Beranda > MOTIVASI > Gaya Kepemimpinan

Gaya Kepemimpinan


Pengertian Gaya KepemimpinanSetiap pemimpin dalam memimpin bawahannya mempunyai cara atau gaya tersendiri yang bersifat khas, menurut Sugandha (1986:70) gaya atau cara memimpin ini disebut types of leadership (tipe kepemimpinan) atau leadership style (gaya kepemimpinan) sehingga dalam penelitian ini yang dimaksud dengan gaya kepemimpinan akan sama dengan tipe kepemimpinan.
Gaya kepemimpinan merupakan norma perilaku yang digunakan oleh seseorang pada saat orang tersebut mencoba mempengaruhi perilaku orang lain seperti yang ia lihat (Thoha, 1983:51-52). Norma perilaku yang digunakan oleh pemimpin merupakan persepsinya terhadap keadaan bawahan sehingga dalam hal ini penselarasan persepsi antara bawahan dan pimpinan adalah penting agar kepemipinan dapat berjalan dengan efektif.
Menurut Fandi Tjiptono (2003:161) gaya kepemimpinan adalah suatu cara yang digunakan pemimpin dalam berinteraksi dengan bawahanya. Sementara itu, pendapat lain menyebutkan bahwa gaya kepemimpinan merupakan pola perilaku seorang pemimpin yang khas pada saat mempengaruhi anak buahnya, apa yang dipilih oleh pemimpin untuk dikerjakan, cara pemimpin bertindak dalam mempengaruhi anggota kelompok membentuk gaya kepemimpinannya (Mulyasa, 2005:108).Pola perilaku pemimpin terlihat pada saat mereka mulai memberikan tanggapan terhadap suatu situasi, dan pola ini akan terlihat jelas pada saat pemimpin memberikan tanggapan yang sama pada situasi yang sama. Dari pola perilaku ini akan membentuk suatu kebiasaan pemimpin yang dapat diperkirakan oleh bawahannya.
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa gaya kepemimpinan adalah pola perilaku yang ditampilkan oleh seorang pemimpin dalam mempengaruhi perilaku orang lain.
Pustaka :Mulyasa. 2005. Manajemen Berbasis sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.Sugandha, Dann. 1986. Kepemimpinan didalam Administrasi. Bandung: Sinar Baru.Thoha, Miftah. 1983. Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: Rajawali PersTjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2003. Total Quality Management (TQM). Yogyakarta: Andi.

Kategori:MOTIVASI Tag:
  1. September 16, 2014 pukul 5:02 am

    Thanks in favor of sharing such a nice opinion, piece of writing is good, thats why i have read it entirely

  2. September 28, 2014 pukul 10:38 pm

    I like the helpful info you provide in your articles. I will bookmark your weblog and
    check again here frequently. I’m quite certain I will learn a lot of new stuff right here!
    Best of luck for the next!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: