Beranda > PETERNAKAN > TERNAK BURUNG WALET

TERNAK BURUNG WALET


1. SEJARAH SINGKAT

Burung Walet merupakan burung pemakan serangga yang bersifat aerial dan suka meluncur. Burung ini berwarna gelap, terbangnya cepat dengan ukuran tubuh sedang/kecil, dan memiliki sayap berbentuk sabit yang sempit dan

runcing, kakinya sangat kecil begitu juga paruhnya dan jenis burung ini tidak pernah hinggap di pohon.

Burung walet mempunyai kebiasaan berdiam di gua-gua atau rumah-rumah yang cukup lembab, remang-remang sampai gelap dan menggunakan langitlangit untuk menempelkan sarang sebagai tempat beristirahat dan berbiak.

2. SENTRA PETERNAKAN Sentra Peternakan burung puyuh banyak terdapat di Sumatera, Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah

3. J E N I S

Klasifikasi burung walet adalah sebagai berikut:

Superorder : Apomorphae

Order : Apodiformes

Family : Apodidae

Sub Family : Apodenae

Tribes : Collacaliini

Genera : Collacalia

Species : Collacaliafuciphaga

4. MANFAAT

Hasil dari peternakan walet ini adalah sarangnya yang terbuat dari air liurnya (saliva). Sarang walet ini selain mempunyai harga yang tinggi, juga dapat bermanfaat bagi duni kesehatan. Sarang walet berguna untuk menyembuhkan paru-paru, panas dalam, melancarkan peredaran darah dan penambah tenaga.

5. PERSYARATAN LOKASI

Persyaratan lingkungan lokasi kandang adalah:

1) Dataran rendah dengan ketinggian maksimum 1000 m dpl.

2) Daerah yang jauh dari jangkauan pengaruh kemajuan teknologi dan perkembangan masyarakat.

3) Daerah yang jauh dari gangguan burung-burung buas pemakan daging.

4) Persawahan, padang rumput, hutan-hutan terbuka, pantai, danau, sungai, rawa-rawa merupakan daerah yang paling tepat.

6. PEDOMAN TEKNIS BUDIDAYA

6.1. Penyiapan Sarana dan Peralatan

1. Suhu, Kelembaban dan Penerangan

Gedung untuk kandang walet harus memiliki suhu, kelembaban dan penerangan yang mirip dengan gua-gua alami. Suhu gua alami berkisar antara 24-26 derajat C dan kelembaban ± 80-95 %. Ada tiga cara berternak bekicot di dalam kandang, antara lain:

Pengaturan kondisi suhu dan kelembaban dilakukan dengan:

a. Melapisi plafon dengan sekam setebal 20 cm

b. Membuat saluran-saluran air atau kolam dalam gedung.

c. Menggunakan ventilasi dari pipa bentuk “L” yang berjaraknya 5 m satu lubang, berdiameter 4 cm.

d. Menutup rapat pintu, jendela dan lubang yang tidak terpakai.

e. Pada lubang keluar masuk diberi penangkal sinar yang berbentuk corong dari goni atau kain berwarna hitam sehingga keadaan dalam gedung akan lebih gelap. Suasana gelap lebih disenangi walet.

2.

3. Bentuk dan Konstruksi Gedung

Umumnya, rumah walet seperti bangunan gedung besar, luasnya bervariasi dari 10×15 m2 sampai 10×20 m2. Makin tinggi wuwungan (bubungan) dan semakin besar jarak antara wuwungan dan plafon, makin baik rumah walet dan lebih disukai burung walet. Rumah tidak boleh tertutup oleh pepohonan tinggi.

Tembok gedung dibuat dari dinding berplester sedangkan bagian luar dari campuran semen. Bagian dalam tembok sebaiknya dibuat dari campuran pasir, kapur dan semen dengan perbandingan 3:2:1 yang sangat baik untuk mengendalikan suhu dan kelembaban udara. Untuk mengurangi bau semen dapat disirami air setiap hari.

Kerangka atap dan sekat tempat melekatnya sarang-sarang dibuat dari kayukayu yang kuat, tua dan tahan lama, awet, tidak mudah dimakan rengat. Atapnya terbuat dari genting.

Gedung walet perlu dilengkapi dengan roving room sebagai tempat berputarputar dan resting room sebagai tempat untuk beristirahat dan bersarang. Lubang tempat keluar masuk burung berukuran 20×20 atau 20×35 cm2 dibuat di bagian atas. Jumlah lubang tergantung pada kebutuhan dan kondisi gedung. Letaknya lubang jangan menghadap ke timur dan dinding lubang dicat hitam.

6.2. Peyiapan Bibit

Umumnya para peternak burung walet melakukan dengan tidak sengaja. Banyaknya burung walet yang mengitari bangunan rumah dimanfaatkan oleh para peternak tersebut. Untuk memancing burung agar lebih banyak lagi, pemilik rumah menyiapkan tape recorder yang berisi rekaman suara burung Walet. Ada juga yang melakukan penumpukan jerami yang menghasilkan serangga-serangga kecil sebagai bahan makanan burung walet.

1) Pemilihan Bibit Calon Induk

Sebagai induk walet dipilih burung sriti yang diusahakan agar mau bersarang di dalam gedung baru. Cara untuk memancing burung sriti agar masuk dalam gedung baru tersebut dengan menggunakan kaset rekaman dari wuara walet atau sriti. Pemutaran ini dilakukan pada jam 16.00–18.00, yaitu waktu burung kembali mencari makan.

2) Perawatan Bibit dan Calon Induk

Di dalam usaha budidaya walet, perlu disiapkan telur walet untuk ditetaskan pada sarang burung sriti. Telur dapat diperoleh dari pemilik gedung walet yang sedang melakukan “panen cara buang telur”. Panen ini dilaksanakan setelah burung walet membuat sarang dan bertelur dua butir. Telur walet diambil dan dibuang kemudian sarangnya diambil. Telur yang dibuang dalam panen ini dapat dimanfaatkan untuk memperbanyak populasi burung walet dengan menetaskannya di dalam sarang sriti.

a. Memilih Telur Walet

Telur yang dipanen terdiri dari 3 macam warna, yaitu :

- Merah muda, telur yang baru keluar dari kloaka induk berumur 0–5 hari.

- Putih kemerahan, berumur 6–10 hari.

- Putih pekat kehitaman, mendekati waktu menetas berumur 10–15 hari.

Telur walet berbentuk bulat panjang, ukuran 2,014×1,353 cm dengan berat 1,97 gram. Ciri telur yang baik harus kelihatan segar dan tidak boleh menginap kecuali dalam mesin tetas. Telur tetas yang baik mempunyai kantung udara yang relatif kecil. Stabil dan tidak bergeser dari tempatnya. Letak kuning telur harus ada ditengah dan tidak bergerak-gerak, tidak ditemukan bintik darah. Penentuan kualitas telur di atas dilakukan dengan peneropongan.

b. Membawa Telur Walet

Telur yang didapat dari tempat yang jaraknya dekat dapat berupa telur yang masih muda atau setengah tua. Sedangkan telur dari jarak jauh, sebaiknya berupa telur yang sudah mendekati menetas. Telur disusun dalam spon yang berlubang dengan diameter 1 cm. Spon dimasukkan ke dalam keranjang plastik berlubang kemudian ditutup. Guncangan kendaraan dan AC yang terlalu dingin dapat mengakibatkan telur mati. Telur muda memiliki angka kematian hampir 80% sedangkan telur tua lebih rendah.

3) Penetasan Telur Walet

a. Cara menetaskan telur walet pada sarang sriti.

Pada saat musim bertelur burung sriti tiba, telur sriti diganti dengan telur walet. Pengambilan telur harus dengan sendok plastik atau kertas tisue untuk menghindari kerusakan dan pencemaran telur yang dapat menyebabkan burung sriti tidak mau mengeraminya. Penggantian telur dilakukan pada siang hari saat burung sriti keluar gedung mencari makan.

Selanjutnya telur-telur walet tersebut akan dierami oleh burung sriti dan setelah menetas akan diasuh sampai burung walet dapat terbang serta mencari makan.

b. Menetaskan telur walet pada mesin penetas

Suhu mesin penetas sekitar 400 C dengan kelembaban 70%. Untuk memperoleh kelembaban tersebut dilakukan dengan menempatkan piring atau cawan berisi air di bagian bawah rak telur. Diusahakan agar air didalam cawan tersebut tidak habis.

Telur-telur dimasukan ke dalam rak telur secara merata atau mendata dan jangan tumpang tindih. Dua kali sehari posisi telur-telur dibalik dengan hati-hati untuk menghindari kerusakan embrio. Di hari ketiga dilakukan peneropongan telur. Telur-telur yang kosong dan yang embrionya mati dibuang. Embrio mati tandanya dapat terlihat pada bagian tengah telur terdapat lingkaran darah yang gelap. Sedangkan telur yang embrionya hidup akan terlihat seperti sarang laba-laba. Pembalikan telur dilakukan sampai hari ke-12.

Selama penetasan mesin tidak boleh dibuka kecuali untuk keperluan pembalikan atau mengisi cawan pengatur kelembaban. Setelah 13–15 hari telur akan menetas.

6.3. Pemeliharaan

1) Perawatan Ternak

Anak burung walet yang baru menetas tidak berbulu dan sangat lemah. Anak walet yang belum mampu makan sendir perlu disuapi dengan telur semut (kroto segar) tiga kali sehari. Selama 2–3 hari anak walet ini masih memerlukan pemanasan yang stabil dan intensif sehingga tidak perlu dikeluarkan dari mesin tetas. Setelah itu, temperatur boleh diturunkan 1–2 derajat/hari dengan cara membuka lubang udara mesin.

Setelah berumur ± 10 hari saat bulu-bulu sudah tumbuh anak walet dipindahkan ke dalam kotak khusus. Kotak ini dilengkapi dengan alat pemanas yang diletakan ditengah atau pojok kotak.

Setelah berumur 43 hari, anak-anak walet yang sudah siap terbang dibawa ke gedung pada malam hari, kemudian dletakan dalam rak untuk pelepasan. Tinggi rak minimal 2 m dari lantai. Dengan ketinggian ini, anak waket akan dapat terbang pada keesokan harinya dan mengikuti cara terbang walet dewasa.

2) Sumber Pakan

Burung walet merupakan burung liar yang mencari makan sendiri. Makanannya adalah serangga-serangga kecil yang ada di daerah pesawahan, tanah terbuka, hutan dan pantai/perairan. Untuk mendapatkan sarang walet yang memuaskan, pengelola rumah walet harus menyediakan makanan tambahan terutama untuk musim kemarau. Beberapa cara untuk mengasilkan serangga adalah:

a. menanam tanaman dengan tumpang sari.

b. budidaya serangga yaitu kutu gaplek dan nyamuk.

c. membuat kolam dipekarangan rumah walet.

d. menumpuk buah-buah busuk di pekarangan rumah.

3) Pemberian pakan yang bermutu secara teratur

Agar hasil budidaya berhasil dengan baik diperlukan pemberian pakan yang bermutu dan teratur. Pemberian pakan berpedoman pada mutu pakan dan kebiasaan waktu makan. Mutu makan yang baik akan menentukan kualitas daging bekicot. Mutu pakan yang baik dapat dipenuhi dengan memberi pakan berupa daun-daunan yang disukai dan buah-buahan. Misalnya; daun dan buah pepaya, daun bayam, buah terung mentimun, swai dan lain sebagainya.

7. HAMA DAN PENYAKIT

1) Tikus

Hama ini memakan telur, anak burung walet bahkan sarangnya. Tikus mendatangkan suara gaduh dan kotoran serta air kencingnya dapat menyebabkan suhu yang tidak nyaman. Cara pencegahan tikus dengan menutup semua lubang, tidak menimbun barang bekas dan kayu-kayu yang akan digunakan untuk sarang tikus.

2) Semut

Semut api dan semut gatal memakan anak walet dan mengganggu burung walet yang sedang bertelur. Cara pemberantasan dengan memberi umpan agar semut-semut yang ada di luar sarang mengerumuninya. Setelah itu semut disiram dengan air panas.

3) Kecoa

Binatang ini memakan sarang burung sehingga tubuhnya cacat, kecil dan tidak sempurna. Cara pemberantasan dengan menyemprot insektisida, menjaga kebersihan dan membuang barang yang tidak diperlukan dibuang agar tidak menjadi tempat persembunyian.

4) Cicak dan Tokek

Binatang ini memakan telur dan sarang walet. Tokek dapat memakan anak burung walet. Kotorannya dapat mencemari raungan dan suhu yang ditimbulkan mengganggu ketenangan burung walet. Cara pemberantasan dengan diusir, ditangkap sedangkan penanggulangan dengan membuat saluran air di sekitar pagar untuk penghalang, tembok bagian luar dibuat licin dan dicat dan lubang-lubang yang tidak digunakan ditutup.

8. P A N E N

Sarang burung walet dapat diambil atau dipanen apabila keadaannya sudah memungkinkan untuk dipetik. Untuk melakukan pemetikan perlu cara dan ketentuan tertentu agar hasil yang diperoleh bisa memenuhi mutu sarang walet yang baik. Jika terjadi kesalahan dalam menanen akan berakibat fatal bagi gedung dan burung walet itu sendiri. Ada kemungkinan burung walet merasa tergangggu dan pindah tempat. Untuk mencegah kemungkinan tersebut, para pemilik gedung perlu mengetahui teknik atau pola dan waktu pemanenan.

Pola panen sarang burung dapat dilakukan oleh pengelola gedung walet

dengan beberapa cara, yaitu:

1) Panen Rampasan

Cara ini dilaksanakan setelah sarang siap dipakai untuk bertelur, tetapi pasangan walet itu belum sempat bertelur. Cara ini mempunyai keuntungan yaitu jarak waktu panen cepat, kualitas sarang burung bagus dan total produksi sarang burung pertahun lebih banyak. Kelemahan cara ini tidak baik dalam pelestaraian burung walrt karena tidak ada peremajaan. Kondisinya lemah karena dipicu untuk terus menerus membuat sarang sehingga tidak ada waktu istirahat. Kualitas sarangnya pun merosot menjadi kecil dan tipis karena produksi air liur tidak mampu mengimbangi pemacuan waktu untuk membuat sarang dan bertelur.

2) Panen Buang Telur

Cara ini dilaksanankan setelah burung membuat sarang dan bertelur dua butir. Telur diambil dan dibuang kemudian sarangnya diambil. Pola ini mempunyai keuntungan yaitu dalam setahun dapat dilakukan panen hingga 4 kali dan mutu sarang yang dihasilkan pun baik karena sempurna dan tebal. Adapun kelemahannya yakni, tidak ada kesempatan bagi walet untuk menetaskan telurnya.

3) Panen Penetasan

Pada pola ini sarang dapat dipanen ketika anak-anak walet menetas dan sudah bisa terbang. Kelemahan pola ini, mutu sarang rendah karena sudah mulai rusak dan dicemari oleh kotorannya. Sedangkan keuntungannya adalah burung walet dapat berkembang biak dengan tenang dan aman sehingga polulasi burung dapat meningkat.

Adapun waktu panen adalah :

1) Panen 4 kali setahun

Panen ini dilakukan apabila walet sudah kerasan dengan rumah yang dihuni dan telah padat populasinya. Cara yang dipakai yaitu panen pertama dilakukan dengan pola panen rampasan. Sedangkan untuk panen selanjutnya dengan pola buang telur.

2) Panen 3 kali setahun

Frekuensi panen ini sangat baik untuk gedung walet yang sudah berjalan dan masih memerlukan penambahan populasi. Cara yang dipakai yaitu, panen tetasan untuk panen pertama dan selanjutnya dengan pola rampasan dan buang telur.

3) Panen 2 kali setahun

Cara panen ini dilakukan pada awal pengelolaan, karena tujuannya untuk memperbanyak populasi burung walet.

9. PASCA PANEN

Setelah hasil panen walet dikumpulkan dalu dilakukan pembersihan dan penyortiran dari hasil yang didapat. Hasil panen dibersihkan dari kotorankotoran yang menempel yang kemudian dilakukan pemisahan antara sarang walet yang bersih dengan yang kotor.

  1. yohanes onong
    Januari 9, 2008 pukul 7:28 pm | #1

    mas, tolong informasi lengkap tentang pembuatan rumah sarang walet, biaya dan adakag kontraktor sepesialis pembuat sarang walet.

    terima kasih,

    y. onong

    • Soetiksin Guyana
      Oktober 4, 2009 pukul 9:30 pm | #2

      salam kenal saya Asin. bpk Yohanes posisi di kota mana? saya bisa bantu mengenai pembuatan rumah srang walet. hub. 0812 5399 3999

      • mohammad azlan b.aarif
        Maret 13, 2011 pukul 8:53 pm | #3

        maaf menganggu anda..saya baru masuk lingkungan 2o thun..saya dalam perancangan membuat business brung layang-layang..tetapi masalahnya saya tidak tahu membuat rumah burung layang-layang..jadi saya berharap anda bisa membantu saya yang sedang berjinak-jinak menceburi dunia business dengan usia 2o thun sekarang.insyaallah..,

      • Juni 2, 2011 pukul 11:36 am | #4

        selamat bagi anda yg terpenting untuk membuat RBW (rumah burung walet)Beragam masalah sering muncul dalam usaha budi daya dan usaha sarang walet. Masalah terbesarnya ialah rumah yang dibangun untuk tempat sarang walet tidak kunjung dihuni walet atau mereka malah kabur ke rumah walet lain. Padahal, biaya yang sudah dikeluarkan sangat besar sehingga mengundang frustrasi pebisnis si “air liur emas” ini.

        Memang, menjalankan budi daya walet itu tidak semudah yang kita bayangkan. Bahkan, banyak yang bilang bahwa permasalahan di bidang budi daya walet itu terbilang kompleks dan unik. Ada banyak hal yang mesti diketahui oleh pembudidaya dan pebisnis walet jika tidak ingin mengalami kegagalan. Pengetahuan inilah yang akan memberi arahan tepat dalam pengelolaan budi daya walet.

        Salah satu hal yang mesti diperhatikan ialah mengenai lokasi rumah walet. Pasalnya, pemilihan lokasi yang tepat dan benar sangat menentukan keberhasilan merumahkan walet. Untuk itu, dalam menentukan lokasi harus mempertimbangkan beberapa hal sebagai berikut.

        1. Ketinggian maksimum lokasi rumah walet adalah 700 meter di atas permukaan laut (dpl).
        2. Letak rumah walet tidak berdekatan dengan pusat kota, pusat keramaian, atau kawasan industri.
        3. Makro habitat harus mendukung kehidupan serangga yang merupakan makanan utama burung walet. Maka, sebaiknya rumah walet dibangun berdekatan dengan ladang, sawah, perkebunan, danau, rawa, atau sungai.
        4. Jarak lokasi rumah walet berdekatan dengan rumah burung walet lainnya, paling jauh berjarak sekitar 5 km.
        5. Lokasi rumah walet harus memiliki sarana penunjang, seperti listrik, air, dan dekat dengan jalan raya. Lokasi keamanannya juga mesti terjamin.

        Jika Anda sudah menemukan lokasi yang tepat, selanjutnya Anda juga mesti membuat struktur bangunannya secara benar sesuai kondisi habitat burung walet. Struktur bangunan yang tidak benar mengakibatkan walet tidak mau menghuni rumah yang sudah dibangun. Kondisi-kondisi ini di antaranya meliputi pencahayaan, suhu udara, kelembapan, memiliki aroma khas burung walet, dan tidak terdapat suara-suara yang mengejutkan.

    • hari
      Oktober 30, 2010 pukul 1:29 pm | #5

      saya jual suara walet.
      dari kalimantan.berminat hubungi 085754118676 (sms)

      • mustain
        Agustus 12, 2011 pukul 4:14 pm | #6

        kalau telur walet ada g mas?

    • Desember 2, 2010 pukul 3:50 pm | #7

      PASAR MODAL
      Mengambil Profit Gila-Gilaan

      Banyak sekali sahabat-sahabat hebat di luar sana yang kebingungan bagaimana uangnya bisa berputar dan bertambah jumplahnya. Alasan kemampuan dan keahlian menjadikan faktor utama untuk melangkah. Dan akhirnya uang yang sahabat idamkan bisa berkembang sedikit demi sedikit habis untuk kebutuhan kecil yang tak terperhatikan. Menyesalpun datang menghinggapi. Sekarang gak perlu khawatir kami datang untuk memberi solusi strategis untuk sahabat. Solusi mengambil keuntungan besar setiap hari semau sahabat. Profit profit dan profit terus. Untuk mengetahui penghitungan bagaimana income di peroleh setiap hari dapat di ilustrasikan seperti berikut:

      Ilustrasi:
      Setiap hari terjadi pergerakan 100-500 poin, 1 poin nilainya Rp.50.000. Atau, dalam sehari terjadi perputaran uang Rp. 50.000-Rp.25 juta. Anda berhak mendapatkan semua uang tersebut setiap harinya.

      Bagaimana cara untuk mengambil income sebesar itu? Apakah gratis?
      Tentu saja tidak, karena untuk menuju sebuah kesuksesan tidak ada yang gratis. Bayangkan kalau semua serba gratis, pasti semua orang akan sukses di bumi ini.

      Kesempatan untuk mendapatkan income Rp.50.000-Rp.25 juta setiap harinya adalah dengan menanam modal minimal sebesar Rp.50 juta.
      Atau anda bisa menggandakan peluang di atas menjadi Rp.100.000-Rp.50 juta setiap harinya. Tentu saja dengan modal 2 kali lipat. Dan berlaku semakin besar modal semakin besar pula peluang yang di peroleh di setiap harinya.
      Kami juga menerima investasi dalam jumplah Milyaran rupiah.

      Harap datang langsung: Jl. Dr. Sutomo No.17 Bausasran Yogyakarta
      Senin-Kamis Jam 10.00-15.00 WIB atau janjian dulu
      Pengampu: Bp. Didik Mujianto, SS. HP. 085292827378 call.
      Email: didikmujianto@yahoo.co.id

      • Mei 14, 2011 pukul 8:05 pm | #8

        Jawabannya yg bisa profit besar dalam waktu harian kalau g salah FOREX

    • Mei 15, 2011 pukul 3:16 pm | #9

      kami bisa bantu pak yohanes,kebetulan kami khusus menanganin bangunan rmh walet dan renofasi rumah walet/seriti yang ngalami masalah.untk bangunan rumah walet,cukp anda punya lokasi dan modal 200jt anda udah bisa punya rumah walet yg sederhana.tpi hasilya menjanjikan dan kami menjamin sampai ada sarang….anda berminat hub kami 081347374707/082154109999

    • Juni 23, 2011 pukul 11:25 am | #10

      holo apa kabar para peternak walet…..!kami dari sutra walet khusus melayanin membangun rumah walet dan renovasi gedung yang gagal,mungkin anda sekarang mau bangun rumah walet yang baru,kami bisa bantu…!cukup anda punya modal 200 juta anda sudah bisa punya rumah walet/gedung.kami jamin sampai burung bersarang….hub.081347374707 atau sutra walet

  2. rudigranit
    Januari 24, 2008 pukul 10:29 pm | #11

    pikir baik baik pak untuk investasi di rumah walet, kemungkinan berhasil mungkin ada, namun tingkat kegagalan juga besar dan penantian sampai burung ada, menginap, berkembang biak juga sangat lama, disamping harga sarang burung walet yg rendah saat ini karena rendahnya permintaan dan adanya pengenaan pajak impor dari negara pemakai seperti Hk, Cn, dll (contoh, Hk mengenakan pajak impor 40 persen dari harga sarang karena alasan pencegahan flu burung), selain itu saat ini sedang berlangsung seleksi alam karena faktor harga rendah dan banyaknya volume produksi (volume saat ini telah meningkat 3 kali dibanding era tahun 90 an) . Kalau bapak ada uang lebih sih boleh boleh saja dicoba pak dan siap siap untuk menerima resiko kecewa ketika sudah menanti lama dan bisa produksi, harga sarang sangat rendah pada saat itu, itu juga termasuk prestasi lumayan kalau bisa sampai produksi sarang, jangan jangan nanti gedungnya kosong melompong untuk 1 tahun, 2 tahun, dan mungkin selamanya. Terus terang saya lebih baik jadi konsultan walet aja daripada bisa produksi sarang dan harga sarangnya rendah selain faktor penawaran, juga rendahnya harga bisa gara gara kualitas sarang yg jelek (kualitas sarang berbeda beda dan tergantung kondisi gedung, kerajinan/keahlian peternak, makanan walet, musim dll). Anyway kalau mau coba saya bersedia membantu memberi nformasi yg diperlukan. ……..Salam, Rudigranit peternak walet

    • joe
      Agustus 20, 2009 pukul 8:36 am | #12

      kalau cara untuk ngusir burung spy ndak mau bersarang, ada ngak cara yg paling praktis??

      • jhony
        Oktober 15, 2009 pukul 9:48 pm | #13

        tembakin kaya Rambo aja gampangkan

    • Januari 2, 2011 pukul 2:43 pm | #14

      no anda yang bisa saya hubungi ?

      saya juga sedang dalam proses pembuatan, tentunya akan ada hal yang perlu saya ketahui untuk hasil yang maksimal bukan….

  3. Juni 3, 2008 pukul 7:29 am | #15

    Pak, saya ingin budidaya burung walet,namun saya tidak tahu mulai a sampai z tentang burung walet tetapi saya punya gedung berlantai dua namun dan rencana saya jika tahu tentang budidaya burung walet maka saya akan memakai lantai dua untuk sarang burung walet.

    Saya berterima kasih kepada bapak jika mau membagi ilmunya kepada saya tentang budidaya burung walet.

    salam untuk bapak

    Irwan

    • edy suranta bangun
      September 18, 2010 pukul 7:23 pm | #16

      coba bp hubungi bp Arief Budiman, dia konsultan walet asia tenggara. buku2 juga banyak.sy juga lagi mau coba nih.hp bp tsb 08122553683.smog kita sama2 berhasil.

    • alamsyah
      Mei 4, 2011 pukul 10:30 am | #17

      pak saya bisa bantu,untuk merenofasi gedung anda.cuma saratnya asal ada burung walet di lokasi bapak,yang sering main,saya akan memberikan farfum walet untuk mempercepat populasi burung terima kasih.jika minat hub.081347374707

  4. Andpri
    Juni 6, 2008 pukul 9:20 pm | #18

    Wah..kalau menurut saya nggak segampang itu untuk beternak walet.
    Banyak kesulitannya & problem yg menghadang.
    Banyak cara & methode yang berbeda satu org dg org yg lain.
    Malah skr ada yg menternakkan burung walet dg cara di tangkarkan alias di ternak seperti ternak unggas ( ayam, itik, putuh, dll Mesti diperhitungkan & dipikirkan matang2x kalau msh berkeinginan beternak walet. Perlu investasi modal yg lumayan besar & investasi itu tidak bisa kembali apabila gagal.

    • cogdii
      Maret 21, 2010 pukul 11:59 pm | #19

      maju terus pantang mundur…

  5. wildan
    Juni 27, 2008 pukul 1:14 pm | #20

    Saya mau jual rumah burung di magelang. adakah yang berminat.
    info http://mwildan.tokobagus.com

  6. igun
    Juli 3, 2008 pukul 8:25 pm | #21

    pak, kami mempunyai sebuah rumah sriti, yang didalamnya juga ada koloni waletnya. sriti sudah rutin dipanen 4-7kg, tergantung musim. ttp, knp koloni waletnya kurang cepat bertambah? apa krn kebanyakan seriti? pas kebetulan posisi rmh sangat strategis, samping pasar, dan cukup luas. bgmn caranya, supaya lantai bwh bisa buat usaha minimarket, dan lantai atas untuk usaha walet( maksudnya supaya koloni burung cepat berpindah ke lantai atas)apa barangkali ada pembaca yg pengin inves walet dan minimarket (atau lainnya, mengingat sangat strategisnya t4 km) silahkan hub igun di igundalbo@gmail.com. dijamin inves anda gak bakalan rugi. harga tanahnya semakin naik2 ajah. hehehe.. maap pak jd numpang jualan.. mohon sarannya pak..

    maturnuwun..

  7. igun
    Juli 5, 2008 pukul 5:10 pm | #22

    pada sesi penetasan telur, saya kira suhu 40 derajat cel. terlalu tinggi. untuk menghindari dehidrasi, usahakan suhu optimum, disekitaran 35 Der. Cel. untuk piyik.
    pada sesi pakan, kok jadi pakan bekicot? priwe kiye lah?

  8. johan
    Agustus 23, 2008 pukul 1:05 am | #24

    sekedar pengen dapet info yah… kalo di udara dingin itubisa gak si wallet itu hidup.. padahal seriti itu sudah bersarang… emang beda yah?
    tolong bimbinganya..

    tanx

  9. agus r
    September 8, 2008 pukul 1:30 pm | #25

    Bagi para pembaca yang ingin INVESTASI sarang burung, kami dapat membuatkan sarang tersebut. Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi di agusr_virgo@yahoo.co.id atau di 081210769568. Kejujuran & Tanggung Jawab serta Kerjasama yang baik dalam berbisnis, Insya4JJI akan menghasilkan sesuatu yang pula. Amin

    • byby
      Agustus 31, 2010 pukul 10:56 am | #26

      Bisa buatkan ‘sarang’ nya to …. ya ngga perlu sriti/walet lagi … tinggal bpk yg bikin sendiri … cuma air liurnya kudu oakeh lan kuenthel tenan …

      • bekicot
        September 10, 2010 pukul 12:11 pm | #27

        hahaha betul betul tuh… pake air liurnya siapa tuh?

  10. patrick
    September 11, 2008 pukul 2:51 pm | #28

    JUAL BIDANG TANAH COCOK UNTUJ PETERNAKAN WALET……

    LOkasi : +- 10Km Timur Laut MANADO
    L.TANAH : +- 2 Ha
    +Berseblhan dengan sarang brung walet permanen 30 M
    +perbunan kelapa semi hutan,Pakan terjamin,
    +dekat sungai
    +depan jalan raya
    +sekitar 3 peternakan walet telah ada dalam radius 3(kebaykan rumah warga)
    +kelembabab sesuai
    +msh dalam kawasan pedesaan

    informasi lbh lanjut
    hub : 085298604073 patrick
    email: patrick_k210@yahoo.co.uk

    harga Rp.2500/m2 ,
    bisa beli 1 Ha.

  11. Oktober 29, 2008 pukul 2:19 pm | #30

    Dicari pemodal untuk bangun rumah walet. Saya menyediakan lahan yang cukup dilokasi Kampung Mengkacak Kelurahan Terusan Mempawah Kab. pontianak dengan cara bagi hasil. Lahan tsb tdk utk dijual.
    Dapat menghubungi Sdr. Murdiansyah 081345910611

    • frans
      Juli 17, 2010 pukul 3:04 pm | #31

      saya ad minat untuk menanam modal di walet bisa anda rincikan berapa luas lahan anda dan berapa targetnya.apakah sudah ada walet/sriti sekarang?terimakasih

      • Denni S
        Februari 28, 2011 pukul 6:26 pm | #32

        Saya Memiliki Rumah Sarang Walet Yang Terbuat Dari Bangunan Kayu,,,sudah sekitar 45 sarang yg ada,namun keadaan didalam ruangan tidak sempurna dikaranakan dinding bukan dari beton, Rumah sarang yg saya buat sangatlah sederhana dan hanyalah mgunakan dana kecil,,,Disini saya ingin mencari inves yg berminat utk kerja sama,,,masalah % serta pembagian terserah dari inves,bisa diatur…Jika Berminat Dapat Mhubungi saya di 0813 4762 5959,,,Thk’s “from Kalimatan Timur”

  12. November 18, 2008 pukul 11:05 am | #33

    ada yg berminat untuk invest rumah walet di pontianak. silakan hub saya di 08125650387. saya sudah mempunyai tanah dan akan mengurus semua.

  13. M.Fadli Noor
    November 23, 2008 pukul 12:18 am | #34

    pak, saya ada rencana membangun rumah walet di kota sengata, kab.kutai timur.. Lokasi tanah sekitar 10km dari pinggir selat makassar dan 20 km dr TNK(Taman Nasional Kutai) yang mudah2n bs menjamin pakan walet kelak nantinya krn dekat dengan hutan.
    Pertanyaan saya:
    1. Apakah kwalitas srang walet di pinggir laut sama sarang yg dibangun dr rmh walet di tengah2 pulau/jauh dr laut?
    2. Berapa kira2 biaya invest rmh walet ukuran 8×15 , 3 lantai?
    sekian dr sy terima kasih.wss

  14. berlian
    November 24, 2008 pukul 1:53 pm | #35

    rumah saya ditinggali seriti,
    tp saya msh bingung sekali bgaimana cra membiakkannya?
    sdangkan saya dan keluarga tidak tau sama sekali cra penangananny,
    mhon bimbinganny.
    Terima kasih

    • hari
      Oktober 30, 2010 pukul 1:33 pm | #36

      klo butuh bimbingan,
      hubungi aja di 085754118676
      saya cb bantu permasalahan anda..
      saya juga jual suara walet.
      from kalimantan.

  15. ardan
    November 25, 2008 pukul 7:19 pm | #37

    kalau ingin tahu banyak tentang ternak walet bisa hubungi saya …mulai ternak serangga makanan walet,walet jinak dll…di ardan_steh@yahoo.com atau 081334624007…atau bisa tanya jawab

    • ric
      Juli 17, 2010 pukul 3:10 pm | #38

      saya igin menanyakan bagaimana cara memprediksi sebuah rumah yg sudah dihuni oleh sriti bakalan bisa menjadi rumah walet yg banyak dihuni burung walet di kemudian harinya>terimakasih

    • landocis andi
      Desember 21, 2010 pukul 10:18 pm | #39

      pak gi mn carax menghasilkan mrtu pak ,,,

  16. dibyo suharto
    Desember 5, 2008 pukul 12:23 am | #40

    Ada yang bisa bantu untuk mencari kaset/ bentuk CD – suara burung walet ? tolong kalau ada info saya dibantu……

    • Chandra Tan
      Juni 1, 2009 pukul 9:48 pm | #41

      tersedia cd walet pilihan,mesin pemutar pake cd/memory card. terima renovasi gedung n merancang suara walet.
      Call me : Chandra tan
      HP : 08126808988
      Propinsi : RIAU

    • eddy
      Juni 24, 2010 pukul 10:19 pm | #42

      saya punya kaset berupa cd yang biasa saya jual ke kawan-kawan saya harganya sih lumayan juga kalo dipasaran

      • eddy
        Juni 24, 2010 pukul 10:30 pm | #43

        kaset itu saya dapat juga dari temen-temen sewaktu kamar anak saya yg kosong dihinggapi burung walet & bersarang pada body lampu neon yang sudah rusak dan saya coba beli kaset dari temen akhirnya lumayan banyak yg datang & bersarang trus saya pasang beberapa lembar papan bekas hasil ketaman rumah yg tidak terpakai, padahal kamar anak saya cuma 3,5 x 4 m dan sekarang udah saya tutup rapat semua jendela & saya sisakan lubang angin diatas jendela…yaa.. lumayan 5-6 bulan saya ambil sarang yg udah tidak dipake lagi sama siwalet (karena anaknya udah pada bisa terbang kalee.)..

      • andi
        Juli 17, 2010 pukul 3:12 pm | #44

        boleh tau berapa bapak mau jual?

  17. Desember 13, 2008 pukul 11:31 am | #45

    Saya punya rumah burung walet di daerah kuncen Kec Padangan Kab bojonegoro,saat ini sudah ada sarang sriti kurang lebih 35 bh,tahun ini saya mau putar telur kalau ada yang mau saya ajak kerja sama pengelolaan silahkan hubungi saya ke Hp 081548757012.
    atau email zimam_9@yahoo.co.id
    terima

  18. Desember 24, 2008 pukul 3:51 pm | #46

    Bgaimana pak agar walet betah menginap dan cepat bertelur?

  19. Desember 29, 2008 pukul 8:45 pm | #47

    jual ampli walet,cd player,memory player,modifikasi suara panggil dan inap…hub:085751346460

  20. Januari 10, 2009 pukul 10:58 am | #48

    CD WALET SUPER DAN CAIRAN PERANGSANG WALET MURAH!!
    CD SUARA BURUNG WALLET SUPER INI TELAH BANYAK MENGHASILKAN PULUHAN HINGGA RATUSAN KILO SARANG BURUNG DI RUMAH SARANG SAYA DAN KONSUMEN SAYA YANG BERADA DIBERBAGAI KOTA YAITU, JAKARTA, BOJONEGORO, CEPU, TARAKAN, PANGKALAN BUN, SAMARINDA, BONTANG,. INI SUDAH TERBUKTI, BEGITU JUGA CAIRAN PERANGSANGNYA 250RB/5 LITER!!
    HUBUNGI : 081703008990/Ferry walet

  21. Januari 10, 2009 pukul 10:58 am | #49

    CD WALET SUPER DAN CAIRAN PERANGSANG WALET MURAH!!
    CD SUARA BURUNG WALLET SUPER INI TELAH BANYAK MENGHASILKAN PULUHAN HINGGA RATUSAN KILO SARANG BURUNG DI RUMAH SARANG SAYA DAN KONSUMEN SAYA YANG BERADA DIBERBAGAI KOTA YAITU, JAKARTA, BOJONEGORO, CEPU, TARAKAN, PANGKALAN BUN, SAMARINDA, BONTANG,. INI SUDAH TERBUKTI, BEGITU JUGA CAIRAN PERANGSANGNYA 250RB/5 LITER!!
    HUBUNGI : 081703008990/Ferry burung walet

    • Juni 22, 2009 pukul 12:02 pm | #50

      Salam sejahtera, pak Ferry sy mo nanya, kalo pembelian cairan perangsang walet dari bapak cara nya bagai mana….?
      apakah barang tsb di antar atau di kirim via jasa….?
      terima kasih

      • Soetiksin Guyana
        Oktober 4, 2009 pukul 9:34 pm | #51

        salam kenal saya asin. kalau boleh tau ibu dewi sinta rumah waletnya di daerah mana? saya menyediakan cairan perangsang walet. hub 0812 5399 3999

    • H. WARIDI
      Januari 4, 2010 pukul 10:25 am | #52

      Pak Peri Saya seorang pemula kami mulai ternak walet 7 bulan lalu tapi baru ada sarang dan sekitar 30 ekor walet saya tertarik dengan air Perangsang Bapak saya telah membuka Waletonline gedung saya masih kekil Pak ukuran 4 x 10m dua lantai bagaima cara penggunaan air perangsang Bpk kami tinggal di PALU, SULAWESI TENGAH tolong saya dibantu untuk meningkatkan hasil sarang di rmh walet kami Pak.mhon dibalas di email kami. tksh

      • H. WARIDI
        Januari 4, 2010 pukul 10:33 am | #53

        Pak Peri Saya seorang pemula kami mulai ternak walet 7 bulan lalu tapi baru ada 3 sarang dan sekitar 30 ekor walet baru ada anak walet 5 ekor yang udh terbang saya tertarik dengan air Perangsang Bapak saya telah membuka Waletonline gedung saya masih kekil Pak ukuran 4 x 10m dua lantai bagaima cara penggunaan air perangsang Bpk dan berapa harga /kg kami tinggal di PALU, SULAWESI TENGAH tolong saya dibantu untuk meningkatkan hasil sarang di rmh walet kami Pak.mhon dibalas di email kami. tksh

    • DAYAT
      Februari 23, 2011 pukul 7:03 am | #54

      wah saya mau cairanya koh sma,suara2 walet koh,no.saya 081252822789,saya di pangkalan bun koh

    • arie sugiarto
      April 15, 2011 pukul 8:26 am | #55

      harga cd panggil dan inapnya berapa ?
      cairan perangsangnya apa bisa dikirim, sampai sidoarjo jatim berapa ?

  22. Januari 10, 2009 pukul 10:59 am | #56

    CD WALET SUPER DAN CAIRAN PERANGSANG WALET MURAH!!
    CD SUARA BURUNG WALLET SUPER INI TELAH BANYAK MENGHASILKAN PULUHAN HINGGA RATUSAN KILO SARANG BURUNG DI RUMAH SARANG SAYA DAN KONSUMEN SAYA YANG BERADA DIBERBAGAI KOTA YAITU, JAKARTA, BOJONEGORO, CEPU, TARAKAN, PANGKALAN BUN, SAMARINDA, BONTANG,. INI SUDAH TERBUKTI, BEGITU JUGA CAIRAN PERANGSANGNYA 250RB/5 LITER!!
    HUBUNGI : 081703008990/Ferry sarang walet

    • April 11, 2011 pukul 9:44 am | #57

      permisi,,,,
      sya mw nanya klo untuk rumah sarang walet kira-kira tinggi batas normalx berapa..????

      • Juni 23, 2011 pukul 11:37 am | #58

        klo soal tinggi tergantung volume gedung pak ibrahim/suhu daerah klo yang mayoritas dipakai biasanya 2,70 cm pak.081347374707 kami melayanin bangunan rumah walet

    • roben
      April 26, 2011 pukul 8:44 pm | #59

      berapa harga cd walet ? bagai mana sy bisa mendapatkan cairan itu. sy tinggal di Bandung

  23. Januari 10, 2009 pukul 11:00 am | #60

    CD WALET SUPER DAN CAIRAN PERANGSANG WALET MURAH!!
    CD SUARA BURUNG WALLET SUPER INI TELAH BANYAK MENGHASILKAN PULUHAN HINGGA RATUSAN KILO SARANG BURUNG DI RUMAH SARANG SAYA DAN KONSUMEN SAYA YANG BERADA DIBERBAGAI KOTA YAITU, JAKARTA, BOJONEGORO, CEPU, TARAKAN, PANGKALAN BUN, SAMARINDA, BONTANG,. INI SUDAH TERBUKTI, BEGITU JUGA CAIRAN PERANGSANGNYA 250RB/5 LITER!!
    HUBUNGI : 081703008990/Ferry rumah walet

  24. Januari 10, 2009 pukul 11:01 am | #61

    CD WALET SUPER DAN CAIRAN PERANGSANG WALET MURAH!!
    CD SUARA BURUNG WALLET SUPER INI TELAH BANYAK MENGHASILKAN PULUHAN HINGGA RATUSAN KILO SARANG BURUNG DI RUMAH SARANG SAYA DAN KONSUMEN SAYA YANG BERADA DIBERBAGAI KOTA YAITU, JAKARTA, BOJONEGORO, CEPU, TARAKAN, PANGKALAN BUN, SAMARINDA, BONTANG,. INI SUDAH TERBUKTI, BEGITU JUGA CAIRAN PERANGSANGNYA 250RB/5 LITER!!
    HUBUNGI : 081703008990/Ferry cd walet

  25. ruben
    Januari 12, 2009 pukul 9:02 pm | #62

    rumah saya ditinggali seriti,saya ingin menjual rumah tersebut jika ada yg berminat bisa hubungi no tlp 08121058555/98800384 dengan ruben.
    terima kasih

    • andi
      Juli 17, 2010 pukul 3:16 pm | #63

      boleh tau letak rumah bapak dimana?dan mau dijual berpa?tha

    • susanto
      Maret 8, 2011 pukul 12:59 am | #64

      dimana pak lokasinya thx

  26. ez
    Januari 14, 2009 pukul 9:14 am | #65

    Pak,
    Minta bagi sedikit inform atau gambaran dalam Bh dari lubang masuk hingga ke nesting room. Sekian tq.

  27. Januari 25, 2009 pukul 2:53 am | #66

    bagaimana cara melembabkan suhu dalam ruangan bila atap rmh walet terbuat dr seng ?

  28. Februari 1, 2009 pukul 10:35 pm | #67

    Walah2, jadi tempat iklan, hehe, ya mudah2an bermanfaat buat semua

  29. Februari 16, 2009 pukul 4:49 pm | #68
  30. bobby
    Februari 18, 2009 pukul 4:25 pm | #69

    pak tolong kasih tahu ada gk asosiasi /perkumpulan penhusaha walet khususnya di jawa timur. saya tunggu infonya di bobbykharisma@ymial.com atau bisa langsung hub. 081615308442. terima kasih

  31. mbah
    Maret 20, 2009 pukul 4:06 pm | #70

    g mana cara pemasarannya nich?
    stabil ga ya???

  32. Maret 31, 2009 pukul 9:33 am | #71

    jika ada yang membutuhkan bantuan untuk membuat tempat tingal walet,cara menata tata ruang,pemasangan spiker..cd,mp3 bisa hub di no 081365906028

  33. April 8, 2009 pukul 7:14 pm | #72

    saya punya bangunan walet sriti sudah masuk bersarang tapi perkembangan nya kurang cepat gimana caranya biar perkembangan nya cepat atau ada yng mau kerjasama silah kan hubungi di email saya terimakasih

    • RUDY
      Oktober 20, 2009 pukul 1:48 pm | #73

      Lokasi dimana..?Bangunan uk.brp..?
      Coba hub.sy di 0818 20 3233 /(022)7133 3233. Bisa di buka Facebook/ di add.sarang burung walet.Tks

  34. April 8, 2009 pukul 7:25 pm | #74

    saya mengucapkan banyak terimakasih kepada semuanya atas keiklasan nya membagi ilmu tentang tatacara mengenai budidaya burung walet atas impormasi di atas minimal saya sekarang mengenal / punya gambaran bagai mana cara pengurusan gedung walet saya

  35. Erman
    April 28, 2009 pukul 3:09 am | #75

    Di rmh saya ada bangun rmh walet tp waletnya tdk mao bersarang padahal hmpr stiap hari ada walet yg berputar2 di gedungnya malah ada yg msk tp kluar lg. Apa ada yg salah dgn rmh walet saya?

  36. Apip
    Mei 11, 2009 pukul 9:34 am | #76

    selamat selangkah lagi anda akan memiliki ternak walet,sabar… burung yang datang pertama biasanya adalah sriti,kemungkinan besar, suhu dan tingkat kegelapan kurang memadai, sriti kurang menyukai tempat yang terlalu gelap,berbeda dengan walet yang menyukai hampir 90% tingkat kegelapan,

  37. sigitraharjo23
    Mei 16, 2009 pukul 6:00 pm | #77

    kalo mo nanya tentang walet klik aja di biznizkita.wordpress.com aku siap bantu kok. sari mulai ternak sampai penjualannnya aku bongkar total

  38. sigitraharjo23
    Mei 16, 2009 pukul 6:08 pm | #78

    Aduh kok jadi banyak yang promosi ne yaa.
    Kalo pengen tahu harga walet sekarang dan alat-alatnya klik aja biznizkita.wordpress.com Apalagi banyak yang jual perangsang mahal. mow tahu tempatnya???? aku kasih info ada penjual perangsang cuma 120 sampe harga 200rb ada kok pokoknya klik aja

  39. resta
    Mei 20, 2009 pukul 12:08 am | #79

    apa benar dapat memanggil walet dengan media ‘bambu petuk’

    • edy suranta bangun
      September 18, 2010 pukul 7:55 pm | #80

      sama sekali tak ada hubungannya pak. walet itu kan sejenis burung bukan sejenis dukun. ternak walet itu ilmiah dan bisa dipelajari. dan saya sudah tanya juga sama konsultan walet asia tenggara kog.

      • susanto
        Maret 8, 2011 pukul 1:05 am | #81

        mantap bro0o0
        knp ya bekang rmh aku kalo
        gasih bunyi suara walet
        pasti ada yg sampe masuk kedalm
        dapur tapi cuma 1ekor aja
        apa tanda2 lg heng ya??

  40. ginanjar ibnu tamimi
    Mei 23, 2009 pukul 12:51 am | #82

    saya mau tes drumah saya…
    tolong doanya ya…!!!mudahan saya berhasil..
    amien…..!!!!

  41. bbeat
    Juni 1, 2009 pukul 12:43 am | #84

    mohon informasi toko/penjual/penyedia perlengkapan alat panggil burung lawet/walet

    • Soetiksin Guyana
      Oktober 4, 2009 pukul 9:37 pm | #85

      mengenai info penjual perlengkapan alat panggil burung walet dapat hub. sentral Walet 0812 5399 3999.

  42. KOMARUDIN
    Juni 4, 2009 pukul 11:04 am | #86

    saya pemula dalam usaha walet, tapi sdh hampir 1 th msih kurang optimal bisa bantu bagi pengalamanya…

  43. Juni 9, 2009 pukul 12:20 pm | #87

    saya sedang mencari pasar sarang burung walet, saya penyedia sarang burng walet dalam skala besar.
    menawarkan kualitas :
    1. putih bening bersih tanpa bulu
    2. putih bening ada bulu
    3. walet goa ( bersih maupun belum bersih)
    4. kuning
    5. agak kuning
    6. pecahan
    7. sudut

    dengan harga miring/kg
    hubungi kris
    contact: addcoy@yahoo.com
    081363112277

    tunggu apa lagi…

    • riki
      Juli 17, 2010 pukul 3:23 pm | #88

      selamat siang pa kris >boleh bpk kirim pricelist harganya ke email saya fransjr12@yahoo.com .best regard riki

      • Adrian
        Januari 22, 2011 pukul 10:39 pm | #89

        Malam Pak Kris, mohon kirim pricelist harganya ke email saya adrian.dewantoro@cbn.net.id, terutama yg walet goa (bersih maupun belum bersih).
        Trima kasih.

  44. faisal iman
    Juni 16, 2009 pukul 2:47 pm | #90

    Dear All,
    saya punya rumah di daerah Cileungsi Kab Bogor,rumah dengan 2 lantai dan sdg dihuni, saat ini ada sarang burung dan burungnya sdg bersarang, sepertinya species burung walet tetapi gak tau jenisnya (sriti/kapinis/layang2) mungkin ada yang bisa kasih info mengenai perbedaan jenis burung dari species walet tsb..? saya berminat jual rumahnya jika harganya cocok, Rgds, HP 08568100752

  45. Arifin
    Juli 23, 2009 pukul 7:56 am | #91

    saya jual rumah yg dihuni seriti.lokasi dekat sawah,keamanan terjamin,masih ada tanah kosong untuk perluaasan. lokasi ds.gemarang kec.kedunggalar – kab : NGAWI. dari jalan besar (jl raya solo ngawi) masuk 100m. bagi yg berminat bisa hubungi 085.259.882304/0352-7122031. email: carifin57@yahoo.com

  46. Agustus 5, 2009 pukul 10:03 pm | #92

    Apa Khabar,
    Saya jual mesin menurun suhu rumah walet, mesin wap air ini membenarkan walet tinggal dalam rumah dengan selesa dan bermain dengan wap itu. Sekiranya anda berminat, sila email kepada saya kat wongjs007@yahoo.com. TQ

  47. Aries26
    Agustus 6, 2009 pukul 8:55 pm | #93

    Ayah saya setahun yang lalu mulai belajar usaha sarang burung walet. Tahun ini sudah mulai keliatan hasilnya. Sudah mulai banyak walet yang masuk dan membuat sarang. bulan lalu, tiba-tiba ada burung hantu masuk dan memakan semua sarang yang sudah ada. Alhasil burung walet yang tadinya mulai masuk, takut untuk masuk kembali dan lari. Kira-kira bagaimana penyelesaian masalah ini. Ada yang bisa membantu? Trims

    • RUDY
      Oktober 20, 2009 pukul 1:38 pm | #94

      Pasang lampu blitts di lubang keluar/masuk burung.Uutuk seputar walet dan permasalahannya, ke Facebook di Add : sarang burung walet./ Hub: 0818 20 3233.Tks

    • ahmad nurasa
      Juni 8, 2010 pukul 8:17 pm | #95

      saya pernah mengalami hal yang sama seperti pak aries. Saya mencoba berbagai cara tetapi gagal. Namun akhirnya ketemu juga solusinya. Saya memasang lampu 24 watt di letakan 50 cm di atas pintu masuk burung. nyalakan setelah semua burung masuk atau sekitar jam 7 malam dan matikan pada jam 6 pagi. Alhasil sy sudah memasangnya hampir 12 tahun dan sampai kini tidak ada masalah lagi dengan burung hantu. sepengetahuan saya burung hantu selalu datang ke rumah walet pada hari menjelang malam (sekitar jam 8 s/d 10). namun kalau ada yang masuk tengah hari biasanya disebabkan burung hantu sudah terbiasa masuk ke rumah burung tersebut. jika demikian, burung hantu memang harus ditangkap.

  48. Agustus 11, 2009 pukul 9:05 pm | #96

    Rumah walet anda sudah lama dioperasikan namun tetap kosong ? Download suara walet dengan daya panggil DAHSYAT sekali daftar jadi MEMBER download sepuasnya.

  49. Agustus 26, 2009 pukul 9:06 pm | #97

    ada kabar baru ttg walet?

  50. Agustus 26, 2009 pukul 9:12 pm | #98

    saya mulai belajar mengurus rumah walet, dgn ukuran 2m x 4m apa itu tidak sia-sia wkt sy disitu dan akhirnya tdk juga bs membuahkan hasil ?

    • herwano
      November 22, 2009 pukul 2:28 am | #99

      terlalu kecil pak kebutuhan walet untuk berputar didalam min 4x4m

  51. susanto
    September 4, 2009 pukul 3:01 pm | #100

    serangga yang bisa diternak untuk bahan makanan walet apa tow maz/bu`? mohon di jawab…terima kasih…..

  52. susanto
    September 4, 2009 pukul 3:09 pm | #101

    kirim tanggapannya di email : medayklimaks@yahoo.com

  53. strategiforex
    September 12, 2009 pukul 8:35 am | #102

    infonya lengkap sekali, kebetulan nih ada burung sriti betah di kamarku

  54. Fa…….
    September 13, 2009 pukul 10:37 pm | #103

    Saya punya 2 rmah Walet… dimana keduanya sudah berdiri lbih dari 3 tahun namun tidak ada perkembangan sama sekali … mungkin ada solusi….. yang baik

  55. gugun
    September 16, 2009 pukul 4:20 pm | #105

    J>suara pemangil walet sudah terbukti di sumatra selatan(sumsel)
    puluhan gedung yg memakai suara ini menghasilkan 20kg sarang walet bahkan lebih
    hub 081995800201 gugun

  56. gugun
    September 16, 2009 pukul 4:24 pm | #106

    Jual suara pemangil walet
    1. suara anakan
    2. suara walet lagi berkumpul
    3. suara induk
    4. suara central
    5. suara outdor
    6. suara anakan suara induk

    • DAYAT
      Februari 23, 2011 pukul 7:05 am | #107

      saya mau koh….no.saya 081251822789
      fornat suara ad yg udah d flasdist ya gan??

    • manja
      Agustus 10, 2011 pukul 3:26 pm | #108

      suara panggil luar yang free takde ker?

  57. sikon
    September 16, 2009 pukul 4:27 pm | #109

    Jual burung hantu pengusir walet nomor 1
    bisa anda lepaskan di permukiman walet saingan anda hasil ny melipat ganda kan walet d gedung anda
    hub sikon 081178988277

  58. Mandala Putra
    September 23, 2009 pukul 12:13 am | #110

    Pak, mohon jawaban atas pertanyaan saya!

    1. Berapa umur rata2 seekor burung walet?

    2. Pada umur berapa seekor burung walet bertelur?

    3. Berapa kali kemampuan seekor burung walet bertelur sepanjang hidup na?

    4. Berapa kali seekor burung walet bertelur dalam 1 tahun?

    5. Apa makanan burung walet?

    6. Ruko saya telah berisi burung walet selama 5 tahun, namun perkembangan jumlahnya sangat lambat, bagaimana cara supaya tempat itu segera penuh?

    7. Di sekitar sarang burung walet saya, sering terbang burung hantu sebanyak 8 ekor pada malam hari. Apakah burung hantu itu masuk ke sarang burung walet saya, dah jika masuk, bagaimana cara mengatasi na?

    8. Bagaimana ciri-ciri burung seriti?

    Mohon maaf telah merepot kan bapak!
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya!

  59. soetiksinn Guyana
    September 23, 2009 pukul 10:25 pm | #112

    BAGI PEMULA/BELUM MEMPUNYAI PENGALAMAN BUDIDAYAWALET ATAU YANG INGIN MENDIRIKAN RUMAH WALET ATAU RUMAH WALET YANG BELUM BERHASIL DAPAT HUBUNGI SAYA 0812 5399 3999.MENYEDIAKAN SEGALA KEPERLUAN WALET.

  60. soetiksin Guyana
    September 23, 2009 pukul 10:33 pm | #113

    BAGI YANG INGIN KONSULTASI MASALAH WALET DAPAT HUB. ASIN 0812 5399 3999. KAMI PRODUKSI PAKAN SERANGGA UNTUK WALET, AROMA PERANGSANG WALET, SEJAK 1990.DAN CD SUARA WALET DENGAN KWALITAS YANG TERJAMIN.

  61. Liya
    September 29, 2009 pukul 3:41 pm | #114

    Banyak kotoran burung kapinis/sriti.bagi yang berminat bisa kontak lewat email hunter_iy@yahoo.com.
    Atau kira2 yang menerima tampungan kotoran burung ini dimana y?!

  62. arie
    Oktober 9, 2009 pukul 3:08 pm | #115

    Pak kalo rumah ada sritinya sekitar 20 pasang kalo dijual kira-kira laku berapa ya.. mohon pencerahannya

  63. Oktober 11, 2009 pukul 5:40 pm | #116

    Bagi yang mau informasi tentang walet, mau konsultasikan bangunan walet anda atau ada masalah dengan teknik pemanggilan walet, jangan ragu untuk hubungi : email : kiang_heng@yahoo.com atau ke http://www.kiangheng.multiply.com. Masalah walet bukan cuma di teknik bangunan saja, bagaimana anda kenal walet sampai teknik mengetahui cara membudidayakannya. Informasi kasih beri gratis….(keberhasilan walet terdiri 40%bangunan + 30% sound system + 20 % Tata ruang + 10 % Hoki)Terima kasih.

    • arsa
      November 10, 2009 pukul 11:53 pm | #117

      menutur saya, (keberhasilan budidaya walet terdiri 40% Hoki + 30% kemampuan pemilik mengidentifikasi masalah + 10% Tata ruang + 10% bangunan + 10% sound system)

    • salawas
      Juli 6, 2010 pukul 9:37 pm | #118

      yg bener 50% hoki 50% bangunan kudu bener…bangunan bener dengan sendirinya udah termasuk orang tsb berpengetahuan ttg tata ruang dsb, klo sound tergantung daerah mas, klo daerah tsb kita pnya bangunan jauh dari rival dan riwayatnya dari seriti tukar walet, siapa takut ga pake sound

  64. Bang Jo
    Oktober 21, 2009 pukul 10:49 am | #119

    Barangkali ada yang butuh rumah seriti… lokasi di Kebumen kota, bangunan 9×21m tanah 9×52m seriti 20 pasang… Umi: 0852 928 50 110

    • reka
      Juli 17, 2010 pukul 3:29 pm | #120

      bang boleh tau mau dilepas berapa.status tanahnya bagaimana?

  65. azlan
    Oktober 24, 2009 pukul 11:53 pm | #121

    selamat sejahtera
    saya ingin terlibat dalam penternakan burung walet.terima kasih atas maklumat yang diberikan.

  66. erik
    Oktober 25, 2009 pukul 1:34 am | #122

    saya mempunyai sebuah bangunan 2 lantai, ukurannya sekitar 19mx8m,.
    saya ingin mengetahui dan juga ingin memulai usaha ini,.
    apa yang harus aya lakukan untuk menembangkan usaha ini,.
    tolong bantuannya,. thanks
    email. cv.mitra_mulya_araya@yahoo.com

    • ichsan
      Maret 21, 2010 pukul 11:53 pm | #123

      usaha yang cukup besar dibutuhkan perjuangan dengan dibekali ilmu yang cukup besar juga.Pelajari betul2 tentang walet, temukan pegalaman demi pengalaman dalam hal ini dan bersabarlah maka dengan sendirinya akan berhasil.

    • Desember 4, 2010 pukul 9:32 am | #124

      sebaiknya d bangunkan tambahan rumah burung dari kayu.karena dari kayu akan lebih cepat bersarang sudah terbukti banyak klien sya yg minta tolong sy kerjakan rmh burungnya.alhasil dlm 3 bulan sdah terlihat hasilnya ..
      info lebih lanjut :
      hub:085246257501

  67. jangkis
    Oktober 27, 2009 pukul 3:41 pm | #125

    saya mau jual gedung walet.sudah produksi 5kg/3bulan.lokasi di lampung selatan tepatnya kecamatan sragi.anda berminat silahkan hubungi:081369360367

  68. November 9, 2009 pukul 3:03 pm | #126

    imformasi bagi insfestor burung walet silahkan anda datang ke Pasar Kubu Kec. Kubu Kab. Rokan Hilir Propinsi Riau . Infestasi di sini menjajikan per 1,5 bln atau 2 bln bisa 3 – 7 Kg dari pada uang disimpan di bank. silahkan survei tdk akan mengewakan.

    • Sri Handoko
      Juli 6, 2010 pukul 12:25 pm | #127

      Yang terhormat Bapak/ibu yang memahami walet, saya punya gedung walet 2 lantai, tapi burung walet nga mau nginap, padahal sudah pake suara panggil, tapi aku lihat keatas ada burung hinggap ditwiter, apakah masih ada harapan gedung walet saya dihuni sama burung walet.tks

      • salawas
        Juli 6, 2010 pukul 9:22 pm | #128

        klo masih dalm taraf mancing walet biar masuk, coba yg lantai 2 lobang masuknya bapak bikin besar jadi 80 cm x 120 cm

      • leo chandra
        November 28, 2010 pukul 12:42 am | #129

        hubungi saja . 087820679316

      • Desember 4, 2010 pukul 9:42 am | #130

        hub sy: 085246257501

      • Juli 9, 2011 pukul 3:43 pm | #131

        saya jual cd burung walet panggil dan inap dan perangsang walet,juga sound sistem,twitet audax untuk luar dalam,cairan perangsang untungk gedung baru supaya cepat bersarang,parfum walet anti stres saat pemanenan sarang,cd walet mendatangkan ribuan burung walet dn sudah terbukti,yang berminat hub beni abeng call: 081363091392

  69. muhammad prima
    November 11, 2009 pukul 10:23 pm | #132

    tolong info lengkap tempat penjualan alat-alat perlengkapan rumah walet
    terima kasih banyak adi.

  70. uzie
    November 17, 2009 pukul 12:09 pm | #133

    ada yang tau cara meningkatkan populasi burung walet…?? rumah walet sya penbahan populasi hanya 5- 10 sarang pertahun

    • salawas
      Juli 6, 2010 pukul 8:44 pm | #134

      harus memenuhi beberapa kriteria:# lobang masuk burung hrs memenuhi standard, # void di setiap gedung walet mutlak adanya,# atur suhu 28s/d 30c dan kelembaban 80 s/d 85. # atur lobang angin yg tersedia, atur arah sirip yg baik dan benar, # atur pencahyaan , sekat, lorong sehingga terbentuk keremangan yg di sukai walet,

  71. uzie
    November 17, 2009 pukul 12:11 pm | #135

    ada yang tau cara meningkatkan populasi burung walet…?? rumah walet sya penbahan populasi hanya 5- 10 sarang pertahun. posisi rmh walet saya di wilayah bandung selatan

  72. Pujianto
    November 19, 2009 pukul 7:34 am | #137

    salam pak,
    saya punya rumah dah ditempati sama burung sriti, sudah sekitar 2 tahun, kami bermaksud membudidayakan burung walet disini, mohon penjelasan langkah apa yang harus kami lakukan….terima kasih.

    • salawas
      Juli 6, 2010 pukul 8:51 pm | #138

      pak puji lokasi nya di daerah mana, dan jumlah sarang seritinya sudah berapa ribu sarng, yg terpenting jumlah seriti hrus banyak dulu, biar tdk tanggung dalam tukar telur, tapi yg terpenting gedungnya dulu hrus memenuhi kriteria,klo tdk memenuhi kriteria alat2 suara panggil yg di jual atau obat apalah, semua itu ta ada guna klo bangunannnya belum benar… eman2 lah pak. cuman buang uang dan buang waktu…

      • roben
        April 26, 2011 pukul 9:28 pm | #139

        pak salawas yg baik :

        toko sy 4bln yg lalu kemasukan sriti. kalau sy perhatikan sekarang dah ada 6 sarang. tdnya sy usir tp balik lagi! sy biarkan sampai sekarang. dibawah tempat burung bersarang sy buatkan tempat untuk kotoran supaya tidak kotor ke bawah. ! toko sy luasnya 6 X 8 m.
        di atas rolingdor tk sy ada 6 lubang pentilasi uk. 30 X 30 cm.
        pertanyaan sy kira2 : mungkin tidak sriti yg masuk bisa membawa walet ? dan bagaimana caranya ? posisi toko sy dipinggir jln raya yg rame.
        trimakasih.

  73. agus
    Desember 3, 2009 pukul 3:39 am | #140

    Untuk teman2 yang sedang mencari mesin/player suara walet dengan harga murah serta perlengkapan lainnya seperti Parfum Aroma Walet produk PHM bisa menghubungi saya di 021 36533323 harga di jamin termurah.

    • Desember 4, 2010 pukul 9:47 am | #141

      jenis avante model lama ada g’ law ada kasih info k sy: 085246257501

  74. Budi
    Desember 3, 2009 pukul 1:01 pm | #142

    Bagi teman2 yang berminat pengen join usaha walet,saya punya sebidang tanah dengan ukuran 20 X 40, lokasi berdekatan dengan sungai.bagi yang minat dapat menghubungi saya di 0541 745054.

  75. tjambi.br
    Desember 5, 2009 pukul 12:04 pm | #143

    gimana carax melembabkan ruangan walet tampa memakai alat humidifier adakan alat lain yang bisa terjangkau.

    • Januari 12, 2010 pukul 7:13 am | #144

      menggunakan baskom diisi air dan didalam baskon ditaruh batako berdiri miring air disis setangah saja.

  76. Desember 12, 2009 pukul 2:59 pm | #145

    assaam mualaikum pak,saya peternak walet dari sumatera selatan,gedung waet saya sudah hampir satu tahun tapi cuma menghasilkan sekitar 1/2 kg dan itupun baru pertama panen.nah yang saya ingginkan bagaimana supaya hasil panen bisa melimpah?

    • salawas
      Juli 6, 2010 pukul 8:54 pm | #146

      maaf pak. pasti dan yakin ada kesalahan dalam pembuatan gedung dan pengaturan di dalamnya

  77. Desember 17, 2009 pukul 6:10 pm | #147

    heri.purwanto83@yahoo.co.id

    saya buat sarang burung walet berlantai tiga namun sudah 2 tahun tak ada walet yang tinggal rumah 4 x 11 meter dibawah utk dapur gimana cara supaya walet inap dan bersarang

  78. Rangga
    Januari 2, 2010 pukul 6:16 pm | #148

    gan aye ada gudang bekas pabrik ga di pakai lagi sekarang beberapa bulan yg lalu di isi walet sudah pernah panen cuma sedikit -+ 1 kg sekali panen tapi sekarang tinggal kepinis walet nya pda kbur karna ga ada yg urus mo di jual ada ga para juragan yg berminat,status sertifikat,luas -+ 2000 m2 klo berminat 08128569397

    • reka
      Juli 17, 2010 pukul 3:31 pm | #149

      bol,eh tau dimana letaknya pa?mau djual brp?

  79. Januari 12, 2010 pukul 7:06 am | #150

    Mesin walet dirancang khusus tidak seperti mesin walet pada umumnya,dan belum ada dipasaran pada saat ini.karena pada umumnya mesin walet dipasaran hanya bisa dua suara/bahasa yaitu suara luar dan suara dalam sedangkan mesin kita rancang bisa mengola bahasa walet dengan 1o bahasa walet jaitu 1 suara luar dan 9 suara dalam.

    • salawas
      Juli 6, 2010 pukul 8:59 pm | #151

      pertanyaan cuman satu. sudah berapa puluh kilo walet yg bapa hasilkan dg suara mesin walet tsb..

      • leo chandra
        November 28, 2010 pukul 12:45 am | #152

        promosi nya kelewatan

  80. anshori
    Januari 16, 2010 pukul 12:11 pm | #153

    pak tolongkasih saran. saya bikin gedung burung walet sekarang udah berjalan 2 tahun.knapa kok masih sulit burung untuk bersarang di gedung saya.terimakasih
    tolong balas di Email saya.

  81. abdul azis
    Januari 21, 2010 pukul 6:44 pm | #155

    salam pak….!saya ada bekalan sarang burung walet tapi saya ga tau cara marketingnya…?mohon petunjuk caranya?

    • soni
      Juli 17, 2010 pukul 3:55 pm | #156

      jenis walet apa yg bpk hasilkan?apa ada contohnya ?saya suka membutuhkan untuk dijual ke ln.trim

  82. joko harjanto
    Januari 22, 2010 pukul 1:00 pm | #157

    asslmlkm pak…drmh sy udh ada bnyk sarang burung sriti cm udh 2 taun kok blm ada waletnya,sy ingin mencoba gnt telur walet,dmn sy bisa mendapatkannya & brp harganya..lokasi sy di pacitan jatim.trima ksh

  83. Januari 26, 2010 pukul 11:40 am | #158

    mas punya mp3nya suara brung walet ndak mas….

  84. Richie
    Januari 29, 2010 pukul 5:42 pm | #159

    salam kenal..
    saya ingin memulai bisnis sarang burung walet. modal saya adalah rumah 2 lantai dan di dalamnya sudah ada sarang burung seriti sekitar 80 sarang. kendalanya sekarang adalah saya belum tahu telur untuk walet bisa saya dapat dimana? lokasi saya di sulawesi selatan.
    mohon bantuannya pak.
    terima kasih

  85. helen
    Januari 29, 2010 pukul 8:18 pm | #160

    salam kenal pak,
    sy mau tanya bgmn mengidentifikasi bila burung yg selalu hinggap diatas atap/plafon rumah saya adalah walet ato bukan. bgmn ciri2 burung walet itu. sedikit info burung ini sering terlihat terbang saat malam dan pagi saat subuh. terbangnya kencang dan disertai bunyi. bila ini benar walet, bgmn cara utk berternak sarang burung waletnya. terima kasih atas infonya

  86. khairul ihsan
    Februari 3, 2010 pukul 1:55 am | #161

    klau bangunan sanggar walet terbuat dari kayu boleh enggak?

    • Desember 4, 2010 pukul 9:57 am | #162

      kenapa tidak..
      sy bahkan udah membangun rmh burung buat konsumen dr kayu
      skitar 30 yunit sdah d kalimantan yg sy bangun.
      jk anda berminat call sy: 085246257501

  87. warto79
    Maret 10, 2010 pukul 1:08 pm | #163

    Salam kenal, saya pengin budidaya walet. kenetulan di rumah sudah ada beberapa sriti yang bwt sarang di rumah. Posisi saya di purwokerto jawa tengah. bisa bantu tidak?

  88. risal
    Maret 17, 2010 pukul 2:29 pm | #164

    bagaimana sih cara agar burung walet bisa cepat masuk .kira-kira berapa lama walet bisa cepat masuk di rumah salam dari bone sulsel

  89. Maret 18, 2010 pukul 10:39 pm | #165

    kalau perangsang buat apa yach..?

    buat tambah banyakk atau cepat berkembang biak.

    • salawas
      Juli 6, 2010 pukul 9:04 pm | #166

      menurut saya. biar ygjual perangsang, biar tambah banyak duitnya,,,

  90. cogdii
    Maret 22, 2010 pukul 12:12 am | #167

    Saya memasang sarang imitasi dlm gedung walet sebanyak 150 buah. Sekarang yang telah ditempati walet sekitar 30 buah, tp saya perhatikan walet sepertinya malas membuat sarang sendiri dan cenderung memilih sarang imitasi. Kira kira hal ini baik atau malah akan menurunkan produksi sarang? Lalu apa akibatnya jika saya ambil semua sarang imitasi agar walet membuat sarang sendiri? Terima kasih atas nanti jawabanya.

    • didi
      Juni 25, 2010 pukul 11:52 am | #168

      sy prnah kejadian sprti itu, jgn diambil semua sarang imitasinya, disisakan yang ada isinya saja yg tak ada isinya diambil.

    • salawas
      Juli 6, 2010 pukul 9:11 pm | #169

      bukan malas mas, itu kemungkinan walet remaja yg nemplok dan tidur disana. ya hrus ad jeda waktu sampe walet itu dewasa dan dapet pasangan, hingga waktunya pasangan walet tsb bertelur sarang palsu yg di tempatinya akan di sulam oleh air liurnya, dan nti stelah beberapa kali tetasan , baru sarng palsu boleh di lepas,, jadi sarang palsu yg masih kosong ya jangan di cabut, buat cadangan walet remaja yg terusir dari induknya hinggap di sana.

  91. made surya
    Maret 26, 2010 pukul 8:33 am | #170

    saya punya rumah yang telah ditempati oleh seriti kurang lebih 100 ekor dan telah beberapa kali panen tapi saya tidak bisa mengembangkannya kalu ada yang berminat untuk kontrak atau bagi hasil bisa hubungi tlp.081236847664

    • reka
      Juli 17, 2010 pukul 3:46 pm | #171

      boleh yau letaknya dimana ya?terimakasih

    • bayu
      September 7, 2010 pukul 11:52 pm | #172

      made boleh tau,harga per kg sarang sriti brp skrg??

  92. agus
    Maret 27, 2010 pukul 1:44 am | #173

    lokasi mana nih pak?

  93. April 6, 2010 pukul 6:02 pm | #174

    salam semua…
    saya mintak tolong penjelasannya, saya ada rumah 2 tingkat n tingkat 3nya ruangan lepas. jadi saya ada rencana menjadikan tingkat 3 menjadi rumah walet. masalahnya adalah tingkat 3tu tidak mungkin di bngun permanen karena takut tidak tahan pondasi rumah n krena juga kena gempa.
    jadi saya mau bangun pake papan, bsa ngak y jdi rumah walet n klo bsa mohon sarannya, makasih sebelumnya.

    • Desember 4, 2010 pukul 10:03 am | #175

      jika anda berminat kami bisa mengerjakan rmh burung yg dr papan tersebut.kami sudah pernah membangun jg yg d atas lantai 3.bahkan rmh burung dr kayu lebih cepat bersarang(alami).
      jk anda berminat hub sy:085246257501
      sudah terbukti berhasil.

  94. abdul manan khan
    April 15, 2010 pukul 10:04 am | #176

    my email abd_manan89@yahoo.com and my hp 0174375260

    • ise
      September 15, 2010 pukul 7:45 am | #177

      tuan, boleh tak kami tahu berapakah anggaran kos untuk usahakan industri ini. pertolongan tuan kami dului dengan jutaan terima kasih

  95. james uriel
    April 30, 2010 pukul 10:39 pm | #178

    salam kenal. aq mau nanya: burung walet biasanya dimangsa oleh hewan apa ya??

    • Desember 4, 2010 pukul 10:23 am | #179

      burung hantu & hewan pemangsa lainnya.

  96. ditya
    Mei 3, 2010 pukul 10:13 am | #180

    Salam Sejahtera,

    Teman2 semua saya baru mulai berternak walet dan ada sedikit masalah yang kurang bisa saya pahami

    1.berapa kira2 harga 1Kg sarang burung Walet sekarang?
    2.apa yang menjadi standar suatu sarang itu bagus, sedang dan buruk?
    3.apakah ada komunitas peternak Walet di Bali?

    mohon inforamsi dan terima kasih sebelumnya.

  97. sule
    Mei 8, 2010 pukul 6:40 pm | #181

    namanya usha ada gagalnya pak..
    mkanya rudigant selamanya jd konsulrtan tp ga ada ilmunya krana dia ga mau berusaha..takut kalah
    betul omomgannya om bob sadino
    jadi konsulatan belun tentu mampu menjalankan

  98. erman
    Mei 14, 2010 pukul 8:03 pm | #182

    saya ingin menanyakan apakah ada racun yang khusus untuk membunuh kecoa? trima kasih.

  99. Siti Chomisah
    Mei 24, 2010 pukul 9:34 am | #184

    Terima kasih atas infonya. saya sebagai pemula mendapat informasi yang cukup tentang walet. Saya punya rumah. gak sengaja dihuni sriti. saya berharap bisa merubahnya menjadi sarang walet. Areal yang dimasuki kamar belakang dan dapur maka saya sisa kan legi ruang Tengah separo bagian. Bagaimana agar bisa berkembang menjadi sarang Walet. Terimakasih

  100. ikhsan
    Juli 4, 2010 pukul 3:12 pm | #185

    pak…gmana cara nya ngusir kelelawar tanpa harus masuk kedalam gedung…?????

  101. Juli 8, 2010 pukul 9:44 pm | #186

    saya punya 2 rmh di banyuwangi jawa timur… rumah pertama penghasil walet +/- 1,2kg per 4 bln sekali…. rumah ke 2… ribuan burung sriti… kondisi kedua rmh tdk terawat….. sy butuh dan mencari….. investor kerjasama atau apapun dari ke 2 rmh tersebut… dicari yg berminat kerja sama… karena sy bnr2 lg pailit gak ada dana bahkan sangat urgent… hub sy bg peminat serius SALEH 081574819938

    • reka
      Juli 17, 2010 pukul 3:48 pm | #187

      pa saleh boleh tau letak rumah bpk dmana?dan berapa luas tanah dan bangunannya?

  102. Juli 8, 2010 pukul 9:45 pm | #188

    saya punya 2 rmh di banyuwangi jawa timur… rumah pertama penghasil walet +/- 1,2kg per 4 bln sekali…. rumah ke 2… ribuan burung sriti… kondisi kedua rmh tdk terawat….. sy butuh dan mencari….. investor kerjasama atau apapun dari ke 2 rmh tersebut… dicari yg berminat kerja sama… karena sy bnr2 lg pailit gak ada dana bahkan sangat urgent… hub sy bg peminat serius SALEH 081574819938 dalam waktu dekat sy ada di banyuwangi jawatimur

  103. suradi
    Juli 13, 2010 pukul 12:49 am | #189

    saya ingin menanyakan, kalo lobang masuk burung walet lebih bagus hadap ke arah mana yah?? kalo lobang masuk walet hadap ke arah barat bagus gak ??

  104. arief
    Juli 14, 2010 pukul 9:13 am | #190

    Mas…ada kritik sedikit ya..boleh dong… kalo mengcopy tulisan dibaca dulu…. masa artikel CARA BETERNAK BURUNG WALET, sentra peternakannya malah sentra peternakan BURUNG PUYUH..??!! dan juga pakannya masa iya sich daun-daunan. Itukan pakan BEKICOT. Apa hubungannya BEKICOT sama BURUNG WALET. Udah dulu kritiknya moga-moga ada manfaatnya.

    • Agustus 16, 2010 pukul 12:55 pm | #191

      Terima Kasih Infonya pak, sesuai Yang Saya Tulis Di Page Report, Tulisan Ini Juga Koleksi Tulisan Hasil Browsing, Yang Mungkin Bisa Bermanfaat Buat Semua, Atas Kritikanya Saya Sampaikan Terima Kasih Dan Mohon Maaf Untuk Para Pembaca,

      Salam

  105. Paulus Budiarjo, ST
    Juli 15, 2010 pukul 7:30 am | #192

    Pagi, bapak

    Sangatta daerah saya 70 km utara Bontang sentra walet ” White Super Nest Bird’s “, adakah bisa bantu Investor karena kami dapat membangun & memelihara walet.
    Hp : 08115801553 ( SMS )
    Hp : 08125862814 ( Call in Night )

    Tks & Salam

  106. Juli 19, 2010 pukul 6:54 pm | #193

    assalamualaikum wr wb bapak saya dari sragen waktu tambah kamar baru dua kamar,blum ditempatti ad brug sriti masuk kira2 sdh berjaln 2 th awal 1psg sekarg sdh 15 pasg trus untk denah ukran 5x8mtr ,dn terlanjur sdh saya psg pintu dn keramik ,klo untk dikembangkn ke sarng walet bagaimna yaa baiknya ,tlg sdr sdr kasih masukan yg bisa ntuk lebih baiknya bagaimana bs hubungi hp 08161639926 sangat terimakasih klo ad saran2 yg membangun trimaksh

  107. alan
    Agustus 16, 2010 pukul 12:28 am | #194

    Mohon ada yang boleh bantu dan tunjuk ajar membuat makanan walet.
    Di Malaysia masih kurang pengetahuan mengenai rumah walet. Harap ada yang sudi menjadi kawan.
    mail: lunasspeedchicken@gmail.com

  108. mahfud
    Agustus 18, 2010 pukul 10:50 am | #195

    selamat pagi pak,
    saya pingin buat rumah walet,saya minta tolong sama bapak untuk mengarahkan saya supaya rumah walet yang saya buat berhasil.
    saya posisi di B.Aceh,saya dekat kira 1Km dari mesjid raya B.Aceh,di mesjid tersebut banyak burung walet.setiap tahun mesjid tersebut punya penghasilan dari burung walet.
    saya punya toko 2 lantai dan rencana saya mau naiki lagi 1 lantai biar jadi 3 lantai.
    saya rencana buat rumah walet di lantai 2 dan 3 di toko saya.
    gmn cara nya supaya rumah walet yang akan saya bangun berhasil,
    saya mnta tolong arahan dan bimbingan dari bapak.terima masih
    by.mahafu dari B.Aceh

  109. Agustus 19, 2010 pukul 2:28 am | #196

    Mohon ijin promo pak :)kami menyediakan CD
    waletjitu 3 set=6 kepingseharga 800rb rb dan gratis ongkos kirim via
    tikisms simon chow 085270265777 di jaminkwalitas nya beda…karena
    sudah di edit sesuai musim dan bulan pemutaran CD bisa di convert
    keformatWMA dan MP3 untuk(…Media player USB danSDcard/mmc)
    http://www.youtube.com/watch?v=wYK9lfiVj1U<——-bukti kwalitasCDkami
    http://www.facebook.com/pages/Medan-Indonesia/jual-CD-WALET-MANTAP-dan-konsultasi-GRATIS/115181875172333?ref=ts<——silakan click dan
    berkunjung ke page kami :)

  110. Tauke
    Agustus 24, 2010 pukul 12:14 am | #197

    Saya bekalin kutu serigala.. kalau mau hubungi ponsil saya….heheh..

  111. joe
    Agustus 26, 2010 pukul 9:12 am | #198

    macam mana nak buat sarang burung waket yang rendah…

    • olala
      September 10, 2010 pukul 12:16 pm | #199

      macam-macam lah…awakmu kui sing diopeni sik sing bener haha

  112. adi santoso
    September 19, 2010 pukul 12:39 pm | #200

    Saya ingin membuat sarang walet, untuk di daerah Jawa Tengah, dekat waduk. Bagi yang benar-benar mengerti tentang pembuatan rumah walet, mohon bantuannya, berapa ukuran terkecil pembuatan rumah sarang walet, dan mohon gambar kontruksinya atau layout plant ruangan. bila ada yang bisa membuatkan proposalnya, mohon kirim langsung ke email adis8886@gmail.com

    • Desember 4, 2010 pukul 10:18 am | #201

      ukuran terkecil 4×16 .
      to info: 085246257501

  113. September 25, 2010 pukul 6:18 pm | #202

    numpang nanya, bagaimana caranya agar burung walet cepat tinggal di sarang yang sudah disiapkan (yang baru) ?. atas jawabannya, terima kasih

  114. Paulus Budiarjo, ST
    September 30, 2010 pukul 8:42 am | #203

    Kami dengan team adalah peternak( sekaligus budidaya serangga untuk makanan tambahan untuk walet sedang mengeram ), jasa pemacingan dan jasa pembangun rumah walet ( paket hemat tentunya ). Saya tinggal di Sangatta Kutai Timur – Kalimantan Timur.
    Kota kami sekarang lagi booming Rumah Walet ( Banyak investor dari Pontianak membangun rumah walet sistem material composite ), karena tempat kami tidak perlu burung sriti sebagai perintis tetapi kami langsung walet (jenis super white), kami juga punya jaminan 3 bulan setelah rumah walet jadi akan bersarang.

  115. eka
    Oktober 8, 2010 pukul 7:15 am | #204

    kami menjual pakan walet
    berupa Serbuk yang menghasilkan Sejenis Seranggga Buah (bentuk seperti lalat buah) kecil2 ukurannya (jadi anakan waletnya jg bs ikut makan)(meningkatkan populasi dan meningkatkan hasil panen)
    Makanan untuk walet ini menghasilkan Bibit Ribuan Serangga
    ini link jualan kami
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3583620
    silahkan dilihat kalo tertarik bs hub kami

  116. syahri
    Oktober 14, 2010 pukul 7:24 pm | #205

    saya ingin buat rumah brung walet…kira2 habis modal berapa???

  117. Oktober 20, 2010 pukul 11:57 am | #206

    ada yang berminat untuk membuat rumah wallet di tanah kosong dibelakang rumah saya(pegunungan)di sebatik ambalat kaltim.tiap sore apa lagi waktu mendung banyak sekali wallet beterbangan silahkan hubungi saya telpon 05562714195 email raissebatik@yahoo.co.id ukuran tanah 100m2 thanks

  118. alex noven
    Oktober 26, 2010 pukul 7:50 pm | #207

    saya pemula dlm penangkaran walet bagaimana
    cara supaya cepat menghasilkan atau burung sangat betah menghasilkan liur mhn info dr pakar walet trims

  119. I Wayan Sukarma
    Oktober 29, 2010 pukul 9:00 am | #208

    wayan sukarma

    Dicari pemodal untuk bangun rumah walet.Lahan saya didesa Yangapi, kecamatan Tembuku, kabupaten Bangli-Bali. kondisi saat ini dilahan ini banyak berkeliaran burung walet dan sriti. kerjasama saya tawarkan dengan cara bagi hasil. Lahan tsb tdk utk dijual.
    Dapat menghubungi I Wayan Sukarma 081349144181

  120. November 9, 2010 pukul 4:09 am | #209

    Kalimantan selatan. Daerah kota yg di liputi sungai atau rawa. Bayak burung walet ya berterbangan. Krna daerah byak per air an nya

  121. November 9, 2010 pukul 4:22 am | #210

    Saya krja buat bangunan walet. Adai qn kan py uang kan bkin jga d tpat Q. Tpi knpa hanya org china aja. Mugkin dia org byk uang

  122. eka
    November 25, 2010 pukul 8:15 am | #211

    kami menjual pakan walet
    berupa Serbuk yang menghasilkan Sejenis Seranggga Buah (bentuk seperti lalat buah) kecil2 ukurannya (jadi anakan waletnya jg bs ikut makan)(meningkatkan populasi dan meningkatkan hasil panen)
    Makanan untuk walet ini menghasilkan Bibit Ribuan Serangga
    ini link jualan kami
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3583620
    silahkan dilihat kalo tertarik bs hub kami
    di 08174151010

  123. November 29, 2010 pukul 10:25 am | #212

    saya punya tanah luasnya 1200 m,kurang lebih 1,5 km dari pantai daerah muara jawa,kaltim,
    yang jadi permasalahannya modal untuk bangun gedungnya saya belum ada,bagi bapak2 yang berminat investasi bagi hasil silahkan hubungi saya 081337681400,

    terimakasih sblmnya

  124. kusyanto
    Desember 9, 2010 pukul 11:05 am | #213

    saya punya lokasi tanah kanan kiri masih hutan dan kebub karet dekat jalan raya beraspal/jauh dari perkampungan penduduk setiap sore lokasi tersebut didatangi banyak burung walet/sriti kebetulan ada kolam air yang cukup luas untuk mandi bermain walet lokasi di kalimantan tengah 80 km dari palangkaraya,kalau berminat kerjasama hub.hp 081349141110

  125. gogok
    Desember 10, 2010 pukul 9:26 pm | #214

    sekali lagi jangan pernah lupa doa,semoga sukses

  126. adiv
    Desember 14, 2010 pukul 5:20 pm | #215

    saya di kapuas kalteng mau jual rumah saya
    ‚ lokasinya dekat dgn bangunan walet yg sdh bnyk waletnya ± 100 m jika berminat bisa hubungi 08971881266

  127. azhman
    Desember 23, 2010 pukul 12:32 am | #216

    mas, saya mau tanya berapa biaya pembangunan gedung dengan ukuran 8 X 12 (4 tingkat)sarang walet beserta fasilitasnya, trims….
    tolong dibalas….

    • eceng
      Desember 23, 2010 pukul 9:21 am | #217

      murah biaya nya itu pak azhman… paling paling habis dana satu milyar…(1M)

      • eceng
        Desember 23, 2010 pukul 9:25 am | #218

        tambah untuk konsultan nya 70 juta. dijamin dalam 1 tahun walet udah buat sarang….

    • eceng
      Desember 23, 2010 pukul 9:27 am | #219

      ditambah untuk konsultan 70 juta dijamin dalam satu tahun walet sudah buat sarang.

  128. Januari 5, 2011 pukul 2:24 pm | #220

    mencari investor sarang burung walet untuk menjadi mitra usaha
    untuk informasi lebih lengkap lihat proposal di
    akbarfirstblog.blogspot.com

    • Denni S
      Februari 28, 2011 pukul 6:15 pm | #221

      Saya memiliki rumah walet (Bangunan Kayu) sudah ada sekitar 45 sarng yang saya miliki,namun sarang walet tersebut blumlah maksimal dikarenakan kondisi rungan yg bukan dari beton,saya hanyalah menggunakan dana yang cukup kecil, disini saya ingin mencari rekan kerja/inves agar dapat membantu permasalahan saya ini( Membunggkus/Membangun Rumah sarang Walet Milik saya )
      Mengenai % /pembagian terserah dari inves…bisa diatur,,,Thk’s from Kalimatan Timur.
      Bagi siapa saja yg berminat, Dapat Menghubungi saya : 0813 4762 5959

  129. wakjan
    Januari 6, 2011 pukul 5:09 pm | #222

    tq for the infor

  130. nur husna hakim
    Januari 11, 2011 pukul 6:49 am | #223

    bapak say mau mulai membuka usaha pengolahan walet di ketapang kalbar tapi perindustrian disini belum tahu ilmunya, pengen buka lapangan kerja baru jika diolah lebih lanjut.
    mohon berikan materi tentang industri pengolahan walet dan konsep bisnis plannya pak

    balasss

  131. mohammad nurkotib
    Januari 23, 2011 pukul 2:58 pm | #224

    Rumah seriti lantai 2 dekat sawah dijual.minat hbgi 081234987888

  132. mohammad nurkotib
    Januari 23, 2011 pukul 3:03 pm | #225

    Ralat……Rumah lantai 2 dihuni seriti.berdekatan dengan sawah.ds umbulrejo kc umbulsari jember JATIM.minat hbg 081234987888

  133. Sutarja
    Januari 23, 2011 pukul 9:17 pm | #226

    di rumah saya di daerah Bantul yogyakarta ada beberapa sarang burung Sriti padahal lokasinya jauh dari laut tetapi memang dekat dengan persawahan. Kepada para bapak yang sudah ahli dalam peternakan burung walet saya mohon saran bagaimana bisa mengubah sarang burung sriti untuk digunakan mengundang burung walet ya? karena saya berkeinginan membudidayakan brung walet. Bangunan yang kami miliki berupa rumah tinggal berukuran 8 m x 13 m. Terima kasih infonya pak. ambtja@gmail.com. Sutarja

  134. zaenudin
    Januari 31, 2011 pukul 6:44 pm | #227

    saya pengin tau volume suara panggil burung walet yang baik untuk gedung ukuran 6×8 m

    • frans
      Februari 21, 2011 pukul 2:13 pm | #228

      Pak, sudah punya CD atau kaset walet yah, beli dimana Pak, Thanks

    • Juni 2, 2011 pukul 11:31 am | #229

      maaf pak untuk suara walet usahakan yg natural.dan harus bisa membedakan musim antara musim kawin(birahi)musim piyek.dan musim induk telur.yg jelas harus di coba baru beli

  135. pupung
    Februari 2, 2011 pukul 10:10 am | #230

    saya heran karena rumah kami tiba-tiba dimasuki burung yang kata beberapa orang itu burung seriti.. dan makin lama makin banyak dan membuat sarang nempel di dudukan lampu.. Saya sama sekali tidak memahami budidaya seriti dan walet. sebenarnya saya tertarik, tapi tidak punya modal. Bagi Sahabat yang ingin investasi di rumah kami, bisa menghubungi saya di 085643354760. Lokasi rumah saya di sragen, dari solo 30km ke arah timur. Model kerjasama seperti apapun kami terima karena pada dasarnya kami mengalami kebangkrutan sampai sertifikat rumah kami digadai di bank.. ;)
    Maaf kalau comment ini dianggap tidak pantas…

  136. yayan
    Februari 12, 2011 pukul 1:25 pm | #231

    maaf boleh nanya di mana tempat penjualan telur burung walet di daerah bandung atau jawa barat..terima kasih

    • Maret 4, 2011 pukul 5:38 pm | #232

      bapak yayan saya memiliki telur walet, harga sepasang 25rb…silahkan hubungi ke no 088 184 148 23, terima kasih

  137. ton
    Februari 17, 2011 pukul 12:01 pm | #233

    klo rumah papan bisa dipakai tuk sarang ya!!??

  138. fajar
    Februari 19, 2011 pukul 12:15 am | #235

    bagi yg berminat bangun sarang burng walet dkalteng khusus nya pangkalan bun.saya menyediakan tanah dng sistem bagi hasil,yg berminat serius dpt menghubingi saya di 085249363632

    • ivan
      Februari 20, 2011 pukul 12:41 pm | #236

      ada yang jual telur walet untuk wilayah sidoarjo, surabaya ???

  139. frans
    Februari 21, 2011 pukul 2:12 pm | #238

    mohon info, saya ada rumah walet yang telah di huni sriti, bagaimana agar berubah menjadi walet, lalu katanya rumah walet perlu kondisi yang tenang, bagaimana memprediksi apakah sriti tersebut akan bertelur, posisi saya di jakarta, dan merminat menbeli CD atau kaset suara walet, bila ada yang menjual mohon info harga dan lokasi, terimakasih.

    • Juni 2, 2011 pukul 11:26 am | #239

      maaf kalau memang sudah ada seriti keuntungan anda 35% yg harus di lakukan pertama adalah cek lokasi antara suhu dan kelembapan harus disesuaikan dg burung walet,papan sirip harus bersih tanpa jamur debu dll,pencahayan dari terang redup sampai gelap.putar telur dari seriti ke walet(dg catatan membeli telur dari orang yg dapat di percaya)terakir pasang audio walet induk anak .semoga membantu

  140. Maret 4, 2011 pukul 5:34 pm | #240

    saya asal jember, saya ,memiliki telur walet sepasang 25 rb.
    lain ongkir..
    berminat hub : 088 184 148 23
    terima kasih

    • susanto
      Maret 8, 2011 pukul 1:29 am | #241

      jd gmn cara biar dia cepat jd burung thx

    • winarno
      November 17, 2011 pukul 8:25 am | #242

      itu walet jenis apa mas ? kalo sama ongkos kirim ke kuningan – cirebon kira2 berapa ya mas? tlg di kasih infonya no hp. 081346565173 thank’s

  141. Maret 9, 2011 pukul 10:38 am | #243

    saya bangga sekali,dengan ketekuna para peternak sarang walet,maju terus pak pantang mundur.semoga usaha bapak – bapak sekalian sukses.

    maaf saya hanya bisa mendoakan saja semoga usahanya sukse dan berkaah amiiiim.

  142. Maret 11, 2011 pukul 9:34 am | #244

    saya punya Mp3 suara burung walet super, jika ada berminat untuk membeli suara burung walet hanya Rp 50.000. saya tinggal di sulawesi selatan daerah wajo KOTA SENGKANG almt. Jl bau baharuddin

    • Juni 6, 2011 pukul 2:41 pm | #245

      saya berminat membeli mp3 suara walet tapi yg benar2 suara asli walet. tlg no tlpnnya supaya bisa di hubungi langsun. saya di palopo

      • baksar
        Juli 4, 2011 pukul 10:40 am | #246

        081355511103 bagian manax palopo tinggal ???

  143. Maret 11, 2011 pukul 9:37 am | #247

    nmr hp : 081355511103

  144. Nabil
    Maret 20, 2011 pukul 4:41 pm | #248

    saya jual audio suara walet dengan harga murah sekali.. silahkan hub saya di nomor 081703746466

  145. Maret 21, 2011 pukul 10:46 pm | #249

    ass.wr.wb semoga sehat jangan sampai kalian terkendala sakit otomatis lakukan gerakkan menjaga sehat bro yang baik memang usaha akan ini memang harus telaten dan sabar jangan mudah menyerah dan biaya awal memang lumayan banyak dan sekiranya membangun harus tahu situasi target dan semisal kalian membangun dekat pabrik produksi kimia tentu walet tidak krasan atau tidak ada walet yang sudi mampir bertamu ke tempat yang kalian sediakan rute pembangunannya beri selengkap mungkin untuk memanjakan burung walet tersebut dan akan sirkulasi air penyemprot dari atas beri seperti hujan rintik-rintik walet sangat suka dan tentu nanti yang di hasilkannya sarang tersebut semakin baik kelihatan putih tidak kecoklatan dan untuk menghindari hama tikus tembok jangan kasar tikun kecil bisa memanjat atau kawat bisa tikus berjalan dan di atas plafon beri sap-sap atau untuk mudanya walet bisa bersarang memang yang di inginkan walet tiap sudut ruangan sekiranya ada cela mungkin walet dengan muda untuk bersarang dan untuk pikat awal sangat perluh seperti bau ciri khas walet tersebut nanti di kira walet ada temannya yang telah datang duluan bersarang tentu dia akan mengikutinya dan memang perlu kaset pemanggil koloni untuk merangsang supaya untuk datang dan juga bila membangun sekiranya dekat pantai jangan banyak akan polusi asap sekiranya dekat pabrik industri jangan karena walet tidak suka dan untuk menghindarai pencurian camera infra merah sangat penting walau dalam keadaan gelap masih bisa terlihat karena pencuri biasanya tidak cukup satu orang mesti menggunakan tangga dari tali ada pengaitnya di atas hati-hati kalau kepergok biasanya sangat nekat pokoknya kesabaran dan sifat iri dengki jangan sampai terbawa dan ringan tangan terhadap sesama kalau bisa santuni anak yatim dan kaum duafa sekiranya kalian mulai menghasilkan jangan sampai pelit atau kikir karena walet kalian tidak ikut punya dan burung walet datang sukarela kalian Tuhan yang punya selagi kalian usaha yang membuat hidup memberi rejeki tanpa berusaha rejeki juga tidak akan datang pokoknya bersyukur dan mensyukuri tetap kalian bawah sifat ini insyallah akan lancar adanya sekian terima kasih. awssallam

  146. April 2, 2011 pukul 12:28 am | #250

    hallo salam kenal, mantap, teruskan untuk semua informasi yang lain dan baru tentang burung waletnya. Saya juga seorang peternak burung walet dan saya juga menjual suara panggil dan inap burung walet yang sudah teruji dan terbukti ampuh. info lanjut silahkan kunjungi http://suara-panggil-walet.blogspot.com
    terima kasih

  147. edward soedarmadi
    April 3, 2011 pukul 8:58 pm | #251

    bagi teman2 yang mau beli rumah sarang burung seriti ..
    luas tanah 567m2 , luas bangunan 60m2, !
    fasilitas : ada pagar yang kuat !! dekat jalan raya !!
    lokasi : pare – kediri , jawa timur !
    segera hub : 087852223073 , 03178046989 !!!
    TANPA PERANTARA !!

  148. April 5, 2011 pukul 12:50 am | #252

    Bahasa badan Walet atau Body language Walet
    Selama ini orang berpikir memainkan atau membunyikan suara walet untuk mengundang walet datang adalah dengan suara, sebenarnya yang membuat walet ramai bermain ditempat tersebut adalah bahasa gerak badannya setelah mendengar suara tersebut.
    Disini saya mau membagi pencerahan bagi yang suka memburu suara atau bahasa walet dengan cara beli dari harga puluhan ribu sampai jutaan.
    Mungkin yang sering memburu dan download pasti sudah banyak koleksi suara waletnya bukan.
    Nah dari sekian banyak koleksi suara waletnya pasti ada yang saya namakan suara BAHASA BADAN atau BODY LANGUAGE suara yang mempengaruhi walet memggerakan badan yang bisa pengaruhi walet lain datang dari jauh melihat gerakan tersebut.
    Nah inilah inti bahasanya yang betul2 efektif mempengaruhi walet datang masuk keruang putar dan inap untuk tinggal lama bersarang dan bercucu cicit.
    contoh:
    Mungkin anda sudah sering lihat walet disuatu tempat makin lama makin ramai tampa ada mengeluarkan suara lagi berebut makan.Walet lagi berebut makan tidak mengeluarkan suara kenapa bisa makin lama makin ramai inilah yang dinamakan BAHASA BADAN atau BODY LANGUAGE

  149. sam
    April 13, 2011 pukul 5:37 pm | #253

    Untuk wilayah Kalimantan Barat. yang berminat membangun rumah walet atau rumah sudah ada tapi belum ada walet yg bersarabf. Silakan Hubungi ke 08138815625. Konsultan dan Spesialis membangun rumah Walet.

  150. sam
    April 13, 2011 pukul 5:38 pm | #254

    Untuk wilayah Kalimantan Barat. yang berminat membangun rumah walet atau rumah walet sudah ada tapi belum ada walet yg bersarang. Silakan Hubungi ke 08138815625. Konsultan dan Spesialis membangun rumah Walet.

  151. April 15, 2011 pukul 10:50 pm | #255

    Untuk suara walet super silahkan berkunjung di web saya…:)

  152. April 19, 2011 pukul 1:43 am | #256

    Saya pnya rmh tngkat 2,jd d atas mau sy bkin t4 walet,dgn ktnggian 9m.

  153. edi
    April 19, 2011 pukul 1:29 pm | #257

    apa beda sriti sama walet?

    • Mei 13, 2011 pukul 8:44 pm | #258

      kalau sriti, harganya murah…
      kalau walet, hargannya mahal…
      inti perbedaan yang mendasar….
      kalau mau dengar suara walet,saya ada jual. murah meriah, Rp.50.000,- . info: 085240620183

      • Mei 14, 2011 pukul 8:53 pm | #259

        WAH TERNYATA SALAH KAPRAH YA…PADAHAL SAYA MAU CARI SARANG BURUNG SAYA ADA YG JUAL G YA?

  154. Zulkifli
    April 19, 2011 pukul 4:56 pm | #260

    Tetangga saya punya bangunan tempat bersarang burung walet, bagi teman2 yang pingin kerja sama investasi walet, sya mempunyai bangunan tepat didepan bangunan bersarang burung walet hubungi no hp 085256239454

  155. RIA ARTIKA
    Mei 4, 2011 pukul 10:28 pm | #261

    bs bgi info bg teman2 yg udh berhasil dibidang walet adakah pantangan bgi pemelihara walet, trims

    • Desember 7, 2011 pukul 2:34 am | #262

      Paantangaan sih jgn sampai ada bintang yang berkeliaran di dalam gedung

  156. Mei 13, 2011 pukul 2:52 pm | #263

    Saya saat ini kebetulan sedang menggeluti usaha jual beli helm di sangatta. dan saya memiliki sebidang tanah yang masih kosong masih di daerah sangatta juga.
    Kira kira bisakah saya membangun gedung walet di lahan tersebut hanya dengan bahan terbuat dari kayu saja…
    Ada yang bisa bantu…?
    Silahkan kasih balasan ke alamat Email saya:
    tk.helm.acel@gmail.com
    atau calling ke no hp:
    081310580031

    Terimakasih
    Fahmi.

    • Mei 13, 2011 pukul 8:42 pm | #264

      kalau anda sudah punya niat untuk membangun usaha walet, itu berarti modal anda sudah besar. untuk selanjutnya, mengenai tempat kayu, iya bisa, tapi kayunya kayu apa dulu…untuk info mengenai kayu yang bagus silahkan hubungi 0852 4062 0183. insyaAllah dibantu?

  157. Mei 13, 2011 pukul 8:46 pm | #265

    Saya jual Suara Burung Walet,,,,kalau ada yang serius, saya bisa kirimkan rekamannya….hanya Rp.100.000,-(bisa nego) anda sudah bisa dapat suara walet yang asli… call: 085240620183

  158. Udin2
    Mei 15, 2011 pukul 1:26 pm | #267

    Saya jual burung cucakrowo… prospek bisnis tak jauh beda dengan burung walet..ada yg minat investasi?

    • aming
      September 17, 2011 pukul 8:24 am | #268

      harga sepasang berapa bos

  159. Agro walet
    Mei 16, 2011 pukul 3:31 pm | #269

    Untuk para peternak walet, Kami menyediakan PW ( prangsang Walet ) Cair, yg dapat digunakan utk mancing walet masuk & bersarang
    dan kini tersedia dlm kemasan baru, 1 dirigen isi 5 ltr
    utk pemesanan sms / call 087887211648
    Thx

  160. tino
    Mei 18, 2011 pukul 11:21 am | #270

    saya merasa tertarik dg ternak walet/sriti, tp masih kurang tahu ttg perbedaan sriti & walet, dan sarang mana yg lebih laku,sriti atau walet ?? kalo bisa tolong dijelasin. nuwun

    tino di solo

  161. tari
    Mei 20, 2011 pukul 9:15 pm | #271

    Saya bangun rumah baru uk 6 x 14 m.selama 2 th dibiarkan kosong, tb2 ada sarang burung (entah walet atau sriti) nempel di lampu plafon kamar, sdh diusir tp kmudian sarang itu muncul lg.ada yg tahu gak ya itu walet atau sriti? cirinya klo bekas kotoran di keramik sangat lengket. trus sy ingin belajar membudidayakan rumah walet.. bagi yang tahu mohon info ya ? trims

  162. tari
    Mei 20, 2011 pukul 9:17 pm | #272

    di jawa timur ada yg jual rekaman walet ?

  163. arie
    Mei 25, 2011 pukul 8:38 am | #273

    Jual Rumah ada sritinya (saat ini 50 sarang)
    LT:480 LB:180 Lokasi Kebumen Kota, dekat Rumah Lawet yang lain (sekitar 1 Kilo)
    Yg ingin investasi Hub: Umi(085292850110)

  164. Edy Syahputra
    Mei 28, 2011 pukul 5:00 pm | #274

    Di PPU Kaltum Banyak pengusaha walet yang berhasil. saya mempunyai lahan cocok untuk bertenak burung walet. membutuhkan modal, saya dapat mengelola sarang burung walet. investasi dapat dopastikan 90 % berhasil. target 2 tahun modal dapat kembali.
    no. HP 085246580218

  165. Hudri
    Mei 30, 2011 pukul 12:17 pm | #275

    mau dijual RUMAH WALET dgn ukuran lebar 6 m x panjang 17 m, ukuran tanah 20m x 290m sudah ada sarang 50 sarang lokasi kota sampit mau dijual Rp.800.000.000 bagi yang berminat harap Hub : 081250871789

  166. Hudri
    Mei 30, 2011 pukul 12:27 pm | #276

    Mau dijual RUMAH WALET dgn ukuran Bangunan lebar 6 meter x panjang 17 meter, ukuran tanah 20 meter x 290 meter sudah Sertikat bersarang 50 sarang lokasi kota Samuda (Sampit kal-teng) mau dijual Rp.800.000.000 bagi yang berminat harap Hub : 081250871789

  167. Hudri
    Mei 30, 2011 pukul 12:34 pm | #277

    MAU DIJUAL RUMAH WALET Bangunan Rumah walet dgn ukuran lebar 6 meter x panjang 17 meter, UKURAN TANAH 20 meter x 290 meter sudah Sertifikat bersarang 50 sarang lokasi kota Samuda (Sampit kal-teng) mau dijual Harga Rp.800.000.000 bagi yang berminat harap Hub : 081250871789

  168. LUTHFY
    Juni 11, 2011 pukul 12:04 pm | #278

    THX

  169. Juni 11, 2011 pukul 12:08 pm | #279

    DIJUAL GEDUNG WALET HARGA 900.000.000 DAERAH KALSEL BANJARMASIN TINGKAT 4 LUAS TANAH DAN GEDUNG 1 HEKTER. HUB. 085252625124

  170. Hudri
    Juni 23, 2011 pukul 5:18 pm | #281

    DIJUAL TANAH UKURAN L. 48M X P. 300M COCOK UNTUK BANGUNAN RUMAH WALET LOKASI PINGGIR JALAN RAYA SAMPIT – SAMUDA ( SAMPIT KAL-TENG ) HUB : 081250871789

  171. Tri wahyuni
    Juli 1, 2011 pukul 6:52 pm | #282

    rumahku ditempati burung walet, mkn sudah ada 15 pasang, tapi q gak tau cara merawatnya gimana????

  172. Juli 10, 2011 pukul 8:33 pm | #283

    halo saya “Masrum” mau tanya dirumah saya banyak burung layang2 bersarang, berkembang dan bertambah banyak d depan rumah ats loteng, bisa nga ya kalo telurnya d ganti sama telur walet. trus d loteng itu ada 2 kamar giman cara saya membuat kamar itu menjadi tempat walet, rumahnya itu terbuat dari kayu semuannya tampa semen. terima kasih nara sumber

  173. Juli 11, 2011 pukul 12:26 am | #284

    jual beli sarang burung walet dan seriti dengan partai besar mau pun kecil, (GUA-RUMAH-RUMPUT LAUT-CAMPUR-IJUK-PINUS-DLL) hubungi kami pengepul sarang burung terbesar dikota bondowoso jawa timur Tlp:0812 498 22222 MUHAMMAD AL-HABSYI, kami juga menjual mesin pemanggil anakkan walet dengan kwalitas istimewa,ahlinya pembuat mesin suara pemanggil anakkan walet no.6 seAsia dalam waktu 3-6 bulan anda akan lihat hasilnya dengan bangga..

  174. taswin
    Juli 17, 2011 pukul 3:36 pm | #286

    bisa nggak burung walet berkembang di rumah panggung (kayu)?

    • om_johny
      Juli 25, 2011 pukul 3:19 pm | #287

      bisa, di apartemen juga bisa, bahkan di hotel mereka juga suka.. walet2 betina kan? hahahahaha

  175. Juli 30, 2011 pukul 8:32 pm | #288

    gedung walet yang baru biasaya berapa bulan bru bsa panen?

  176. Adam
    Agustus 9, 2011 pukul 12:48 am | #289

    DIJUAL TANAH + BANGUNAN WALET
    -luas tanah 8542m2
    -luas bangunan 12x12m, tinggi 2,5 m/ 1 lantai
    -batas tanah belakang dengan sungai punggur dan depan dengan jalan rasau jaya umum.area lintas hidup burung walet.area strategis sekali
    -lokasi :rasau jaya umum kec. sungai kakap Pontianak Kalbar

    tertarik?
    hubungi saya
    Bpk.Adam (087887062169)
    atau
    Bpk.Mochtar (085252554279)
    Trims

  177. hakim
    September 6, 2011 pukul 2:41 pm | #290

    as wr wb.
    Kepada rekan2 penggemar walet… sy memiliki sebuah rumah yg sangat potensi dgn jalur burung waletnya, karena disekitar kami sdh beberapa tahun ini berhasil dengan sarang waletnya..! bagi yg ingin ivestasi sy saran kn sangat tepat dilokasi kami karena pas jalur waletnya… sy bersedia dengan system bagi hasil berjangka… dan sy jamin karena daerah kami termaksud salah satu terbesar produksinya dan baik kuwalitasnya yaitu Bontang Kal-Tim . silahkan bagi investor yg berminat hub: 082153241717

    Wassalam

    Hakim

  178. wimpy
    September 11, 2011 pukul 7:53 pm | #291

    untuk wilayah semarang dan sekitrnya bila butuh sarang walet silahkan menghubungi saya di 08567037789

  179. winarno
    November 17, 2011 pukul 8:07 am | #292

    saya punya rumah kosong sekarang lagi ditempati burung walet tapi yang jenis kapinis. Gimana caranya bisa jadi walet yang sarangnya tanpa daun kapinis alias murni liur walet saja?

    pernah saya dikasih tau temen disuruh ngasih telur burung walet, tapi kendala saya dimana beli telur burung walet tersebut? tolong infonya 081346565173 untuk saat ini saya berdomisili di cirebon – kuningan

  180. Tari
    Desember 19, 2011 pukul 6:42 pm | #293

    salam…
    saya mempunyai rumah baru yang sudah dihuni sarang sriti..rencana saya jual
    Ukuran 6×14 meter dan hak milik pribadi. lokasi mojokerto jawa timur
    bagi anda yang berminat silahkan menghubungi 081216503458 (Tari)

  181. pangulima
    Februari 2, 2012 pukul 4:14 pm | #295

    Dicari Partner untuk mengelola Rumah Walet

    Spec:

    + Lokasi NAGRAK dekat kota SUKABUMI, Jawa Barat.

    + Luas Tanah 7500m2

    + Luas Bangunan kurang lebih 110m2 (2 tingkat pondasi untuk 3 tingkat)

    + Di sebelah tanah satu tembok jarak 5-8 m sudah ada Rumah Walet (info 1-2kg/bulan)

    + Tanah ditanami kopi, duren dan jati emas.

    Konsep kerjasama :

    Kami menyediakan rumah walet dengan sistem bagi hasil atau bisa dibicarakan lebih lanjut..

    Lokasi kami di jakarta.

    Bisa hub kami di Pak ULY 0852 780 999 66 (mohon sms terlebih dahulu)

    email : pangulima.mb@gmail.com

    —————————————————————————————————————–

    sorry Out of Topic bila rekan-rekan mempunyai tanah bisa hub saya.

    Diutamakan :

    - Tanah diperuntukan untuk perumahan

    - Tanah SHM

    - minimal luas 400m2 untuk JABODETABEK

    - di atas 1000m2 diutamakan JABODETABEK , Bandung

    - di atas 1ha diutamakan di sumatera, jawa, bali. kalimantan.

    - Diutamakan mempunyai gambar atau foto lokasi tanah (akses masuk, lingkungan sekitar) dan bisa diemail ke pangulima.mb@gmail.com.

    mohon maaf bila sedikit Out Of Topic

    Salam sukses…

  182. Maret 26, 2012 pukul 8:52 am | #296

    Terima kasih banyak Infonya.. Klo boleh tanya, di mana tempat pelatihan utk ternak burung Walet. Saya tinggal di Cikarang – Bekasi.. THX

  183. Maret 26, 2012 pukul 3:57 pm | #297

    Permisi Mas. saya mu tanya harga burung walet/kapinis (walet rumahan) sekarang berapa ya ?

  184. abdullah
    Mei 27, 2012 pukul 8:09 pm | #298

    agan, mohon informasinya, apakah sarang burung sriti bisa di kelola jd sarang burung walet? krn kebetulan rmh saya jd sarang sriti. terimakasih

  185. Juni 18, 2012 pukul 10:10 pm | #299

    bagi rekan rekan yang butuh bantuan seputar walet saya siap menangani dan isnya allah ada garansinya ?

  186. riyadi
    Juni 24, 2012 pukul 8:04 pm | #300

    ada maslah dgn RBW anda lama kosong/tdk berisi ,perkembangannya kurang memuaskn hingga sekian thn ,ada solusinya dijamin dalm wkt ga perlu taunan cukup beberapa bln RBW and bisa berisi hub 081915954830

  187. arih
    Agustus 31, 2012 pukul 1:33 pm | #301

    Selamat siang,, Bagi yang punya RBW saya punya Bambu Petuk asli, mungkin bermanfaat bagi anda..
    yang berminat silahkan hubungi saya : 085259625704 Pin : 321c98a3
    Terimakasih.. Assalamualaikum wr. wb

  188. arih
    Agustus 31, 2012 pukul 1:34 pm | #302

    maksud saya Bambu Patil lele, mungkin bermanfaat bagi anda..
    yang berminat silahkan hubungi saya : 085259625704 Pin : 321c98a3
    Terimakasih.. Assalamualaikum wr. wb

  189. obatbasmikecoa
    September 17, 2012 pukul 12:11 pm | #303

    basmi kecoa di sarang burung walet dgn makanan kecoa kualitas super.. hari ini apliklasi besok sdh banyak yang mati. tuntas dlm waktu kurang dr 3 minggu.. lihat di web http://www.obatkecoa.com 0817849366

  190. iwan malaw
    Maret 7, 2013 pukul 7:28 am | #304

    pak sy peternak sbw, mau belajar cuci sarang burung walet,sekalian jual yg sudah bersih. gimana caranya pak

  191. April 10, 2013 pukul 7:54 am | #305

    Magnificent beat ! I would like to apprentice at the
    same time as you amend your website, how can i subscribe
    for a weblog website? The account aided me a appropriate
    deal. I were tiny bit acquainted of this your broadcast provided brilliant transparent concept

  192. Juni 24, 2013 pukul 10:54 pm | #306

    I’m gone to say to my little brother, that he should also pay a quick visit this website on regular basis to obtain updated from newest reports.

  193. Juni 24, 2013 pukul 10:59 pm | #307

    I do trust all the ideas you have presented for your post.
    They are really convincing and will certainly work. Nonetheless, the posts
    are very brief for beginners. May just you please extend them a little from next time?

    Thanks for the post.

  194. Juni 25, 2013 pukul 3:40 am | #308

    Thanks a bunch for sharing this with all
    folks you really recognise what you’re speaking approximately! Bookmarked. Kindly also talk over with my site =). We could have a hyperlink trade agreement among us

  195. Juli 21, 2013 pukul 9:35 am | #309

    WOW just what I was searching for. Came here by searching for website

  196. Eko
    Januari 27, 2014 pukul 7:29 am | #310

    Rumah yang saya tempati saat ini sedang dihuni banyak burung sriti.sempat berkali2 saya usir tapi tidak mau pindah.saya bingung.mau saya budidaya terkendala dengan modal.apakah ada yang berminat membeli rumah ataupun mengembangkannya dg cara bagi hasil.
    Letaknya sangat strategis.di kabupaten bojonegoro.
    Jika anda berminat hubungi 08977999469

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: