ini syarat indukan dan perawatan indukan lele agar mau berpijah dan penanganan anakan lele.

-Bentuk dan ukuran kolam bervariasi tergantung selera pemilik dan lokasinya. Perlu diingat ukuran kolam jangan terlalu besar sehingga menyulitkan pemeliharaan kolam.

-Bagian dasar dan dinding kolam sebaiknya dibuat permanen

-Pada awal pemeliharaan, minggu ke-1 sampai minggu ke-6 atau pada saat umur anak lele 7-9 minggu, air kolam harus jernih.

-Pada minggu ke-10, kekeruhan air kolam dalam batas-batas tertentu masih diperbolehkan. Kekeruhan menunjukkan kadar bahan padat yang melayang dalam air

Syarat indukan jantan:

-Kepala indukan jantan lebih kecil dari indukan ikan lele betina.

-Warna kulit dada indukan jantan agak tua bila dibanding indukan betina.

-Kelamin jantan menonjol, memanjang ke arah belakang, terletak di belakang anus, dan warna kemerahan.

-Gerakan indukan jantan lincah, tulang kepala pendek dan agak gepeng

-Perut indukan jantan lebih langsing dan kenyal bila dibanding indukan ikan lele betina.

-Bila diurut dari bagian perut ke arah ekor indukan lele jantan akan mengeluarkan cairan putih kental (spermatozoa+mani).

-Kulit jantan lebih halus dibanding betina.

Syarat indukan betina

-Kepalanya lebih besar dibanding induk lele jantan.

-Warna kulit dada agak terang.

-Kelamin berbentuk oval atau bulat daun, berwarna kemerahan, lubangnya agak lebar, letaknya di belakang anus.

-Gerakannya lambat, tulang kepala pendek dan agak cembung.

-Perutnya lebih gembung dan lunak.

-Bila diurut dari bagian perut ke arah ekor indukan betina akan mengeluarkan cairan kekuning-kuningan (ovum/telur).

Syarat umum indukan lele yang baik

-Kulitnya lebih kasar dibanding induk lele jantan.

-Induk lele diambil dari lele yang dipelihara dalam kolam sejak kecil supaya terbiasa hidup di kolam.

-Beratnya berkisar antara 100-200 gram dan panjang 20-50 cm, tergantung tingkat kesuburan badan

-Bentuk badan simetris, tidak bengkok, tidak cacat, tidak luka, dan gerakannya lincah.

-Umur indukan jantan di atas tujuh bulan, sedangkan induk betina satu tahun.

-Frekuensi pemijahan bisa satu bulan sekali, dan sepanjang hidupnya bisa memijah lebih dari 15 kali dengan syarat makanannya harus mengandung cukup protein.

-Indukan lele siap memijah jika mulai berpasang-pasangan dan berkejar-kejaran. Segera tangkap indukan tersebut dan tempatkan dalam kolam tersendiri untuk dipijahkan.

Perawatan indukan dan anakan lele:

-Selama masa pemijahan dan masa perawatan, indukan lele diberi makanan yang berkadar protein tinggi seperti cincangan daging bekicot, larva lalat (belatung), rayap atau makanan buatan (pelet). Indukan yang memijah membutuhkan pelet dengan kadar protein yang relatif tinggi yaitu kurang lebih 60%. Cacing sutra kurang baik untuk makanan indukan lele karena kandungan lemaknya tinggi. Hentikan pemberian cacing sutra seminggu menjelang perkawinan atau pemijahan.

-Makanan diberikan pagi hari dan sore hari dengan jumlah 5-10% dari berat total ikan.

-Setelah anakan atau benih berumur seminggu, indukan betina dipisahkan. Biarkan indukan jantan menjaga anak-anaknya. Indukan jantan baru bisa dipindahkan apabila anak-anak lele sudah berumur dua minggu.

-Pisahkan indukan yang mulai lemah atau yang terserang penyakit untuk segera diobati.

-Atur aliran air bersih yang masuk 5-6 liter/menit.

PEMBUDIDAYAAN

Membudidayakan ikan lele terbilang sangat mudah dan murah jika melihat syarat hidupnya. Berikut ini adalah syarat hidup ikan lele di kolam dan keramba.

Syarat hidup di kolam

1. Tanah yang baik untuk kolam pemeliharaan adalah jenis tanah liat/lempung, berlumpur, subur, dan tidak porous (melalukan air). 2. Lahan ideal untuk budi daya lele adalah sawah, kecomberan, kolam pekarangan, kolam kebun, dan blumbang.

3. Ikan lele hidup dengan baik di daerah dataran rendah sampai daerah yang tingginya maksimal 700 m dpl.
4. Ketinggian tanah dari permukaan sumber air dan kolam adalah 5-10%.

5. Lokasi untuk pembuatan kolam harus berhubungan langsung atau dekat dengan sumber air dan tidak dekat dengan jalan raya.

6. Lokasi kolam hendaknya di tempat yang teduh tetapi tidak berada di bawah pohon yang daunnya mudah rontok.

7. Pertumbuhan lele optimal pada suhu 20°C atau antara 25-28°C. Anak lele tumbuh baik pada kisaran suhu antara 26-30°C dan suhu ideal untuk pemijahan 24-28°C.

8. Lele dapat hidup dalam perairan agak tenang dan kedalamannya cukup, sekalipun kondisi airnya jelek, keruh, kotor dan miskin oksigen.

9. Perairan tidak boleh tercemar oleh bahan kimia, limbah industri, merkuri, atau mengandung kadar minyak atau bahan yang dapat mematikan ikan.

10. Perairan ideal untuk lele adalah yang banyak mengandung nutrien dan bahan makanan alami, dan bukan perairan yang rawan banjir.

11. Permukaan perairan tidak boleh tertutup rapat oleh sampah atau daun-daunan hidup, seperti enceng gondok.

Syarat hidup di keramba adalah

1. Sungai atau saluran irigasi yang tidak curam, mudah dikunjungi/dikontrol.

2. Dekat dengan rumah pemeliharanya.

3. Lebar sungai atau saluran irigasi antara 3-5 meter.

4. Sungai atau saluran irigasi tidak berbatu-batu, sehingga keramba mudah dipasang.

5. Kedalaman air 30-60 cm.

Kolam untuk pendederan

1. Bentuk kolam pada minggu 1-2, lebar 50 cm, panjang 200 cm, dan tinggi 50 cm. Dinding kolam dibuat tegak lurus, halus, dan licin, sehingga apabila bergesekan tubuh benih lele tidak akan terluka. Permukaan lantai agak miring menuju pembuangan air. Kemiringan dibuat beda 3 cm di antara kedua ujung lantai, dekat tempat pemasukan air lebih tinggi. Di lantai dipasang paralon dengan diameter 3-5 cm dan panjang 10 m.

2. Kira-kira 10 cm dari pengeluaran air dipasang saringan yang dijepit dengan dua bingkai kayu tepat dengan permukaan dalam dinding kolam. Di antara dua bingkai dipasang selembar kasa nyamuk dari bahan plastik berukuran mess 0,5-0,7 mm, kemudian dipaku.

3. Setiap kolam pendederan dipasang pipa pemasukan dan pipa air untuk mengeringkan kolam. Pipa pengeluaran dihubungkan dengan pipa plastik yang berfungsi untuk mengatur ketinggian air kolam. Pipa plastik tersebut dikaitkan dengan suatu pengait sebagai gantungan.

4. Minggu ketiga, benih dipindahkan ke kolam pendederan yang lain. Pengambilannya tidak boleh menggunakan jaring, tetapi dengan mengatur ketinggian pipa plastik.

5. Kolam pendederan yang baru berukuran 100cm x 200cm x 50cm, dengan bentuk dan konstruksi sama dengan yang sebelumnya.

Pemeliharaan kolam/tambak

-Kolam diberikan kapur 25-200 gram/m2 untuk memberantas hama dan bibit penyakit.

-Air dalam kolam/bak dibersihkan satu bulan sekali dengan cara mengganti semua air kotor tersebut dengan air bersih yang telah diendapkan dua malam.

-Kolam yang telah terjangkiti penyakit harus segera dikeringkan dan diberikan kapur sebanyak 200 gram/m2 selama satu minggu.

-Tepung kapur (CaO) ditebarkan merata di dasar kolam, kemudian dibiarkan kering lebih lanjut sampai tanah dasar kolam retak-retak.

Pemupukan

-Sebelum digunakan kolam dipupuk dulu. Pemupukan bermanfaat untuk menumbuhkan plankton hewani dan nabati yang menjadi makanan alami bagi benih lele.

-Pupuk yang digunakan adalah pupuk kandang (kotoran ayam) sebanyak 500-700 gram/m2. Bisa ditambahkan urea 15 gram/m2, TSP 20 gram/m2, dan amonium nitrat 15 gram/m2. Selanjutnya kolam dibiarkan selama tiga hari.

-Kolam diisi kembali dengan air segar. Mula-mula 30-50 cm dan biarkan selama satu minggu sampai warna air kolam berubah menjadi coklat atau kehijauan yang menunjukkan mulai banyak jasad-jasad renik yang tumbuh sebagai makanan alami lele.

-Secara bertahap ketinggian air ditambah, sebelum benih lele ditebar.

Penjarangan

Penjarangan adalah mengurangi padat penebaran. Mengapa? Karena ikan lele tumbuh besar sehingga ratio antara lele dengan volume kolam tidak seimbang.

Apabila tidak dilakukan penjarangan dapat mengakibatkan

a. Ikan berdesakan, sehingga tubuhnya akan luka.

b. Terjadi perebutan ransum makanan dan suatu saat dapat memicu mumculnya kanibalisme (ikan yang lebih kecil dimakan oleh ikan yang lebih besar).

c. Lingkungan kolam tidak sehat karena berlebihan CO2 dan NH3, dan O2 kurang sekali sehingga pertumbuhan ikan lele terhambat.

Cara penjarangan pada benih ikan lele

1. Minggu 1-2, kepadatan tebar 5.000 ekor/m2

2. Minggu 3-4, kepadatan tebar 1.125 ekor/m2

3. Minggu 5-6, kepadatan tebar 525 ekor/m2

Pakan

Makanan alamiah lele adalah zooplankton, larva, cacing, serangga air, dan fitoplankton. Ikan lele juga menyukai makanan busuk yang berprotein dan kotoran yang berasal dari kakus.

Selain makanan alami, lele perlu mendapat makanan tambahan. Lele yang dipelihara di kecomberan dapat diberikan makanan tambahan berupa sisa-sisa makanan dari rumah tangga, daun kubis, tulang ikan dan tulang ayam yang dihancurkan, usus ayam, dan bangkai.

Selain makanan sisa, makanan tambahan bisa berupa campuran dedak dan ikan rucah dengan perbandingan 9:1 atau campuran bekatul, jagung dan bekicot dengan perbandingan 2:1:1. Jika cukup modal, lele bisa diberikan makanan tambahan pelet.

Pemberian pakan

1. Hari pertama sampai ketiga, benih lele mendapat makanan dari kantong kuning telur yang dibawa sejak menetas.

2. Hari keempat sampai minggu kedua, benih lele diberi makan zooplankton yaitu Daphnia dan Artemia yang mengandung protein 60%. Makanan tersebut diberikan dalam jumlah 70% x biomassa setiap hari yang dibagi dalam empat kali pemberian. Makanan ditebar di sekitar tempat pemasukan air. Kira-kira 2-3 hari sebelum pemberian pakan zooplankton berakhir, benih lele harus dikenalkan dengan makanan dalam bentuk tepung yang berkadar protein 50%. Sedikit dari tepung tersebut diberikan kepada benih 10-15 menit sebelum pemberian zooplankton. Makanan yang berupa tepung dapat terbuat dari campuran kuning telur, tepung udang dan sedikit bubur nestum.

3. Minggu ketiga benih lele diberi pakan sebanyak 43% x biomassa setiap hari.

4. Minggu keempat dan kelima benih lele diberi pakan sebanyak 32% x biomassa setiap hari.

5. Minggu kelima benih lele diberi pakan sebanyak 21% x biomassa setiap hari.

6. Minggu ketiga benih lele diberi pakan sebanyak 43% x biomassa setiap hari.

7. Minggu keenam sudah bisa dicoba dengan pemberian pelet apung.

Pelet

Bahan makanan pelet buatan antara lain tepung ikan (27%), bungkil kacang kedele (20%), tepung terigu (10,5%), bungkil kacang tanah (18%), tepung kacang hijau (9%), tepung darah (5%), dedak (9%), vitamin (1%), mineral (0,5%).

Bahan-bahan itu dihaluskan untuk kemudian dicampur menjadi adonan seperti pasta. Adonan kemudian dicetak dan dikeringkan sampai kadar airnya kurang dari 10%.

Lemak bisa ditambahkan dengan dilumurkan pada pelet sebelum diberikan pada lele. Lumuran minyak juga berfungsi memperlambat pelet tenggelam.

Pellet mulai diperkenalkan pada ikan lele saat umur enam minggu dan diberikan pada ikan lele 10-15 menit sebelum pemberian makanan yang berbentuk tepung.

Pada minggu ketujuh dan seterusnya lele sudah dapat langsung diberi makanan yang berbentuk pelet.

Hindarkan pemberian pakan pada saat terik matahari, karena suhu tinggi dapat mengurangi nafsu makan lele.

Pencegahan penyakit

Untuk mencegah terkena penyakit karena bakteri, sebelum ditebarkan lele yang berumur dua minggu dimasukkan dulu ke dalam larutan formalin dengan dosis 200 ppm selama 10-15 menit. Setelah itu lele akan kebal selama enam bulan.

Pencegahan penyakit karena jamur dapat dilakukan dengan merendam lele dalam larutan Malachite Green Oxalate 2,5–3 ppm selama 30 menit.

PANEN

Lele sudah bisa dipanen setelah berumur 6-8 bulan, kecuali bila dikehendaki tetap saja bisa dipanen sewaktu-waktu. Berat rata-rata lele yang siap dipanen sekitar 200 gram per ekor.

Lele dumbo bisa dipanen setelah berumur 3-4 bulan yang beratnya sudah mencapai 200-300 gram per ekor. Bila dibiarkan 5-6 bulan lagi, lele dumbo akan mencapai berat 1-2 kg per ekor dengan panjang 60-70 cm.

Pemanenan sebaiknya pada pagi hari supaya lele tidak terlalu kepanasan.

Bila ingin dipanen seluruh lele, kolam dikeringkan sebagian sebelum ikan ditangkap menggunakan seser halus, tangan, lambit, tangguh atau dengan jaring.

Bila lele ingin dipancing, biarkan lele lapar lebih dahulu.

Bila menggunakan jaring, pemanenan dilakukan bersamaan dengan pemberikan pakan sehingga lele mudah ditangkap.

Setelah dipanen, biarkan selama 1-2 hari di dalam tong atau bak tanpa diberi makan agar bau tanah dan bau amisnya hilang.

Lele ditimbang dalam waktu singkat dan cukup sekali.

Pembersihan kolam selesai panen

Setelah ikan lele dipanen, kolam harus dibersihkan dengan cara:

-Dinding kolam disiram dengan larutan kapur sebanyak 20-200 gram/m2 kolam sampai rata.

-Lalu kolam disiram dengan larutan formalin 40% atau larutan permanganat kalikus (PK) dengan cara yang sama.

-Kolam dibilas dengan air bersih dan dibiarkan kering terkena sinar langsung agar penyakit yang ada di kolam terbunuh.

SELESAI

  1. suhe
    Januari 13, 2008 pukul 2:18 pm

    Kapan ada workshop pemijahan lele. cak?

  2. Januari 13, 2008 pukul 7:06 pm

    untuk saat ini belum ada info.mungkin rekan2 yang lain ada info,?

  3. Nita
    Januari 16, 2008 pukul 9:03 am

    ada yang jadi pengumpul lele ga?
    daku lagi butuh lele, siapa aja yang lg panen,
    offer dong ke daku dg harga Rp. 7000/kg.
    Hub nita 0818837154

    • Sobirin
      November 24, 2009 pukul 1:35 pm

      Bu Nita Lokasi dmn? saya petani Lele lokasi Sukabumi tanam lele 15.000

      • angel
        Maret 19, 2011 pukul 12:37 am

        saya jg mau beli lele.. mau di jual lg. Hub saya Angel:
        70887507
        TQ

  4. Januari 21, 2008 pukul 12:36 pm

    wah untuk saat ini belum panen,,apa nanti kalau sudah panen kamu bisa tampung? kira kira 3 bulan lagi ne

    • angel
      Maret 19, 2011 pukul 12:38 am

      saya jg mau beli lele.. mau di jual lg. Kabarain saya ya
      di surabaya
      Hub saya Angel:
      70887507
      TQ

  5. paul
    Maret 30, 2008 pukul 11:18 pm

    mba nita.. saya masih terhitung pemula untuk bisnis lele ini, saat ini sedang mencari pasar untuk lele saya.. ada ide kemana saya bisa menjualnya? karena selama ini saya hanya menjualnya ke pedagang lokal saja.. Mohon infonya ya Mba.. terima kasih
    no. saya 92504668 – paul

    • angel
      Maret 19, 2011 pukul 12:39 am

      saya jg mau beli lele.. mau di jual lg. Kabarain saya ya
      di surabaya
      Hub saya Angel:
      70887507
      TQ.

  6. aditya
    April 9, 2008 pukul 3:10 pm

    saya tertarik akan hal ini….tapi sayang untuk memulainya terdapat kendala dalam soal modal…mungkin kah ada seorang invesror yang mau…..tolong hub…adit_1piece@yahoo.co.id

  7. April 15, 2008 pukul 8:20 am

    salam kenal mbak nita , saya juga skrng lagi ngumpulin pra petani yang lagi panen harga di tempat saya Rp 9000 ,- trus klo mbak mau Rp 7000 ,- wah ya susah ! saya di surabaya

    • angel
      Maret 19, 2011 pukul 12:40 am

      saya jg mau beli lele.. mau di jual lg. Kabarain saya ya
      di surabaya
      Hub saya Angel:
      70887507
      TQ…

  8. M ALi Abdurrahman
    Agustus 16, 2008 pukul 10:01 am

    Apakah bisa ternak ikan lele di septic tank (penampungan kotoran WC) ???
    Tolong dong infonya

    • sudi
      Maret 19, 2011 pukul 12:23 pm

      M.Ali abdurahman…….lam kenal
      sy belom pernah nyoba di septic tank, tetepi menurut saya bisa asal kan septic tank nye ya tidak di gabung dengan pembuangan air mandi…jadi khusus kotoran manusia saja..(tidak ada limbah air sabun).

  9. hasan fauzi
    Agustus 19, 2008 pukul 1:13 pm

    tolong dong informasi permintaan lele putih lokal

    • dwi atmono
      Agustus 11, 2012 pukul 10:25 am

      Mohon info apakah lele putrih itu lele lokal. tris dwi atmono g. email dwi_atmono_g@yahoo.com atau sms di 081328315312.

  10. September 4, 2008 pukul 12:32 am

    kami ada menganjurkan kursus asas penternakan ikan keli @ lele. Ketika ini kami membekalkan ikan keli @ lele jenis Clarias SPP untuk pasaran dalam dan luar M’sia

  11. Yusra Bin Sabar
    Oktober 9, 2008 pukul 4:39 pm

    untuk pengetahuan pembaca sekelian, kami syarikat utama di Malaysia telah mengeluarkan sistem penternakan ikan lele dalam polytank di bawah jenama iCage. Mereka yang berminat dengan sistem ini boleh menghubungi kami di email saya; yusra@tm.net.my atau sales@rotocraft.com.my atau telefon +60378452415. Sekian.

  12. November 19, 2008 pukul 12:30 pm

    Ternak lele dengan drum ternyata bisa ..
    http://www.ternaklele.blogspot.com

    • ali fikri
      Januari 2, 2010 pukul 7:35 pm

      Apa itu pelet ( makanan ikan lele) pak? saya baru dengar, maklum saya dari kalimantan.

  13. Jati Yogya
    Desember 4, 2008 pukul 12:08 pm

    aku pembenih lele juga untuk varietas paiton, dapat parental stocks dari Jurusan Perikanan UGM.

    Mau konfirmasi apa mas sudah pernah mijahkan dimana setelah bertelur indukan jantan yg suruh ngemong ana-anaknya. hasilnya gimana soalnya aku belum pernah mijahin dg cara itu. Setelah bertelur semua indukan jantan dan betina aku angkat.

    Yang butuh benih lele paiton bisa kontak saya di 08882707768, pembenihan di yogyakarta.

    Salam

    Jati

  14. zolkepleemhd
    Desember 12, 2008 pukul 10:57 am

    bila diternak boleh ajer
    tapi kos makanan nyer agak tinggi
    bagai maner mau di kurangkan yerk
    ade sesiapa yg ade formula membuat makanan nyer yg agak minimum?

  15. dodi
    Januari 29, 2009 pukul 6:43 pm

    saya berniat untuk beternak lele, kalo untuk lele kapasitas 1000 ekor berapakah ukuran (panjang, lebar & dalam) kolan yang ideal sampai masa panen?& berapa lama waktu yang dibutuhkan sampai lele tersebut bisa dipanen?? thanks

  16. grudiyant
    Maret 4, 2009 pukul 7:55 pm

    aku panen kurang lebih 2000ekor ada yang mo nampung ga. aku juga ga tau harga pasar lele perkilonya berapa. o ya aku ada ditangerang terima kasih

    • angel
      Maret 19, 2011 pukul 12:41 am

      saya jg mau beli lele.. mau di jual lg. Kabarain saya ya
      di surabaya
      Hub saya Angel:
      70887507
      TQ…….

  17. mrs.chery
    Maret 14, 2009 pukul 9:44 pm

    Saya dan suami baru mau mencoba bisnis ternak ikan lele kecil2an, kira2 unt kolam uk. 5x7m bisa berapa indukan y pak? trim’s

  18. Kieyu
    Maret 17, 2009 pukul 11:30 pm

    Thanks smua ttg cara memijah ikan lelenya.to cik yusra bgmana system dgn polytank..bisa U kasih informasi k saya,email saya okie.yuananto@gmail.com

  19. benny
    April 1, 2009 pukul 1:29 pm

    berapa sie harga bibit ukuran 3cmnya?
    berapa lama kira2 panen?
    saya mau blajar miara…cuma bingung bagaimana nanti menjualnya…ada ide bagaimana pemasarannnya?thx ya

  20. Indra
    April 6, 2009 pukul 9:53 am

    Kalo ada yg mau ternak bibit lele, kami ada benih nya.

    • pete
      Juni 7, 2009 pukul 5:43 pm

      mas ,
      saya peternak serius, hasil saya 1 tone lele per 2 minngu, kolam saya intensif 3×6 dalm 1,25 , 20 kolam di daerah nogosaari boyolali,
      saya butuh bibit ukuran 5-6 , 12000 per dua minggu, siapa yang bisa kirim, call saya 08111492026

      • muhanang
        Agustus 8, 2011 pukul 10:05 am

        boyolali apa jawa tengah pak

    • Ion
      September 23, 2009 pukul 10:19 am

      Saya bru mau mulai usaha ikan le2,saya bingung beli bi2t le2 dmn n klo sdah panen jualnya kmn n saat ini harga jual perkg brp lokasi d depok hub 83421953

    • Ion
      September 23, 2009 pukul 10:24 am

      Saya minta no tlp bp n alamat bp indra trims

      • Ion
        September 24, 2009 pukul 11:29 am

        No tlp02183421953 almt rumah jl srengsawah

    • iwan
      Agustus 25, 2010 pukul 3:33 pm

      mas benih lele itu persatuan berapa? tau tdk cara bertenak lele?

    • cepi
      September 16, 2012 pukul 7:52 am

      Lokasi di kota mana Pak Indra ?

  21. rio
    April 6, 2009 pukul 9:06 pm

    ada yang butuh bibit lele untuk daerah madiun???

    kunjungi http//www.ternakikan.blogspot.com

  22. mbandonk
    April 10, 2009 pukul 2:11 am

    haii temen2 ternak ikan lele!! Ada yang tau vitamin untuk mempercepat pertumbuhan ikan lele.kalau ada mohon kasih tau dimana belinya?

    atau kirim email ke:mbandonk_fist@yahoo.co.id/sms ke 081390502316
    mohon bantuan teman2.terima kasih.

  23. rio
    April 29, 2009 pukul 8:32 pm

    nah blognya bagus banget, saya punya informasi ini buat kalian yang ada di madiun dan sekitarnya yang pengen cari bibit lele atau pgen belut sms saja ke

    priyo;085735030654
    mas riska : 085649561236

    atao email proy_rio_mbagi@yahoo.com

    • rio
      September 18, 2009 pukul 7:33 pm

      maaf untuk sementara bibit ,asih kosong…terima kasih.

      • eko
        September 20, 2010 pukul 2:15 pm

        daerah mana mas?

  24. rio
    Mei 1, 2009 pukul 4:51 pm

    terima pesanan bibit lele, wilayah madiun hubngi

    riska : 08564 956 1236
    priyo : 08573 5030 654

  25. rio
    Mei 1, 2009 pukul 4:52 pm

    erima pesanan bibit lele, wilayah madiun hubngi

    riska : 08564 956 1236
    priyo : 08573 5030 654

    • bagus
      Agustus 27, 2009 pukul 10:23 pm

      bos pean dapat ambil bibit dari mana_gak mungkin kan anda membibhitkan sendiri?
      saya dari pare contok 085755554484

  26. Sugeng
    Juni 21, 2009 pukul 4:27 pm

    Saya baru ingin memulai berternak lele, tapi saya tidak tahu cara-cara berternak lele, tlng beri tahu dasar2 memulai ternak lele

  27. otter
    Juni 30, 2009 pukul 10:54 pm

    mo tanya nih, karena pekarangan rumah saya kecil, saya ingin coba ternak lele dgn menggunakan bak ukuran 2 x 3meter apakah hasilnya bisa bagus?tanks sebelumnya ya

    • sudi
      Maret 19, 2011 pukul 12:29 pm

      otter salam kenal..
      bisa aja dengan ukuran 2×3 meter, yg penting jumlah benih nya jgn terlalu banyak di susuaikan dgn ukuran kolam, dan turut di perhatikan juga kedalaman kolam….dan sinar matahari yg masuk.

  28. rio
    Juli 7, 2009 pukul 4:33 pm

    maaf untuk smentara ini bibt lel wilayah madiun masih kosong, karena banyaknya peminat…..

    • bagus
      Agustus 27, 2009 pukul 10:25 pm

      saya dari pare siap menyediakan bibit buat anda harga umumnya.085755554484

  29. dwi
    Juli 7, 2009 pukul 4:34 pm

    Thanks smua ttg cara memijah ikan lelenya.to cik yusra bgmana system dgn polytank..bisa U kasih informasi k saya,email saya

  30. Juli 17, 2009 pukul 10:27 am

    Kalo mau jual lele dimadiun ada penampunganya gak ya?? Tolong dikasih alamatnya :D
    Trimakasih

  31. natalhee
    Juli 29, 2009 pukul 1:30 pm

    salam kenal,
    saya baru mo merintis usaha ikan lele, saya tanyakan cara untuk mendapatkan bibit jenis lele yang lain, tolong alamat atau no.hp agar bisa dihubungi

  32. Abhienda
    Agustus 5, 2009 pukul 12:41 pm

    Salam kenal semua…
    saya mau tanya…ada yang tau dimana yang jual vitamin untuk ternak lele, soalnya saya baru memulai usaha ternak lele??? saya ada di daerah cakung… harganya berapa ya… dan baiknya berapa lama senggang waktu yang baik untuk memberikan vitamin pada ternaknya… Terima kasih. mohon infonya segera….

  33. Toni
    Agustus 27, 2009 pukul 4:04 pm

    Bisnis Spepele Untung Gede……..!!!!!

    Disini saya akan memberikan harga bibit ikan lele ( Clarias Gariepinus).. dan berbagai ukuran :

    1. Benih ukuran 5 – 6 cm = Rp. 175,- (minimum Order = 15,000 ekor)

    2. Benih ukuran 7 – 8 cm = Rp. 225,- (minimum Order = 12,000 ekor)

    3. Benih Ukuran 9 – 10 cm = Rp. 275,- (minimum Order = 10,000 ekor)

    4. Benih Ukuran 11 – 12 cm = Rp. 325,- (minimum Order = 5,000 ekor)

    Bibit kualitas bagus, Dari indukan yang benar2 berkualitas,langsung ambil dari kolam…!!!

    …………..DIJAMINNNNNN…………..

    Note : ” Ongkos Kirim Tergantung Jarak ”

    Rekan2 bisa menghubungi melalui :

    08156153462
    021-8715000
    oni.jump@gmail.com
    matanggonad@gmail.com
    tonisadikin@yahoo.com (yahoo mesengger) ANUGRAH SUKSES MANDIRI FISH FARM

    • yayat
      Januari 26, 2010 pukul 9:15 pm

      pabutuh buat indukan ga? saya punyabanyak di 085285275043

      • eko
        September 20, 2010 pukul 2:17 pm

        daerah mn ?

  34. Toni
    Agustus 27, 2009 pukul 4:06 pm

    Disini saya akan memberikan harga bibit ikan lele ( Clarias Gariepinus).. dan berbagai ukuran :

    1. Benih ukuran 5 – 6 cm = Rp. 175,- (minimum Order = 15,000 ekor)

    2. Benih ukuran 7 – 8 cm = Rp. 225,- (minimum Order = 12,000 ekor)

    3. Benih Ukuran 9 – 10 cm = Rp. 275,- (minimum Order = 10,000 ekor)

    4. Benih Ukuran 11 – 12 cm = Rp. 325,- (minimum Order = 5,000 ekor)

    Bibit kualitas bagus, Dari indukan yang benar2 berkualitas,langsung ambil dari kolam…!!!

    …………..DIJAMINNNNNN…………..

    Note : ” Ongkos Kirim Tergantung Jarak ”

    Rekan2 bisa menghubungi melalui :

    08156153462
    021-8715000
    oni.jump@gmail.com
    matanggonad@gmail.com
    tonisadikin@yahoo.com (yahoo mesengger) ANUGRAH SUKSES MANDIRI FISH FARM
    http://www.kumislicin.multiply.com
    http://www.anugrahfarm.indonetwork.co.id

  35. September 10, 2009 pukul 10:51 pm

    senang bisa join terimakasih sebelum ny atas info-info nya…. sangat bemanfaat untuk saya,, yang sedang memulai usah ternak lele ini klo ada info kontak saya @ dhukahopeless_666@yahoo.com

  36. Oktober 20, 2009 pukul 4:14 pm

    Mas agus plucing tlon9 ajarin cara nernak lele ya?

  37. Oktober 28, 2009 pukul 9:08 am

    aku punya 1500 ekor siap panen…tp aku kesulitan ngejualny…ada yang bisa bantu ngeborong lele milikku hub aku di 085642017491..aku d karanganyar..thanks

    • angel
      Maret 19, 2011 pukul 12:45 am

      saya jg mau beli lele.. mau di jual lg. Kabarain saya ya
      di surabaya
      Hub saya Angel:
      70887507
      TQ………………..

  38. abu
    Oktober 31, 2009 pukul 9:28 am

    saya pengen banget melihara ikan lele,,tapi lahan saya sedikit, saya masih pemula saya mau memelihara,,kira kira untuk pembuatan kolam dan beli bibit dan biaya perawatan semua habis berapa ya..tolong saya diberi solusi. trimakasih

  39. November 25, 2009 pukul 9:35 pm

    SLEMAN YOGYAKARTA SENTRAL BIBIT LELE PAITON 50 SAMPAI 60 HARI PANEN..DESA PUSMALANG WUKIRSARI CANGKRINGAN RT;04 RW;06 SLEMAN YOGYAKARTA.KAMI MENYEDIAKAN BIBIT LELE DENGAN BERBAGAI UKURAN MULAI DARI UKURAN 4;6 5;7 6;8 7;9 SAMPAI UKURAN REMAJA DAN KOMSUMSI.KAMI TAWARKAN BIBIT DENGAN KUWALITAS UNGGUL DARI KESEHATAN TENGKAT KEMATIAN RENDAH 2%,DAN CEPAT BERADAPTASI DENGAN LINGKUNGAN.KAMI MELAYANI PENJUALAN PARTAI BESAR DAN KECIL (ECERAN )BAGI ANDA PARA PENJUAL IKAN,PENGNGUSAHA IKAN LELE,PETRANI LELE,SERTA PEMULA DENGAN HARGA PALING MURAH

    • adi setya ari
      Agustus 1, 2010 pukul 5:49 pm

      salam kenal mas…
      ini saya ingin merintis usaha lele….
      tap saya belum tau caranya, dan apa saja yang d butuhkan..,.. mohon infonya

      e-mail: adisetya65@yahoo.com

      saya tunggu infonya

      • Februari 17, 2011 pukul 12:52 am

        mas saya siap kirim ikan k jogja 3,4 , 5 ,6 ,7 ,8 siap harga murah, nih email q basoriclub@yahoo.com

    • agus
      Mei 6, 2011 pukul 2:44 pm

      minta no hp rahadian

  40. November 25, 2009 pukul 9:37 pm

    PEMESAMAN BIBIT BISA HUB ,,, DIAN DI 08568339190 ATAU 081903700604 SLEMAN JOGJAKARTA

  41. November 25, 2009 pukul 9:40 pm

    SLEMAN YOGYAKARTA SENTRAL BIBIT LELE PAITON 50 SAMPAI 60 HARI PANEN..DESA PUSMALANG WUKIRSARI CANGKRINGAN RT;04 RW;06 SLEMAN YOGYAKARTA.KAMI MENYEDIAKAN BIBIT LELE DENGAN BERBAGAI UKURAN MULAI DARI UKURAN 4;6 5;7 6;8 7;9 SAMPAI UKURAN REMAJA DAN KOMSUMSI.KAMI TAWARKAN BIBIT DENGAN KUWALITAS UNGGUL DARI KESEHATAN TENGKAT KEMATIAN RENDAH 2%,DAN CEPAT BERADAPTASI DENGAN LINGKUNGAN.KAMI MELAYANI PENJUALAN PARTAI BESAR DAN KECIL (ECERAN )BAGI ANDA PARA PENJUAL IKAN,PENGNGUSAHA IKAN LELE,PETRANI LELE,SERTA PEMULA DENGAN HARGA PALING MURAH PEMESANAN BISA HUB DIAN 08568339190 081903700604

  42. imam
    November 30, 2009 pukul 1:54 am

    saya ingin beternak lele untuk ukuran lahan 3×5 dengan kolam dari plastik, tolong informasikan untuk pencarian bibitnya, saya ada di daerah kandang roda cibinong,

    • yayat
      Januari 26, 2010 pukul 9:12 pm

      pa sy monawarin bibit lele?

      • yayat
        Januari 26, 2010 pukul 9:13 pm

        di o85285275043

  43. Januari 3, 2010 pukul 11:26 am

    aq mau usaha ikan lele da yang mau bantu

  44. Januari 25, 2010 pukul 10:35 am

    tolong dong info jenis lele apa yang cepet besar dan dimana cari indukan lele daerah kediri

  45. Januari 26, 2010 pukul 12:25 pm

    YOGYAKARTA
    saya dari jogja utara tepatnya di cangkringan SLEMAN YOGYAKARTA saya menyediakan bibit lele paiton dari mulai ukuran 2;2 2;3 3;4 3;5 4;6 5;7 6;8 7;9 sampai ukuran remaja 1kg isi 25 sampai 50.,,

    dan kami juga menjual konsumsi – golongan A 1kg isi= 7-12

    – golongan B 1kg isi =7-9
    kami melayani pengiriman pagi jam 6 sampai jam 9
    pengiriman siang/sore jam 2 sampai jam4

    kami juga menjual INDUKAN berkwalitas unggulan terbaik

    kami juga menjual ukuran pancingan galatama

    bibit dari kami kami akan bantu sampai pemasaranya.dan kami beri buku panduan cara berbudidaya ikan sampai panen,

    serta kami melayani segala jenis bibit ikan
    -guramih
    -nila
    -patin
    -koi
    -lele
    -munjaer
    -bawal

    kontak pemesanan 08568339190

    • andi
      Maret 9, 2010 pukul 11:56 am

      masalah harga bagaimana?apakah punya cabang di kota bandung?

  46. anang
    Februari 4, 2010 pukul 11:44 pm

    saya masih pemula nih, kebetulan ada minat untuk ternak lele…yang bagus lele jenis apa ya? untuk lahan yang saya punya ukurannya -/+ 3m X 5m…kira2 muat berapa banyak ya untuk ukuran tersebut?
    saya minta tolong masukannya dong
    terima kasih atas jawabannya

  47. Februari 9, 2010 pukul 9:14 am

    salam..
    saat ini saya menjual CD cara budidaya ikan lele yang benar, hanya dengan harga 50 ribu/CD. jika ada yang berminat silahkan hub.saya di 081-911857815 atau email rozi679@gmail.com.

    terima kasih

    • abrori
      Maret 12, 2010 pukul 2:38 pm

      ndak boleh kurang ta mas?

  48. SUPRIYANTO
    Februari 18, 2010 pukul 3:57 pm

    HAI TEMAN2, SAYA LAGI MAU PANEN LELE, SEHAT2 DAN GEMUK2, SIAPA YANG LAGI MEMBUTUHKAN DAPAT MENGHUBUNGI SAYA SUPRIYANTO DI 0351-869774, 08123441434, WILAYAH MADIUN/MAGETAN

  49. ray
    Februari 28, 2010 pukul 12:06 am

    hai guys saya seorang pemula dan saya tertarik dengan ternak ikan lele…. bagi yg mengerti membudidayakan ikan lele join with me ( email ke : rayden1923@gmail.com ) jakarta… thanks

  50. andi
    Maret 9, 2010 pukul 11:54 am

    saya tertarik dengan hal ini,namun saya bingung harus mulai dari mana?masalah modal telah di persiapkan,mohon bimbingannya

    • andi
      Maret 9, 2010 pukul 11:57 am

      oh y,saya juga membutuhkan informai tentang pembelian bibit di daerah jatinagor

  51. kiefu agiel
    April 4, 2010 pukul 8:19 am

    sslm knal saya adlh org yg baru memulai usha ini,n yg jd prmslhany skrg adlh dmn pnampungan bwt hsil panen di sby….thank’s bwt infonya

  52. April 24, 2010 pukul 3:16 pm

    saya pembibitan dan pembesaran ikan lele
    lokasi di tembung MEDAN

    jika ada yang membutuhkan
    bisa call

    david 085270334669
    manalu 081361768052

    bibit dengan perkawinan alami dan bukan PERKAWINAN SUNTIK.

  53. April 24, 2010 pukul 3:18 pm

    saya pembibitan dan pembesaran ikan lele
    lokasi di tembung MEDAN

    jika ada yang membutuhkan
    bisa call

    david 085270334669
    manalu 081361768052

    bibit dengan PERKAWINAN ALAMI dan bukan PERKAWINAN SUNTIK.

    DIJAMIN GAK RUGI

    HARGA BERSAING

  54. Herman
    Mei 4, 2010 pukul 12:43 pm

    DIBUTUHKAN SEGERA..!!!!!

    Lele konsumsi ukuran 6-7 ekor/kg sebanyak 2 kwintal secara rutin (minimal sebulan sekali).
    Diutamakan lokasi dekat wilayah Kota Tasikmalaya/Ciamis/Banjar/Banjarsari.
    Yang berminat silakan ajukan penawaran.
    hubungi :
    Herman
    E-mail : hermanhermana@yahoo.com
    Hp (sms): 081-323 848 222

    • adi
      Desember 8, 2010 pukul 3:58 pm

      apakah ini masih ada pak untuk supply ke bpk? saya punya stok panen besar setiap bulan.. kira2 harga beli bpk berapa dan pembayarannya bagaimana?

  55. diemas
    Mei 10, 2010 pukul 1:26 pm

    apakah pemeliharaan lele air kolam nya harus yang mengalir?
    saya sedang mencoba memelihara lele dari bibit tetapi setelah 3 minggu mulai ada yang mati… apa yang penyebab nya….?

    • sudi
      Maret 19, 2011 pukul 12:36 pm

      dimas lam kenal…
      kematian dalam memelihara ikan hal yg wajar, anda memelihara dengan media kolam seperti apa..

  56. reza
    Mei 18, 2010 pukul 6:09 am

    Sy menyediakan bibit lele ukuran 10-12cm Rp 100..
    Sy jg mencari lele konsumsi Rp 10.000 per kg..
    Untuk wilayah surabaya dan sekitarnya..
    Hub 085931051527

  57. reza
    Mei 18, 2010 pukul 6:10 am

    Sy menyediakan bibit lele ukuran 10cm Rp 100..
    Sy jg mencari lele konsumsi Rp 10.000 per kg..
    Untuk wilayah surabaya dan sekitarnya..
    Hub 085931051527

    • RIZNAN
      November 28, 2010 pukul 7:49 am

      sy punya lele siap panen februari +/- 25 ribu ekor didaerah Dander Bojonegoro, anda berminat ?

  58. Agus
    Juni 28, 2010 pukul 2:23 pm

    Sy menyediakan bibit lele dumbo, sangkuriang dan paiton kualitas DI JAMIN. Lokasi sy di Pencar, Wedi, Klaten.

    Bagi yang berminat beli bibit CALL di ..
    085729944888, 0817268002

  59. muh. edy paryono
    Juli 25, 2010 pukul 5:14 pm

    sy baru menebar lele 23 rb. dengan lokasi jombang.Insyaallah menjelang idul fitri bisa dipanen.
    bagi yang berminat hub. 085730201040.

  60. Juli 27, 2010 pukul 7:13 pm

    Menyediakan:
    Bibit Lele Ukuran:
    15 Hari
    3 – 5 Cm
    4 – 6 Cm
    5 – 7 Cm
    7 – 9 Cm
    Remaja

    Bibit Ikan Nila Merah

    Andi Kurniawan (Yogyakarta)
    +6285643423181
    email/ym : asterix_qh@yahoo.co.id
    Siap kirim ke seluruh nusantara

  61. remi
    Juli 29, 2010 pukul 1:59 pm

    mohon infonya ; peternakan ikan di daeah oku timur sumsel

  62. syamsuri
    Agustus 5, 2010 pukul 12:10 pm

    Mohon informasi Dimana saya bisa belajar Pemijahan Alami /suntik,dan pembesaran lele terutama di daerah
    Jawa timur.
    Email saya :syamsuri25@yahoo.co.id/syamsuri@purnabinanusa.co.id
    Hp:081372495311

  63. Raden Wira
    Agustus 22, 2010 pukul 11:25 pm

    BUTUH SEGERA..!!!!!

    Lele konsumsi ukuran 10-12 ekor/kg sebanyak 5 kwintal secara rutin (minimal seminggu sekali)dgn hrga 7000/kg diambil di kolam atau 7500/kg di antar ke tempat.
    Diutamakan lokasi dekat wilayah Kota Surabaya dan sekitarnya.
    Yang berminat silakan ajukan penawaran.
    hubungi SMS/Tlp:
    Wira 08993666637

  64. September 28, 2010 pukul 8:12 pm

    Mau jual lele didaerah kertanegara,purbalingga..Mau ga?

  65. haikal
    Oktober 14, 2010 pukul 7:14 pm

    aku ingin juga ternak ikan…..

  66. mudoyo
    Oktober 14, 2010 pukul 7:35 pm

    saya ingin dapatkan indukan lele sangkuriang didaerah Madiun dimana ya ? Trims

    • Desember 29, 2010 pukul 12:39 pm

      SAYA PUNYA INDUKAN LELE
      BILA ANDA BERMINAT HUBUNGI SAUDARA : AIRUL ( gresik )
      NO.HP = 0821 42 47 94 10 ( simpati )
      0881 507 10 90 ( smart )

  67. November 7, 2010 pukul 10:53 pm

    Kami menawarkan bibit lele berkualitas berbagai ukuran dan cacing sutra,kepada pembudidaya lele di wilayah Bogor dan sekitarnya. Kepada yang berminat dapat mengunjungi lokasi kami di jln. Pesantren Ajengan Kholid – Depan Mesjid H Aden. Cibedug (Tapos) – Ciawi – Bogor.

    • Tia
      Februari 28, 2011 pukul 2:06 am

      Ada no tlp nya gak?… saya lagi cari peternak ikan lele sangkal di sekitar ciawi bgr. trus klo ada info tempat jual pakan ikan lele disekitar ciawi bgr dan sekitar tolong di info ya… thx

  68. November 14, 2010 pukul 2:00 pm

    Bongkar rahasia ternak ikan lele yang benar dari NOL.
    http://www.cdbudidayalele.co.cc

  69. a
    Januari 1, 2011 pukul 3:44 am

    JUAL INDUKAN LELE GRATIS OVAPRIM

    HARGA PER PAKET

    KODISI IKAN SEHAT, SIAP TELUR, & ADA YANG SIAP DIBUAHI ( HAMIL TUA )
    KWALITAS TERJAMIN

    BAGI YANG BERMINAT HUBUNGI

    0881 507 10 90 ( SMART )

    0821 42 47 94 10 ( SIMPATI )

    LOKASI DI GRESIK JAWA TIMUR

    SIAP KIRIM KE TEMPAT ANDA

    http://bibitdanindukanlele.blogspot.com/

  70. amer denichsan
    Februari 3, 2011 pukul 7:56 am

    saya mau menawarkan ikan lele sangkuriang ukuran 2-3 cm harganya Rp 50/ekor. Garansi 3 hari,terkecuali airnya kurang kami tidak bisa garansi

  71. amer denichsan
    Februari 3, 2011 pukul 7:58 am

    saya mau menawarkan ikan lele sangkuriang ukuran 2-3 cm harganya Rp 50/ekor. Garansi 3 hari,terkecuali airnya kurang kami tidak bisa garansi. kalau berminat hub amer hp: 081399847999, 087878922299, 02183944446, No telp office 0216459507

  72. Yanto
    Februari 11, 2011 pukul 3:02 pm

    Bagi para pembudidaya pembenihan ikan yang membutuhkan artemia, spirulina atau ovaprim bisa menghubungi di NO HP 08122841280. Yantp, Pemalang Jawa Tengah. Terima kasih

  73. Maret 14, 2011 pukul 8:58 pm

    salam kenal semua bagi anda yg butuh bibit lele kami ada dan kami tingal di Cilacap .sms 081903542063

  74. Mohamad Yusuf
    Maret 23, 2011 pukul 10:05 pm

    Saya mau mencoba mengawinkan lele, mungkin teman-teman pecinta lele ada yang tahu dimana mencari obat-obatan untuk budidaya lele di Sekitar Surabaya, Trims atas infonya

  75. arif
    April 6, 2011 pukul 10:34 am

    ne lagi mau coba usahanya. analisanya gimana ya?

  76. April 9, 2011 pukul 2:07 pm

    assalamualaikum….
    saya mau mencoba usaha lele,,tp saya masih pemula ada ilmu gratisan g untuk saya yang akan memulai usaha dalam bidang perternakan lele…daerah saya ada di probolinggo jawa timur….bila ada yang mau mengajari saya akan sangat berterima kasih kepada anda

  77. SWARA NIAGA
    April 21, 2011 pukul 2:35 pm

    OBAT PENYAKIT IKAN LELE C-6

    Salam sukses .. bagi rekan-rekan yang pernah mengalami ikan lele banyak yang mati ataupun terserang penyakit seperti cacar, bercak putih, sirip geripis, sungut putus, insang merah/hitam, hilang keseimbangan, perut buncit .. kami menyediakan obat siap pakai khusus lele C-6 dan dapat digunakan sejak lele bertelur sampai siap panen .. baik untuk pengobatan maupun pencegahan .. dengan penggunaan langsung dicampur dengan pakannya .. sudah teruji dan terbukti sejak tahun 2002

    SWARA NIAGA
    Kedungturi Permai S-15
    Sidoarjo – Jawa Timur
    081216179270
    Email: swaraniaga@yahoo.com

  78. munawi
    April 25, 2011 pukul 2:52 pm

    SAYA PEMBELI IKAN LELE UNTUK DIJUAL DI WILAYAH BALIKPAPAN KALIMANTAN TIMUR, TETAPI SAYA KESULITAN UNTUK MENDAPATKAN LELE SIAP KONSUMSI DENGAN UKURAN 12 & 10 ELOR PERKILONYA. APAKAH ADA YANG BISA MEMBANTU. DAPAT DI HUBUNGI DI:
    Phone 085247070164
    Email munawim@yahoo.co.id

  79. handak
    Mei 9, 2011 pukul 12:23 am

    saya ingan mencoba pembenihan ikan lele tapi saya tidak tahu bagaimana caranya..

  80. Mei 11, 2011 pukul 12:14 am

    jual induk dan benih lele masamo strain baru dr pt.matahari sakti (induk impor lokal afrika dan thailand) lele cepat besar dan lebih tahan terhadap perubahan cuaca.
    hub. 081335300553

  81. Mei 11, 2011 pukul 12:17 am

    jual induk dan benih lele masamo strain baru dr pt.matahari sakti (induk impor lokal afrika dan thailand) lele cepat besar dan lebih tahan terhadap perubahan cuaca.
    hub. 081335300553
    email: doelcafid@yahoo.co.id

  82. Mei 17, 2011 pukul 6:34 pm

    ne lagi mo nyoba usahanya. analisanya gimana ya?

  83. Mei 17, 2011 pukul 6:38 pm

    ne mo coba usahanya. analisanya gimana ya?

  84. Puji Batubara
    Juni 18, 2011 pukul 8:52 am

    Halo….,saya Puji.
    Saya adalah seorang pemula utk melkn ternak lele.
    saya mau bertanya kpd sdra:
    1.Jika saya mempunyai sbh kolam yg lebarnya 2x3m,brpkah tinggi kolam yg cocok untuk kolam saya ini?
    2.Apa obat yg cocok dipakai agar ikan tersebut tdk cepat mati ‘n tdk kena penyakit?
    3.Apa pakan yg cocok utk ikan lele agar lele cpt bertmbh dgn baik?

  85. Juli 11, 2011 pukul 3:17 am

    TEKNIS BUDIDAYA: BUDIDAYA LELE
    TEKNIS BUDIDAYA: BUDGERIGAR

    Jual benih ikan lele sangkuriang & phyton segala ukuran.harga murah kwalitas unggulan di

    kembangkan dari kolam bak terpal yang telah terbukti kwalitasnya kuat untuk pengiriman jarak jauh

    serta cepat adap tasi di lingkungan apapun.

    menjual benih serta indukan ikan lele sangkuring & phyton

    * – benih ikan lele ukuran 2-3 panjang ikan 3-4 cm harga Rp.60/ekor
    * – benih ikan lele ukuran 3-4 panjang ikan 4-5 cm harga Rp.80/ekor
    * – benih ikan lele ukuran 3-5 panjang ikan 5-6 cm harga Rp.100/ekor
    * – benih ikan lele ukuran 4-6 panjang ikan 6-7 cm harga Rp.125/ekor

    BUKAN yang TERBAIK” BUKAN yang MURAH” TAPI KITA BERUSAHA BUAT yang TERBAIK UNTUK ANDA

    Melayani pesanan pengiriman

    1. antar kota
    2. antar provinsi
    3. antar pulau diseluruh Indonesia

    untuk informasi cara ternak ikan lele

    * budidaya pembesaran
    * pemeliharaan serta perawata pada ikan lele
    * kiat kiat sukses
    * pengobatan penyakit ikan lele
    * pemasaran ikan lele benih dan konsumsi
    * mengalih bisnis perikanan

    Silahkan kunjungi via Google di alamat : http//Pbenih.blogspot.com

    dian lele ……………………..Hp 087733662287 sms / telpon

    *******************************************************************
    sms / telpon

    • Oktober 13, 2012 pukul 12:47 pm

      Mas dian aq pernah minta kiriman bibit dr anda(via transfer bank permata),ini aq mau minta kiriman lg.tlg minta no hpxa yg simpati/as.trims

  86. Kostaman
    Januari 31, 2012 pukul 12:51 am

    Saya Kostaman tinggal di kota Bandung ..
    di sini kami menyediakan pakan lele sperti Sosis,kornet,Nageut BS ..
    Jika anda berminat untuk mencoba pakan yang kami sediakan,
    Silajkan Hubungi No di Bawah ini :
    087821208952
    022-91837186
    atau Add Fb Saya icun_aselole@ymail.com

  87. andy
    Februari 29, 2012 pukul 5:55 pm

    UD. NABILA LELE

    Kami petani lele dari Sleman-Yogyakarta yang sudah berpengalaman. Kami menjual induk dan bibit lele sangkuriang berbagai ukuran. Melayani pengiriman keluar kota dan luar pulau. Alamat : Jl. Kaliurang Km 13,5 Sleman-Yogyakarta.
    Bibit lele yang kami hasilkan adalah bibit lele berkualitas tinggi, telah terbukti dengan penanganan yang baik dan benar bibit lele hasil dari produksi kami dapat berkembang dengan baik dan cepat pertumbuhannya. Berikut kami informasikan data dari tempat usaha pembibitan lele kami :
    Jenis : Sangkuriang (Sertifikat)
    Sistem : Intensif.
    Pemijahan : Alami.
    Sumber air : Air tanah / sumur.
    Kolam : Terpal dan semen
    Pakan : Cacing sutra.
    Pengangkutan:Dikemas dlm kotak styrofoam penahan panas, tahan sampai 17 jam.
    Kota tujuan : Kalimantan,Papua,Bali,NTB,NTT,Sulawesi,Maluku,Sumatra,Kepri.
    Kapasitas pengiriman :
    UKURAN : KAPASITAS / Ekor / BOX :
    2-2 cm : 15.000.
    2-3 cm : 8.000.
    3-4 cm : 7.000.
    3-5 cm : 5.000.
    4-6 cm : 4.000
    5-7 cm : 3.000
    Induk : 15.
    Untuk informasi harga murah berkualitas dan konsultasi teknik budidaya silahkan contak person Andy 085753563403 / 081227354545, kunjungi blog kami di http://www.mbenih.blogspot.com atau datang langsung ke lokasi pembibitan kami di Jl.Kaliurang Km 13,5 Sleman-Yogyakarta (10 meter selatan Honda AHASS). Kami memberikan garansi ikan selamat sampai ke tujuan.
    Datang….Lihat dan tentukan keputusan yang terbaik bagi anda…..

  88. lele sangkuriang kediri
    Mei 28, 2012 pukul 11:15 pm

    kami dari kediri indonesia aquaculture menyediakan bibit ikan lele varietas sangkuriang.
    untuk lebih jelas dan detail bisa maen ke kolam kami atau call 085646300955
    -=salam sukses=-

  89. Oktober 13, 2012 pukul 12:27 pm

    Bagi para pembibit lele,aq minta no hpxa.aq maklar bibit lele dari kal-tim. Pak rahadian surya(cangkrinan-sleman) gimana kabarxa pak,aq kehilangan no hp bapak…

  90. RAHMAN
    Desember 30, 2012 pukul 10:13 am

    saya butuh bibit lele, tinggal di bengkulu, apakah ada yg bisah membantu, trims hub 081919333900

  91. dadang
    Desember 31, 2012 pukul 10:17 pm

    jual lele siap panen 5-7 kwintal , lokasi sebelah utara terminal magetan. Bagi yg berminal silahkan hub . 082131066302

    • rizal
      Maret 11, 2013 pukul 1:49 pm

      masih punya stock lele ngak mas

      • doni
        Mei 11, 2013 pukul 9:17 pm

        sy siap suply nmr sy 082381557999

  92. Februari 8, 2013 pukul 2:33 am

    Hello friends, how is all, and what you would like to say concerning this piece of writing,
    in my view its truly remarkable designed for me.

  93. arrief
    Februari 21, 2013 pukul 2:25 am

    ada info pemasaran ikan lele di wilyah cilacap

  94. rizal
    Maret 11, 2013 pukul 1:45 pm

    saya butuh ikan lele 1 ton per minggu di palembang ada yg bisa kasih info gak ya

    • doni
      Mei 11, 2013 pukul 9:15 pm

      sy siap suply pak nmr sy 082381557999

  95. April 7, 2013 pukul 5:36 am

    You really make it appear so easy with your presentation however I to find this
    topic to be actually something that I believe I might never understand.

    It kind of feels too complicated and very broad for me. I am taking a look forward on your next submit, I’ll attempt to get the hold of it!

  96. andi priyanto
    Mei 17, 2013 pukul 1:03 pm

    mohon bantuanya, kalau mau beli obat perangsang pemijahan lele (Hormon Ovaprim) di jogja, dimana ya toko nya, terimakasih
    jika ada yang tahu, mohon informasinya ke no 087837884348 andi
    terimakasih banyak

  97. abu bakar
    Juli 19, 2013 pukul 9:10 pm

    jual lele siap panen,lokasi jateng tamanggung,bagi yg berminat hub saya 081328625623

  98. zulfadli
    Oktober 6, 2013 pukul 9:25 am

    saya membutuhkan cacing sutra untuk wilayah aceh, minimal pengiriman 30 muk untuk uji coba, jika barangnya mantap, say butuh 90 muk per minggu, hubungi saya 082361435584

    • April 1, 2014 pukul 11:27 am

      Bismilah…
      Saya terima lele untuk konsumsi 8-10ekor per kg pengiriman rutin 1 mggu skli 300- 600 kg,,
      Khusus daerah sukabumi, cianjur, bogor, untuk informasi harga silahkan hub: 085624094259. Pak yopi
      Terima ksih

  1. Desember 4, 2012 pukul 6:04 am
  2. Desember 7, 2012 pukul 9:04 pm
  3. Desember 9, 2012 pukul 11:59 pm
  4. Desember 13, 2012 pukul 9:53 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: